5 Tips Bepergian Bersama Hewan Peliharaan


Mungkin buat sebagian dari Anda yang mempunyai hewan peliharaan adalah suatu keputusan yang sangat sulit saat harus meninggalkannya untuk bepergian keluar kota atau bahkan keluar negeri. Namun, tunggu dulu, sekarang Anda dapat membuang jauh-jauh pikiran itu karena belakangan ini sudah banyak maskapai penerbangan dan hotel-hotel yang sangat bersahabat dengan hewan peliharan. Dalam artian Anda bisa turut membawa mereka ke dalam perjalanan Anda, menyenangkan bukan? Jadi Anda tidak harus meninggalkan sahabat terbaik Anda sendirian di rumah atau bahkan menitipkannya di tempat penitipan hewan atau kepada kerabat. Terkadang rasa tidak percaya muncul saat hendak menitipkan ke tempat penitipan hewan atau kerabat, hal ini mungkin dikarenakan Anda tidak terbiasa melakukan hal tersebut. Namun, sebelumnya ada 5 hal penting yang harus diperhatikan saat hendak mengajak hewan peliharaan Anda bepergian. Berikut 5 tips bepergian bersama hewan peliharaan;

1. Mencari Info Maskapai


Jika yang akan Anda lakukan adalah perjalanan jauh menggunakan pesawat, akan menjadi sebuah keuntungan bagi Anda. Karena selain praktis dan cepat, dewasa ini tidak sulit menemukan maskapai penerbangan yang bisa membawa hewan peliharaan, baik itu di kabin pesawat menggunakan kandang yang memadai atau dibawa dalam cargo. Namun, ada baiknya anda mencari informasil lebih mendalam dari maskapai penerbangan mengenai sayarat dan ketentuan yang biasanya berbeda-beda antara satu maskapai dengan maskapai lainnya, serta biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Pada umumnya biaya cargo cenderung lebih murah dan biasanya prosedur penerimaannya lebih awal delapan jam sebelum keberangkatan. Namun jika Anda merasa kurang aman dan ingin memastikan dan mengawasi secara langsung keadaan hewan peliharaan, Anda bisa memilih bagasi dengan menggunakan kandang.

2. Pastikan Tempat Menginap


Tentunya tidak semua penginapan atau hotel dapat menerima hewan peliharaan Anda untuk turut serta bermalam bersama Anda. Namun jangan khawatir, hal ini bukan berarti tidak ada sama sekali. Anda dapat menemukan beberapa hotel atau penginapan yang memperbolehkan membawa hewan peliharaan, terutama di kawasan-kawasan wisata. Kalau Anda jeli pasti dapat menemukan tempat bermalam yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa untuk memesan jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan karena jumlahnya pun relatif lebih sedikit disbanding hotel atau penginapan pada umumnya.

3. Lengkapi Dokumen

Sumber: purebreddog.ca
Sebelum Anda bepergian terutama jika tujuannya ke luar negeri, hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Karena bukan tidak mungkin hal yang buruk akan terjadi kepada Anda dan hewan peliharaan Anda jika tidak melengkapi dokumen perjalanan untuk mereka. Beberapa Negara menetapkan peraturan yang cukup ketat bagi wisatawan yang membawa hewan peliharaan. Dokumen-dokumen pelengkap yang umumnya harus Anda sertakan adalah, paspor untuk hewan peliharaan, surat kesehatan dan surat vaksin rabies dari dokter hewan, serta surat izin rekomendasi dari Dirjen Peternakan RI. Itu tadi hanya sebagian contoh dokumen-dokumen yang umumnya diperlukan. Anda wajib untuk memastikan syarat-syarat yang harus dipenuhi dari Negara tujuan wisata Anda jika hendak membawa hewan peliharaan, pastikan jangan sampai ada yang kelewat ya.

4. Pastikan Kondisi Hewan Peliharaan


Hal yang satu juga tidak kalah pentingnya ya. Sebelum memutuskan untuk membawa serta hewan kesayangan Anda berwisata, Anda juga wajib memeriksa kondisi mereka, jangan sampai rencana wisata Anda rusak karena kelalaian yang satu ini. Pastikan Anda telah membawa vitamin, obat, dan makanan yang biasa dikonsumsi oleh hewan peliharaan Anda. Selain itu pastikan juga destinasi yang akan Anda tuju sesuai dengan hewan peliharaan Anda, terutama iklimnya. Sudah pasti Anda sangat tidak dianjurkan untuk membawa anjing peliharaan berjenis Siberian Husky atau Alaskan Malamute ke daerah yang memiliki iklim tropis yang cenderung panas.

5. Lakukan Percobaan


Tips terakhir yang harus Anda perhatikan adalah, lakukan percobaan sebelum membawa hewan peliharaan Anda bepergian. Jika mereka tidak terbiasa dengan kandang, Anda harus mulai membiasakannya untuk tinggal di kandang jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Anda bisa meletakkan makanan atau mainan kesukaannya di dalam kandang supaya mereka tertarik dan merasa nyaman untuk masuk ke dalam kandang. Alangkah baiknya jika Anda membiasakan hewan peliharaan Anda untuk melakukan perjalanan sejak mereka masih kecil, jadi mereka akan lebih terbiasa dengan perjalanan yang mungkin dapat memakan waktu cukup lama.


5 Tips Bepergian Bersama Hewan Peliharaan 5 Tips Bepergian Bersama Hewan Peliharaan Reviewed by Bernardus Adhika Sagasitas on May 28, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.