(Jakarta Culinary) Gultik Blok M



 Baca dalam Bahasa Indonesia      Read in English


Gulai tikungan blok M atau biasa disebut Gultik Blok M adalah makanan yang sejatinya berasal dari kota Surakarta (solo) yang kemudian menjadi sangat populer di ibukota Jakarta. Tak lain adalah karena Gultik memang dibawa dari kota asalnya Solo ke ibukota Jakarta sekitar tahun 1980an. Gultik blok M berada di kawasan Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan. Di awal tahun ini saya berkesempatan jelajah kuliner di ibukota Jakarta dan tidak lupa saya mampir ke salah satu Gultik yang ada di Blok M ini. Di kawasan ini sangat mudah ditemui para penjual Gultik, lebih tepatnya di seputar bundaran Blok M Plaza. Kawasan ini seperti menjadi lokalisasi bagi para penjual Gultik. Uniknya para penjual Gultik di kawasan ini bertukar tempat jualan setiap hari, entah karena apa, mungkin memang sudah kesepakatan dari awal. Tempat berjualan Gultik ini sangat sederhana yaitu hanya menggunakan kursi plastik tanpa menggunakan meja, kemudian penjualnya hanya bermodalkan kuali besar berisi kuah gulai, bakul nasi besar, beserta bumbu-bumbu untuk meracik gulai.





Sangat sederhana memang, namun jangan salah, rasa Gultik disini sangat enak dan harganya pun juga sangat terjangkau. Cukup dengan membayar 10 ribu rupiah saja kita dapat menikmati hidangan yang sangat enak ini. Gultik ini berisi campuran antara nasi, daging, tetelan, jeroan sapi, bawang goreng, kerupuk, dan tentunya sambal dan kecap, yang kemudian diguyur dengan kuah santan gulai yang gurih dan sangat lezat. Jika terasa kurang pedas atau kurang manis bisa minta untuk ditambahkan sambal ataupun kecap. Porsi yang disajikan memang tidak banyak, bahkan mungkin untuk beberapa orang yang makannya banyak bisa dibilang sedikit. Namun kalau untuk porsi makan malam, Gultik ini memang sangat cocok dan pas. Biasanya memang Gultik ini ramai dibanjiri pengunjung pada jam makan malam. Pada umumnya para penjual Gultik ini mulai berjulan dari jam 1 siang sampai jam 12 malam. Jika sedang berkunjung ke ibukota, tidak ada salahnya untuk mampir makan ke Gultik legendaris yang lezat ini.



(Jakarta Culinary) Gultik Blok M (Jakarta Culinary) Gultik Blok M Reviewed by Bernardus Adhika Sagasitas on May 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.