(Yogyakarta Culinary) Yummy Japanese Dish at De'Sushi Yogyakarta



 Baca dalam Bahasa Indonesia      Read in English


Buat kalian para pecinta masakan Jepang di Jogja pasti nggak asing sama restoran yang namanya De’Sushi. Yap, karena kali ini saya akan membahas salah satu restoran Jepang yang ada di Jogja, namanya De’Sushi. Sebenarnya restoran ini punya beberapa cabang nggak cuma di Jogja aja, beberapa cabang lainnya terletak di Makassar, Surabaya, Semarang, Lombok, Jakarta, dan Balikpapan. Tapi kali ini saya akan membahas De’Sushi yang ada di Jogja. Lokasinya ada di Jl. Kaliurang km 5/CT III/5, tempatnya sangat strategis karena ada di pinggir jalan utama. Pertama kali masuk kalian akan disuguhi nuansa ala2 jepang modern. Pelayan disini sangat ramah dalam menyambut tamu dan menghantarkan tamu memilih tempat duduk. Setelah saya mendapatkan buku menunya ada beberapa makanan yang menarik perhatian saya, kemudian saya putuskan untuk memesan Hotate Nigiri, Salmon Ball, Salmon Onigiri, Unagi Ball, Crunchy Spicy Tuna, Niku Curry Ramen, Salmon Carpaccio Hot, Beef Shoyu Ramen, Torch Hotate Mentai, Bento Tori, dan Ice Ocha. Wah banyak sekali ya pesanan saya, tapi saya tidak makan sendiri kok, saya datang dengan mengajak 2 orang lagi yaitu kakak saya dan pacar saya.
Sedikit tips nih, kalau kalian makan sushi pasti ada pelengkapnya seperti Wasabi yang wujudnya seperti pasta berwarna hijau dengan rasa mint/pedas, lalu ada Shoyu atau kecap asin, dan Gari atau acar yang terbuat dari jahe yg berwarna pink dengan rasa pedas manis. Nah, kalau kalian ingin mencelupkan sushi ke shoyu bagian yg harus dicelupkan adalah bagian daging nya bukan pada nasinya dan jika ingin menggunakan wasabi jangan mencampurkan wasabi dan shoyu secara bersamaan, melainkan langsung saja berikan wasabi pada sushi tapi jangan banyak2 ya cukup sedikit saja karena rasanya pedas. Nah, fungsi dari wasabi sendiri adalah sebagai anti bakteri, kemudian yang terakhir adalah gari atau acar jahe yang berfungsi untuk menetralkan lidah setelah makan sushi, jadi jangan makan gari ini bersamaan dengan sushi melainkan makanlah gari setelah setelah makan sushi.
Singkat cerita makanan kami pun tiba, yang pertama kali saya cicipi tentu sushi nya dan rasanya sangat enak dan sangat terasa dagingnya begitu fresh. Favorit saya adalah Hotate Nigiri dan Unagi Ball rasanya betul2 menggugah selera, jika kalian penikmat sushi pasti kalian juga akan menyukainya. Hotate Nigiri adalah sushi dengan daging scallop diatasnya dan Unagi ball adalagh sushi berbentuk bulat yang dibalut unagi(belut Jepang). Tapi overall semua sushi yang saya makan enak. Lalu saya lanjut mencicipi ramennya, terus terang saya lebih menyukai rasa Beef Shoyu Ramen daripada Niku Curry Ramen, karena Niku Curry Ramen disini kuah nya terlalu kental dan sangat sedikit tapi toppingnya enak, untuk Niku Curry rasanya not bad lah, sedangkan Beef Shoyu Ramen sangat recommended kaldu nya segar dan topping nya tidak pelit, ditambah tekstur mie nya yang kenyal, enak sekali. Yang terakhir saya cicipi adalah Salmon Carpaccio Hot, makanan ini juaranya. Sebenarnya Carpaccio bukan asli makanan Jepang karena Carpaccio sendiri berasal dari Italia yaitu makanan yang berisi irisan daging tipis yang disiram minyak zaitun kalau di Italia hidangan Carpaccio biasa menggunakan daging sapi mentah dan dihidangkan sebagai makanan pembuka, tapi De’Sushi menggunakan daging Salmon mentah yang rasanya enak sekali. Salmon Carpaccio ini bisa disajikan hot atau cold. Oiya, untuk minumnya kami memesan Ice Ocha yang bisa direfill. Penasaaran sama harganya? Berikut rinciannya :

Hotate Nigiri Rp 24.000,-
Salmon Ball Rp 28.000,-
Salmon Onigiri Rp 13.000,-
Unagi Ball Rp 33.000,-
Crunchy Spicy Tuna Rp 29.000,-
Niku Curry Ramen Rp 43.000,-
Salmon Carpaccio Hot Rp 43.000,-
Beef Shoyu Ramen Rp 41.000,-
Torch Hotate Mentai Rp 28.000,-
Bento Tori Rp 37.000,-
Ice Ocha Rp 9.000,-


Beef Shoyu Ramen

Crunchy Spicy Tuna

Hotate Nigiri

Niku Curry Ramen

Salmon Carpaccio Hot

Salmon Ball

Salmon Onigiri

Torch Hotate Mentai

Unagi Ball
















(Yogyakarta Culinary) Yummy Japanese Dish at De'Sushi Yogyakarta (Yogyakarta Culinary) Yummy Japanese Dish at De'Sushi Yogyakarta Reviewed by Bernardus Adhika Sagasitas on November 25, 2016 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.