Friday, 8 December 2017

Sekelumit Kisah Tentang Budaya & Tradisi di Thailand (Bahasa Indonesia)




Berkunjung ke Thailand sudah menjadi hal yang lumrah untuk orang Indonesia, selain jarak tempuhnya yang tidak terlalu jauh, keindahan alam dan budayanya juga tidak kalah menawan dari Negara kita. Negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Buddha ini memiliki sekitar 70 juta warga negara yang sangat menghormati rajanya, jadi buat para wisatawan yang baru pertama kali datang ke Thailand jangan sekali-kali menghina atau menjelek-jelekan raja dan keturunanya, karena urusannya bisa panjang sampai ke pihak yang berwajib  Dan dianjurkan untuk tidak membicarakan tentang raja Thailand, jika ada pertanyaan lebih baik dipendam saja lalu browsing di internet, yang pasti tidak susah untuk menemukan informasi mengenai raja Thailand di internet. Di jam-jam tertentu, warga Thailand akan berhenti beraktivitas. Lagu Negara Thailand akan terdengar mengalun dan mereka akan berdiri tegap untuk menyanyikan lagu tersebut. Saat itu, meskipun turis, anda juga harus ikut berdiri dan diam hingga lagu selesai untuk menghormati tradisi setempat. Nasionalisme warga Thailand sudah dapat terlihat mulai dari hal-hal kecil seperti ini.

Wisata ke Thailand jangan lupa sempatkan ke The Erawan Museum & Ancient Siam
The Erawan Museum & Ancient Siam (sumber : www.befreetour.com)

Wisata ke Thailand jangan lupa sempatkan ke The Erawan Museum & Ancient Siam
The Erawan Museum & Ancient Siam (sumber : www.befreetour.com)

Selain hal-hal yang saya sebutkan tadi masih ada beberapa aturan tidak tertulis yang ada di Negeri Gajah Putih ini, salah satu contohnya, bagi siapapun (khususnya turis) yang ingin berfoto ria dengan patung Buddha disini, maka anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada pengelolanya. Hasil foto tersebut harus ditunjukkan terlebih dahulu pada pengelola. Apabila pengelola memberi izin, maka Anda boleh membawa foto tersebut pulang. Cukup unik, kan? Karena di Thailand memang banyak sekali patung-patung Buddha yang indah dan megah yang akan membuat turis pengen foto-foto di dekatnya, tapi jangan asal foto2 ya, harus minta izin dulu. FYI, selain dijuluki Negeri Seribu Pagoda, Thailand juga dijuluki Negeri Gajah Putih, karena Thailand merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah.

Wisata ke Thailand jangan lupa sempatkan ke The Erawan Museum & Ancient Siam
The Erawan Museum & Ancient Siam (sumber : www.befreetour.com)

Wisata ke Thailand jangan lupa sempatkan ke The Erawan Museum & Ancient Siam
The Erawan Museum & Ancient Siam (sumber : www.befreetour.com)

 Rasa nasionalisme warga Thailand yang tinggi berbanding lurus dengan pelestarian tradisi dan budaya masyarakatnya. Banyak budaya Thailand berasal dari etnis Thai. Salah satu pengaruh yang paling penting pada budaya Thailand adalah Buddhisme. Banyak tradisi dan kepercayaan dari orang-orang di Thailand berasal langsung dari prinsip-prinsip Buddha. Agama Hindu juga berkontribusi penting untuk budaya Thailand, hal ini dapat dilihat dari hubungan erat antara Thailand dan India melalui seni, sastra, dan kebiasaan masyarakat Thailand. Kebudayaan dari Negara terdekat, seperti, Laos, Kamboja, Myanmar, dan China juga beperan dalam membentuk tradisi Thailand. Dari total sekitar 70 juta warga Thailand, mayoritasnya adalah etnis Thai, sedangakan sisanya adalah etnis Cina, Vietnam, Khmer, Hmong, dan Mein.

Wisata ke Thailand jangan lupa sempatkan ke The Erawan Museum & Ancient Siam
The Erawan Museum & Ancient Siam (sumber : www.befreetour.com)


Sejak tahun 1950-an, pemerintah Thailand telah melakukan upaya untuk melestarikan dan memperkuat rasa budaya nasional dan identitas nasional melalui makanan lokal, tarian, musik, perayaan, dan keyakinan yang memiliki andil yang cukup besar bagi kehidupan warga Thailand pada umumnya dan turut serta memperkenalkan kebudayaan tersebut ke dunia internasional. Budaya Thailand sangat dipengaruhi oleh agama. Sekitar 95% dari total warga Negara menjadi Theraveda Buddha, sistem kepercayaan dan nilai-nilai Buddhisme memainkan peran besar dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai budaya yang dipegang teguh masyarakat Thailand adalah menghormati, pengendalian diri, dan sikap non-konfrontatif. Sebagai wadah pelestarian budaya dan sejarah, pemerintah Thailand mendirikan cukup banyak museum yang juga menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah, The Erawan Museum, Museum yang berisikan nilai-nilai budaya, arsitektur, dan sejarah Thailand yang indah, pastinya pengunjung akan mendapatkan wawasan khusus tentang budaya dan agama di Thailand, karena museum yang terletak di Bangkok ini menyimpan banyak sekali artefak bersejarah. Selain The Erawan Museum, wisatawan biasanya juga berkunjung ke Ancient Siam, disana pengunjung akan mendapatkan pengalaman jalan-jalan di kompleks bangunan indah nan megah yang akan membawa pengunjung kembali ke Thailand kuno. Taman yang berdiri di tanah seluas lebih d
ari 200 hektar ini merupakan tempat wisata budaya yang paling banyak dikunjungi pengunjung yang bertujuan untuk mengenal budaya & sejarah Thailand lebih dalam. Berwisata ke Thailand tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke museum atau taman budaya, karena negara Thailand penuh dengan daya tarik budaya, tradisi, dan bahasa yang menarik untuk dipelajari, tidak melulu hanya wisata alam atau menikmati gemerlap wisata malam kota Bangkok. 




0 comments:

Post a Comment

Booking.com

Categories

Enter your email below to get the latest updates.. It's Free!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner