Tuesday, 29 August 2017

(Solo Culinary) Sumber Bestik Pak Darmo



 Baca dalam Bahasa Indonesia      Read in English



Berbicara tentang wisata kuliner di Solo memang tidak pernah ada habisnya, selalu saja ada banyak tempat rekomendasi terbaik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Sumber Bestik Pak Darmo, yang merupakan langganan  Presiden Indonesia, Bapak Jokowi. Sumber bestik ini memiliki beberapa cabang di Solo, diantaranya yang beralamat di Jalan Honggowongso, Jalan Slamet Riyadi, Jalan Bhayangkara, dan beberapa cabang lainnya. Namun pada kesempatan saat itu saya mampir ke Sumber Bestik Pak Darmo yang berlokasi di Jl. Honggowongso No.94, Solo. Tempatnya tidak terlalu special dan terkesan sederhana hanya menggunakan ruko kecil dan jika ingin outdoor juga disediakan tenda beserta meja dan kursinya, disediakan juga tempat lesehan. Namun jangan salah walaupun tempatnya sederhana, namun pengunjung yang datang selalu ramai setiap hari, bahkan sampai ngantri nggak kebagian tempat. Bagi kalian yang belum tau apa itu bestik, jadi bestik adalah makanan variasi yang sebenarnya adalah adaptasi dari bistik, namun karena kurang pas di lidah orang jawa, maka mereka pun membuat varian yang dirasa pas dan cocok di lidah. Sebenarnya bahan dasarnya sama, yaitu daging sapi yang di iris tipis lalu direndam dengan bumbu khas yang menghasilkah kuah berwarna coklat dan ditemani dengan sayur-sayura, beserta mayonnaise, cita rasa dari bistik jawa ini cenderung memiliki rasa manis yang lebih menonjol, kemudian biasanya disantap dengan sepiring nasi putih. Namun Bestik Jawa Pak Darmo tidak hanya menggunakan daging sapi, melainkan juga lidah sapi, bisa juga dicampur lidah dan daging sapi. Pada saat itu saya memesan seporsi Bestik daging dan seporsi Bestik campur.






Yang saya salut dari warung Bestik Pak Darmo adalah, walaupun pengunjungnya sangat ramai, namun pelayanannya tidak lama, sangat cekatan, dan juga ramah. Pelayanannya pun berbanding lurus dengan rasa tentunya, rasanya sungguh luar biasa, meskipun modifikasi dari beef steak, namun cita rasa nya tetap bisa diterima oleh semua lidah orang Indonesia. Sangat pas kombinasi antar manis, asam, dan dagingnya yang empuk, juga olahan lidah sapinya sangat lezat dan lembut. All is good. Isiannya juga sangat pas dan mengenyangkan, ada potongan kentang sebagai karbohidratnya, sayur-sayuran seperti tomat, kacang panjang, selada, dan buncis, juga dilengkapi dengan mayonnaise. Daging yang digunakan untuk Bestik Pak Darmo ini adalah daging sapi has dalam, jadi bisa dipastikan teksturnya akan sangat lembut dan empuk. Tak jarang pula yang memesan seporsi nasi putih, supaya lebih kenyang, seperti orang Indonesia pada umumnya. Hehe. Di warung bestik Pak Darmo tidak hanya menjual bestik jawa lho, ada juga beberapa menu lainnya. Tidak lupa saya memotret suasana dan daftar menunya. Jika kalian penasaran bisa lihat gambar dibawah ini beserta daftar harganya.







Untuk ukuran wisata kuliner di kota Solo menurut saya harganya pas, tidak kemahalan dan tidak murah juga. Dan sangat worth it jika dibandingkan dengan rasa dan kualitasnya, jadi tak perlu ragu untuk mampir dan mencicipi Bestik Pak Darmo, kuliner khas kota Solo yang melegenda dan menjadi salah satu icon kuliner kota ini. Sumber Bestik Pak Darmo buka setiap hari mulai pukul 6 sore sampai habis.





0 comments:

Post a Comment

Booking.com

Categories

Enter your email below to get the latest updates.. It's Free!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner