Monday, 25 September 2017

(Yogyakarta Culinary) Super Seblak Jakal !!



 Baca dalam Bahasa Indonesia      Read in English


Kuliner kota Bandung pada umumnya mudah diterima oleh semua lidah orang Indonesia, dikarenakan bahan dasarnya yang sederhana dan familiar, namun tetap memiliki citarasa yang lezat. Siomay, batagor, lotek, cireng, cilok, adalah beberapa contoh kuliner khas kota Kembang yang sudah sangat populer di lidah masyarakat Indonesia. Belakangan ini muncul satu lagi kuliner yang mencuri perhatian, terutama buat mereka yang menyukai rasa pedas, yaitu Seblak. Mungkin cukup banyak dari kalian yang sudah tahu atau bahkan pernah mencicipi makanan ini. FYI, buat yang belum tahu, seblak adalah makanan berbahan dasar kerupuk yang dimasak hingga tekstur kerupuknya menjadi lemas kemudian divariasi dengan berbagai macam toping, seperti telur, sosis, bakso, ceker ayam, dll. Rasanya cenderung gurih dan pedas. Makanan ini sudah sangat populer di telinga masyarakat Indonesia dan menjadi buah bibir khusunya di kalangan mahasiswa, karena harganya yang relatif terjangkau, tak terkecuali kota Jogja yang merupakan gudangnya mahasiswa, sangat mudah untuk mencari penjual seblak disini, diantara banyaknya pilihan seblak, ada dua nama yang menjadi favorit saya sampai saat ini. Setelah sebelumnya saya sudah membahas kelezatan seblak bloom disini.



Nama kedua yang menjadi favorit saya adalah Super Seblak yang berlokasi di Jalan Kaliurang KM 4.5, tepat di trotoar persimpangan Kehutanan UGM. Walaupun tempatnya hanya di trotoar namun Super Seblak selalu ramai oleh pengunjung, karena keterbatasan tempat kebanyakan dari mereka beli untuk dibawa pulang. Di Super Seblak kalian bisa memilih level pedas, mulai dari level 1 sampai dengan level 5 yang paling pedas, jadi kalian bisa sesuaikan dengan lidah masing-masing. Variannya juga sangat beragam, ada seblak ceker, seblak mie, seblak original, seblak bakso, seblak sosis, seblak ati ampela, seblak kornet, atau bahkan campuran dari beberapa varian yang saya sebutkan tadi, berikut daftar menu dan harganya, untuk harganya standart saja, tidak mahal dan tidak murah juga, pas di kantong.




Terakhir kali saya berkunjung kesana saya memesan seporsi seblak ceker dan seporsi seblak komplotan sosis. Seblak komplotan sosis adalah campuran dari mie dan makaroni yang dicampur dengan sosis, telur, dan kerupuk seblak, sedangkan seblak ceker adalah campuran dari 2 potong ceker ayam, telur, dan kerupuk seblak. Rasa dari keduanya sangat enak, gurih dan pedasnya sangat pas. Berbeda dengan seblak bloom yang saya ulas disini, olahan seblak di Super Seblak cenderung kering dan tidak terlalu banyak kuah, untuk selera saya pribadi saya lebih menyukai yang kering atau dengan sedikit kuah seperti di Super Seblak ini.



Buat kalian yang sedang berkunjung ke Jogja atau malah orang Jogja yang masih bingung untuk mencari rekomendasi tempat makan seblak yang enak, Super Seblak Jakal ini bisa menjadi alternatif anda. Super Seblak buka mulai jam 6 sore sampai habis.






0 comments:

Post a Comment

Booking.com

Categories

Enter your email below to get the latest updates.. It's Free!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner