Thursday, 7 December 2017

Selayang Pandang Singapura (Bahasa Indonesia)


Singapura, sebuah Negara kecil yang hanya memiliki luas wilayah kurang lebih 719,1 km², jumlah penduduk yang hanya sekitar 5 juta, dan tidak memiliki sumber daya alam yang menarik minat wisatawan. Dulu mayoritas penduduk di negara yang baru merdeka pada tahun 1965 ini hidup di bawah garis kemiskinan. Tinggal di kawasan kumuh dan bantaran-bantaran sungai dengan sampah yang berserakan dimana-mana seolah menjadi pemandangan lumrah kala itu. Namun siapa sangka, perlahan-lahan Negara yang berjuluk Negeri Singa ini menjelma menjadi Negara maju yang sangat bersih dengan tata kota yang rapi dan memiliki banyak gedung-gedung pencakar langit dengan infrastruktur ultramodern. Kedisiplinan menjadi kunci utama kesuksesan Singapura, Negara yang terkenal dengan 1000 aturan ini benar-benar memiliki banyak aturan yang sangat ketat bahkan jika ada yang melanggar siap-siap saja membayar denda yang jumlahnya tidak main-main. Kesuksesan ini juga tak lepas dari peran Perdana Menteri pertama Singapura, Lee Kuan Yew yang dengan luar biasa memompa semangat warga Singapura setelah merdeka dari Malaysia di tahun 1965, pembangunan dilaksanakan besar-besaran,  kebersihan sangat dijaga, dan puncaknya adalah kebijakan relokasi besar-besaran kawasan kumuh untuk kemudian dibangun kota layak huni dengan apartemen, rumah susun, taman kota, prasarana kesehatan dan pendidikan, dengan prinsip setiap keluarga harus memiliki rumah layak huni yang bersih.

Wisata menjelajah keindahan Gardens by The Bay Singapore
Gardens by The Bay Singapore (sumber: www.befreetour.com)

Wisata menjelajah keindahan Gardens by The Bay Singapore
Gardens by The Bay Singapore (sumber: www.befreetour.com)

Sekarang, Singapura merupakan pusat perekonomian di Asia bahkan yang terbesar se Asia Tenggara, hal ini disebabkan karena keterbukaan ekonominya. Ekonomi di Negara ini mengutamakan sektor perdagangan dan bergantung pada ekspor dan impor, terutama ekspor produk elektronik, jasa, dan bahan kimia. Dengan tingkat korupsi yang rendah dan iklim investasi yang menarik serta politik yang relatif stabil, maka para investor banyak yang berdatangan ke Negara ini. Masyarakat Singapura juga hidup sejahtera, pendapatan per kapita di Singapura merupakan yang tertinggi ketiga di dunia, tentunya tingkat kemiskinan dan pengangguran disini sangat rendah. BUMN (Badan Usaha Milik Negara) memiliki andil yang besar dalam perekonomian di Negara ini karena saham mayoritas perusahaan-perusahaan raksasa di Singapura dipegang oleh BUMN. Walaupun Sumber Daya Alam yang dihasilkan di Negara ini nyaris tidak ada, namun banyak industri disini yang berperan sebagai penyempurna, dengan konsep membeli bahan mentah untuk kemudian diolah menjadi barang jadi dan kemudian dieskpor. Port of Singapore atau pelabuhan Singapura merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dikarenakan lokasinya yang sangat strategis. Pelabuhan ini menghubungkan 600 pelabuhan yang tersebar di 123 negara di seluruh dunia, tercatat dalam setahun tak kurang dari 140.000 kapal beraktifitas di Port of Singapore.

Wisata keindahan sungai singapura di Singapore River Cruise by Water
Singapore River Cruise by Water (sumber: www.befreetour.com)

Di Singapura perekonomian yang baik berbanding lurus dengan pendidikan yang maju, dikarenakan peran pentingnya untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil dan handal. Sebagai Negara maju, Singapura sangat serius dalam menciptakan pendidikan yang baik dan bermutu. Pendidikan yang ditawarkan di Singapura bertaraf internasional dan bermutu tinggi, serta ditunjang dengan teknologi dan fasilitas kelas dunia. Karena masyarakatnya multi ras dan multi budaya, jadi tidak perlu ragu dengan keramahan dan toleransi di Singapura. Bahkan, negara ini merupakan destinasi pendidikan bagi puluhan ribu pelajar dari berbagai Negara.

Wisata iconic Singapura di Marina Bay Sands Skypark
Marina Bay Sands Skypark (sumber: www.befreetour.com)

Wisata iconic Singapura di Marina Bay Sands Skypark
Marina Bay Sands Skypark (sumber: www.befreetour.com)


Transportasi umum di Singapura tergolong rapi, terorganisir dengan baik, dan tepat waktu. Ada banyak pilihan transportasi umum yang dapat digunakan wisatawan ketika mengunjungi negara yang melarang penjualan dan konsumsi permen karet ini. Yang pertama, bisa menggunakan kereta MRT (Mass Rapid Transit) ini merupakan cara tercepat untuk berkeliling Singapura dan aksesnya sangat luas hingga mencapai hampir semua penjuru Singapura. Ada tiket MRT sekali jalan dan ada juga kartu isi ulang EZ-link yang memungkinkan anda untuk melakukan perjalanan sehari penuh atau dua hari bahkan tiga hari penuh menggunakan MRT tanpa halangan, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda. Yang kedua, menggunakan Bus, jika anda tipe wisatawan yang ingin menikmati perjalanan dengan santai sembari menikmati pemandangan dan berkeliling kota maka moda trasnportasi ini bisa jadi yang paling sesuai untuk digunakan. Anda bisa menggunakan EZ-Link untuk memperoleh tiket perjalanan anda, cara ini akan lebih praktis karena tidak harus membayar secara tunai menggunakan uang pas. Yang ketiga, menggunakan taksi, ya cara ini merupakan cara yang paling umum digunakan diseluruh dunia. Biasanya moda transportasi ini dipilih oleh mereka yang ingin praktis, nyaman, dan fleksibel dalam berwisata, mengingat tidak semua penjuru Singapura dapat dijangkau menggunakan MRT atau Bus.




0 comments:

Post a Comment

Booking.com

Categories

Enter your email below to get the latest updates.. It's Free!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner