FAQ: Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Negara Maritim?

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim jelaskan?

Indonesia menjadi negara terluas di kawasan Asia Tenggara. Negara Seribu Pulau ini juga menempati urutan ke-15 dalam daftar negara terbesar di dunia. Selain memiliki wilayah yang luas, Indonesia juga dijuluki sebagai negara maritim. Ini karena sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari perairan.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris dan negara maritim?

Indonesia disebut negara maritim karena memiliki perairan yang sangat luas dibandingkan dengan daratannya. Disebut negara agraris karena rata-rata penduduknya bekerja sebagai petani. Disebut negara kepulauan karena Indonesia memiliki banyak pulau.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan?

Dikutip dari buku Pengetahuan Sosial karya Tri Nur Hadiyati, Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari pulau – pulau. Tercatat, ada sekitar 17.500 pulau yang dimiliki Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan negara agraris dan negara maritim?

Istilah negara maritim dan negara agraris adalah menunjuk pada dua hal yang berbeda. Pengertian negara maritim adalah negara yang wilayah teritorialnya sebagian besar berupa lautan/perairan. Adapun pengertian dari negara agraris adalah negara yang profesi penduduknya mayoritas di bidang agraris atau pertanian.

Mengapa Indonesia dikenal sebagai negara agraris Apa faktor yang mendukung?

Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Selain itu, Indonesia juga dikenal dengan hasil perkebunannya, antara lain karet, kelapa sawit, tembakau, kapas, kopi, dan tebu.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Perusahaan Harus Memahami Lingkungan Perusahaan?

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan brainly?

1. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena negara Indonesia memiliki wilayah yang terdiri dari banyak pulau. Pulau di Indonesia sendiri mencapai 17.000an dan 16.056 pulau sudah dibakukan namanya di PBB hingga juli 2017.

Apa perbedaan maritim dengan Agraris?

Negara maritim adalah negara yg sebagian besar wilayahnya merupakan perairan. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani.

Apa yang dimaksud Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan?

KOMPAS.com – Negara maritim adalah negara yang berada dalam kawasan laut yang luas. Selain itu, negara maritim biasanya negara yang memiliki banyak pulau. Dilansir dari situs Perum Perindo, Indonesia secara geografis sebuah negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan.

Apa saja ciri ciri Republik Indonesia sebagai negara maritim sekarang ini?

Ciri Negara Maritim

  • Negara maritim memiliki wilayah perairan atau laut yang lebih luas sekitar 2/3 dari wilayah daratan.
  • Memiliki banyak pulau yang dikelilingi oleh perairan atau laut.
  • Memiliki sumber daya laut sangat besar, baik sumber daya alam,mineral, energi, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *