6 Tempat Wisata Anti Mainstream dan Keren di Jogja


Berkunjung ke Jogja tidak akan terlepas dari tempat wisata Jogja yang mengagumkan. Tak heran jika tempat wisata baru di Jogja selalu diserbu pengunjung sejauh apapun jarak yang ditempuh. Tidak terhitung berapa banyak wisatawan yang silih berganti datang ke Jogja setiap minggunya, terutama pada saat weekend. Dewasa ini sosialisasi tempat wisata Jogja menjadi semakin mudah dengan kehadiran sosial media yang cukup 1 klik saja dan dalam hitungan hari atau bahkan hitungan jam semuanya bisa menjadi viral. Tentunya hal ini menjadi seperti dua sisi mata uang. Disamping sisi baiknya yang dapat dengan mudah mempopulerkan objek wisata, terdapat pula hal yang bisa jadi kurang menyenangkan bagi beberapa kalangan, yaitu terlalu ramai.
Tentunya tidak semua wisatawan menyukai objek wisata yang terlalu ramai dan penuh sesak, buat mereka yang mencari ketenangan dan kenyamanan dalam berlibur sudah pasti objek wisata yang ramai akan dihindari. Namun tenang saja di Jogja masih ada kok objek wisata yang nggak seramai apa yang Anda pikirkan. Yang jelas masih sangat nyaman untuk bersantai, tidak berisik, dan tenang. Berikut 6 tempat wisata Jogja anti mainstream;

1. Kawasan Wisata Watu Lumbung


Sumber: phinemo

Tempat wisata Jogja anti mainstream yang pertama adalah Kawasan Wisata Watu Lumbung. Ada banyak alasan yang membuat Anda harus mempertimbangkan untuk datang ke Kawasan Wisata Watu Lumbung saat traveling ke Jogja. Yang pasti selain tidak ramai dan antimainsteam, Watu Lumbung juga merupakan sarana edukasi yang bagus untuk Anda. Watu Lumbung mengajarkan kepada Anda tentang perlunya mensyukuri dan mencintai alam. Tidak ada campur tangan kaum kapitalis disini, semuanya serba sederhana, mayoritas bangunannya terbuat dari bambu dan kayu yang tentunya dimaksimalkan sekreatif mungkin. Selain itu, di Watu Lumbung Anda akan diajarkan dengan kebiasaan menanam pohon, karena disini disediakan pohon polybag yang jika Anda mau meluangkan waktu untuk menanamnya, maka Anda akan mendapat ganjaran sebesar Rp 2.500,- yang bisa Anda jadikan sebagai potongan harga untuk makan di warung yang terdapat disini.
Watu Lumbung juga mengajarkan tentang berbagi, setiap orang yang membawa 3 buku layak baca dapat ditukarkan dengan satu paket makanan dan minuman di Watu Lumbung. Usut punya usut pengelola Watu Lumbung berniat mengumpulkan buku-buku tersebut untuk membuat perpustakaan bagi warga setempat. Tempatnya yang berada diatas bukit memang cukup sulit untuk dijangkau mengingat trek nya juga tidak bagus, namun begitu sampai di atas Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang elok beserta nuansa yang damai, nyaman, dan konsep kawasan wisata yang sungguh istimewa. Trip ke Jogja belum lengkap jika belum mencoba Kawasan Wisata Watu Lumbung.
Lokasi Kawasan Wisata Watu Lumbung (Tempat Wisata Jogja) : Jalan Panglima Sudirman, Parangtritis, Kretek, Kecamatan Kretek, Parangtritis, Bantul, DIY.

2. Pantai Wohkudu

Sumber: idmustvisitplace

Tempat wisata Jogja anti mainstream selanjutnya adalah Pantai Wohkudu. Jogja memang terkenal akan jajaran pantai-pantai yang pesonanya bak magnet bagi para wisatawan. Kebanyakan diantara pantai-pantai tersebut terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Namun alangkah baiknya jika Anda coba explore jogja dan menyambangi pantai-pantai yang masih belum banyak terjamah manusia, salah satunya adalah Pantai Wohkudu. Masih terletak di Kabupaten Gunung Kidul, pesona pantai Wohkudu diapit oleh dua perbukitan dan tebing yang menyebabkan letaknya cukup tersembunyi dan tidak banyak orang yang mengetahui keberadaannya.
Saat Anda menapaki jejak di pantai yang bernuansa damai dan nyaman ini, kesan eksklusif akan langsung terasa, tidak ada hamparan pasir luas seperti pantai-pantai tetangga, namun justru inilah daya tariknya. Hanya segelintir orang yang menyambangi pantai Wohkudu saat jalan jalan ke Jogja. Sebagian dari mereka menghabiskan waktu untuk berkemah, memancing, quality time bersama orang terdekat, atau bahkan Me time. Apapun yang Anda lakukan di Pantai Wohkudu, ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alamnya.
Lokasi Pantai Wohkudu (Tempat Wisata Jogja) : Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Girikarto, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

3. Puncak Panguk

Sumber: phinemo

Tempat wisata Jogja anti mainstream yang ketiga adalah Puncak Panguk. Terdapat cukup banyak gardu pandang di Puncak Panguk yang dapat Anda gunakan untuk menikmati keindahan alam secara langsung. Hawa sejuk dan pemandangan yang hijau akan langsung menyapa Anda sesampainya di Puncak Panguk, hal ini dikarenakan lokasinya berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Dlingo. Bagi Anda pemburu sunrise, Puncak Panguk sangat direkomendasikan untuk Anda sambangi. Puncak Panguk merupakan salah satu tempat berburu sunrise yang instragamable, buktinya mulai banyak warga net yang mengunggah hasil swafoto mereka di Puncak Panguk. Dari situ saja Anda sudah bisa membayangkan indahnya sunrise di Puncak Panguk, terlebih jika Anda datang pagi-pagi buta dengan kabut yang masih cukup tebal menyelimuti Puncak Panguk, indah sekali. Jangan lupa sempatkan berkunjung ke Puncak Panguk saat jalan2 ke Jogja.
Lokasi Puncak Panguk (Tempat Wisata Jogja) : Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY

4. Bukit Parang Endog

Sumber: iqbalkautsar

Tempat wisata Jogja anti mainstream yang keempat adalah Bukit Parang Endog. Bukit Parang Endog sejatinya merupakan landasan paralayang, namun hanya digunakan saat ada event khusus, seperti Jogja Air Show contohnya. Selain itu Bukit Parang Endog sering dimanfaatkan warga sekitar atau wisatawan yang traveling di Jogja untuk menikmati sunset dan keindahannya tak perlu diragukan lagi. Sebaiknya jangan datang mendekati waktu terbenamnya matahari karena akan lebih menyenangkan jika Anda menikmati suasana sekitar terlebih dahulu sambil menanti detik-detik terbenamnya matahari. Pemandangan lautan lepas yang sangat luas akan menambah indahnya sore hari Anda. Pastikan Anda menuju ke Bukit Parang Endog bukan Pantai Parang Endog, karena jalurnya berbeda. Dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan memeriksa kesiapan kendaraan Anda karena pastinya jalan menuju Bukit Parang Endog cukup terjal dan menantang.
Lokasi Bukit Parang Endog (Tempat Wisata Jogja) : Girijati, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY

5. Puncak Suroloyo

Sumber: piknikasik

Tempat wisata Jogja anti mainstream berikutnya adalah Puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo mungkin merupakan titik terbaik untuk meneropong Borobudur, salah satu keajaiban dunia yang terletak di Magelang. Tidak hanya Candi Borobudur, dari sini Anda juga bisa menyaksikan kemegahan gunung-gunung di pulau Jawa, yaitu Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Merbabu. Hal yang perlu perlu dipersiapkan untuk mencapai Puncak Suroloyo adalah stamina, ya karena untuk menyaksikan keindahan alam dari atas Puncak Suroloyo memang diperlukan stamina dan daya tahan tubuh yang prima. Jalanan yang berkelok-kelok dan terjal akan Anda hadapi untuk dapat sampai di titik Puncak Suroloyo. Sedikit olahraga ringan sebelum menuju Puncak Suroloyo bisa membantu Anda lebih siap untuk memulai perjalanan. Yuk traveling ke Yogyakarta.
Lokasi Puncak Suroloyo (Tempat Wisata Jogja) : Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, DIY.

6. Candi Sambisari

Sumber: jogjarove.blogspot

Wisata ke Candi Borobudur? Sudah biasa. Wisata ke Candi Prambanan? Sudah biasa juga. Bagaimana dengan Candi Sambisari? Saya yakin belum banyak orang yang pernah menjajal keelokan candi yang tersembunyi di bawah tanah ini. Daya tariknya memang tidak terlalu memikat seperti Candi Borobudur ataupun Candi Prambanan. Namun jangan salah, buat Anda yang belum pernah ke Candi Sambisari lebih baik buang jauh-jauh prasangka Anda. Apalagi buat Anda yang sedang mencari suasana yang tenang dan tidak ramai dikunjungi pengunjung, maka Candi Sambisari wajib masuk daftar kunjungan Anda.
Candi Sambisari cukup unik dan lain dari yang lain karena letaknya berada sekitar 6 meter di bawah tanah. Hal yang dapat Anda lakukan disini antara lain, berkunjung ke museum mini yang berisi sejarah eskavasi Candi Sambisari, berfoto-ria, jalan-jalan di komplek candi, dan Anda juga bisa bersantai di rerumputan komplek Candi Sambisari sembari membawa bekal dan ngobrol santai dengan orang terdekat. Dan itulah 6 Tempat wisata Jogja anti mainstream yang wajib dikunjungi saat main ke Jogja.
Lokasi Candi Sambisari (Tempat Wisata Jogja) : Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY.

6 Tempat Wisata Anti Mainstream dan Keren di Jogja 6 Tempat Wisata Anti Mainstream dan Keren di Jogja Reviewed by Bernardus Adhika Sagasitas on June 19, 2018 Rating: 5

1 comment:

  1. Puncak Suroloyo sudah terkenal dari jaman dulu, tuh. Termasuk daftar kunjungan wajib untuk yang suka melihat pemandangan alam.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.