Thursday, 5 October 2017

(Solo Culinary) Bandeng Segar Mbak Mar!!



 Baca dalam Bahasa Indonesia      Read in English


Siapa sih orang di Indonesia yang nggak tau ikan bandeng, ikan yang sangat populer di kawasan asia tenggara ini bisa dijadikan olahan makanan yang sangat lezat, terlebih di Indonesia, bisa dibuat pepes, di goreng, di masak asap, presto, dll
Di kota Solo/Surakarta ada rumah makan yang sangat terkenal karena olahan bandengnya, bahkan tidak hanya untuk warga solo, bahkan para penikmat bandeng dari kota-kota lain, rela jauh-jauh datang ke Solo untuk makan di tempat ini. Namanya adalah rumah makan Mbak Mar yang menyediakan spesial bandeng segar, letaknya berada di jalan gajah mada nomor 152, Solo. Tidak sulit untuk menemukannya karena terletak di tengah kota. Meskipun yang ditonjolkan adalah olahan spesial bandeng segar, namun ada juga berbagai macam menu lainnya yang patut untuk dicoba dan direkomendasikan. Penasaran kan?
Langsung saja. Pada saat itu saya berkunjung kesana untuk makan malam, tanpa pikir panjang menu yang pertama kali saya pesan adalah bandeng goreng yang sangat terkenal kelezatannya disini, selain itu saya juga memesan seporsi burung dara goreng, petai goreng, dan udang goreng. Sembari menunggu makanan saya tiba, saya melihat-lihat sekitar. Tidak banyak yang bisa diceritakan, karena tempatnya tidak terlalu luas, sederhana, dan lesehan. Namun, ada satu hal yang menarik perhatian saya saat melihat dinding di rumah makan ini, ternyata banyak dihiasi oleh pigura yang didalamnya terdapat beberapa tanda tangan artis-artis Indonesia yang pernah berkunjung ke rumah makan Mbak Mar ini, sebut saja baim dan artika sari devi. Hmm.. cukup populer juga ya warung makan Mbak Mar ini bahkan sampai telinga artis ibu kota.



Setelah kurang lebih 20 menit menunggu, akhirnya makanan yang saya nantikan pun tiba, lengkap dengan lalapan dan sambal terasi. Dari bau nya saja sudah menggugah selera. Semua menu yang saya pesan digoreng dengan sempurna dan teksturnya sangat kering, sehingga terasa crunchy saat digigit. Saya kira tekstur crispy nya terbuat dari campuran tepung bumbu dan tepung panir yang digoreng bersamaan dengan bahan bakunya. Ekspektasi saya terbayar lunas saat mencicipi bandeng goreng Mbak Mar karena tak hanya lezat, namun bandeng goreng disini adalah yang terlezat yang pernah saya makan, teksturnya empuk dan renyah, rasa gurih dan asinnya sangat mantab, makin lezat jika dicocol dengan sambal terasinya. Rasanya juara. Sangat recommended.
Dan seperti yang saya bilang tadi, walaupun spesial bandeng segar, namun tidak hanya menu bandengnya saja yang lezat di lidah. Ada menu burung dara dan udang goreng yang tak kalah lezatnya. Burung dara goreng disini sangat crunchy dan bumbunya merasuk sampai ke serat-serat dagingnya, jangan heran kalau seporsi saja nggak cukup, pasti pengen nambah lagi. Begitu juga dengan udangnya, teksturnya crunchy, rasanya gurih dan sangat nikmat jika dimakan dengan sepiring nasi putih hangat.



Semua makanan yang saya makan di warung makan Mbak Mar sangat lezat, karena owner nya berkomitmen untuk menjaga kualitas ikan segar dan bahan baku lainnya. Setiap hari bandeng dan bahan-bahan lainnya selalu baru, begitu juga dengan sambalnya, fresh dibuat saat itu juga. Untuk harganya tidak mahal, karena porsinya yang besar, yaitu mulai dari Rp 20.000. Warung makan Mbak Mar buka mulai jam 5 sore sampai jam 11 malam. Buat kalian yang penasaran jangan ragu-ragu untuk mampir ke rumah makan Mbak Mar, dijamin puas dan nggak nyesel.








0 comments:

Post a Comment

Booking.com

Categories

Enter your email below to get the latest updates.. It's Free!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner