(Semarang Culinary) Bakmi Jowo Pak Gareng



 Baca dalam Bahasa Indonesia      Read in English


Awal tahun ini saya berkesempatan jalan-jalan ke semarang untuk mencicipi berbagai makanan khas di ibu kota provinsi jawa tengah ini. Yang pasti tidak ketinggalan adalah lumpia, kudapan khas yang memiliki rasa yang sangat enak apalagi jika ditambah acar dan cabai, sangat enak. Namun makanan yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini bukan lumpia, melainkan Nasi Goreng dan bakmi Jawa. Hmmm.. sudah terbayang kan kelezatan Nasi Goreng dan bakmi Jawa khas semarang. Buat kalian warga semarang pasti sudah tidak asing lagi dengan Bakmi Jowo Pak Gareng. Terletak di Jl. Wotgandul dalam nomor 173, warung makan legendaris ini mengusung konsep sederhana khas Jawa yang hanya menggunakan rumah kecil dan tempat duduk yang tidak terlalu banyak untuk sarana berjualan. Mulai dari tempatnya, bahan-bahannya, hingga peralatan dan cara memasaknya pun “jawa banget”. Bakmi Jowo Pak Gareng masih menggunakan anglo beserta kipas bambu untuk memasak yang konon menjadi salah satu kunci dari kelezatan masakannya. Dan tidak ketinggalan ayam kampung utuh yang digantung semakin menambah kental nuansa khas bakmi jowo. Yang membuat Bakmi Jowo Pak Gareng spesial adalah mie nya yang dibuat sendiri, dan selalu menggunaakan ayam kampung berkualitas, baik untuk dicampurkan dengan masakan maupun untuk diolah menjadi kaldu. Singkat cerita, saya memesan seporsi nasi goreng jawa dan seporsi bakmi jawa, dan ditemani dengan 3 tusuk sate jeroan. Hidangan disini semuanya enak, sangat terasa citarasa manis yang menjadi ciri khas bakmi goreng dan nasi goreng jawa.

Nasi Goreng

Sate Jeroan

Bakmi Jawa


Menu yang ditawarkan disini bermacam-macam mulai dari nasi goreng, bakmi goreng, bakmi godhok (rebus), bihun goreng, bihun godhok (rebus), dan nasi ruwet (nasi goreng campur bakmi goreng). Untuk urusan harga anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup dengan 15rb an anda dapat menikmati seporsi makanan disini. Meskipun tempatnya tidak berada di pinggir jalan utama alias “mblusuk” namun tetap saja ramai oleh para pengunjung baik dari Semarang maupun dari luar kota. Kelezatannya tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak artis-artis bahkan pejabat negara yang mampir untuk makan di tempat ini, dapat dilihat dari banyaknya foto-foto mereka yang terpajang di dinding warung makan. Bakmi Jowo Pak Gareng juga telah membuka cabangnya, yang terletak di Food Court Mall Ciputra Semarang. Warung makan yang sudah bediri sejak tahun 1970 ini beroperasi mulai pukul 10 pagi sampai dengan 11.30 malam. Jadi, jika ada kesempatan main ke Semarang jangan lupa sempatkan diri untuk mencicipi Bakmi Jowo Pak Gareng.



(Semarang Culinary) Bakmi Jowo Pak Gareng (Semarang Culinary) Bakmi Jowo Pak Gareng Reviewed by Bernardus Adhika Sagasitas on May 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.