FAQ: Mengapa Jakarta Disebut Daerah Khusus?

Mengapa Jakarta dan Papua disebut daerah khusus?

Jawaban. – Jakarta menjadi daerah khusus karena jakarta merupakan ibu kota Negara Kesatuan Indonesia.

Provinsi manakah yang memiliki daerah khusus di Indonesia?

Saat ini setidaknya terdapat dua (2) daerah di Indonesia yang menyandang status otonomi khusus yakni, (i) Provinsi Papua dan Papua Barat berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2008 tentang Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-

Mengapa Daerah Istimewa Yogyakarta diberi otonomi khusus?

Dalam konteks Yogyakarta, adalah sebuah keistimewaan karena Yogyakarta secara sepihak menyatakan kemerdekaan serta kedaulatannya dari Pemerintah Kolonial Hindia Belanda sekaligus juga mengakhiri serta mengintegrasikan kemerdekaan dan kedaulatan kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Dekrit kerajaan.

Apa kekhususan DKI Jakarta?

DKI dan Kekhususannya DKI Jakarta memiliki kedudukan sebagai Ibu Kota Negara Indonesia. Artinya pusat pemerintahan Negara Indonesia berada di Jakarta dengan koordinasi antar wilayah di Indonesia. DKI Jakarta merupakan daerah khusus dimana memiliki fungsi sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Kita Harus Menghormati Hak Asasi Orang Lain?

Mengapa DKI Jakarta Aceh Yogyakarta dan Papua diberi otonomi khusus?

DKI Jakarta menjadi daerah khusus karena statusnya sebagai ibukota negara. DI Yogyakarta menjadi daerah istimewa karena statusnya sebagai kesultanan dan sejarahnya sebagai pendukung kemerdekaan Indonesia.

Mengapa wilayah DKI Jakarta diberi otonomi khusus?

Kemudian Jakarta menjadi daerah khusus dengan alasan teknis administratif untuk efisiensi pengeluaran pemerintah. Jakarta sebagai provinsi menjadi representasi pemerintah pusat di daerah dengan daerah otonomi tunggal.

Daerah mana sajakah yang termasuk daerah otonomi?

Daerah otonom atau daerah maura swantantra adalah daerah di dalam suatu negara yang memiliki kekuasaan otonom, atau kebebasan dari pemerintah di luar daerah tersebut. Oblast otonom

  • Adyghe.
  • Gorno-Altai.
  • Gorno-Badakhshan.
  • Karachay-Cherkess.
  • Khakas.
  • Nagorno-Karabakh.
  • South Ossetian.
  • Tuvan.

Daerah atau provinsi manakah yang bersifat khusus dan provinsi manakah yang diberi otonomi khusus?

Daerah – daerah yang diberikan otonomi khusus antara lain adalah:

  • Provinsi Daerah Khusus Ibu kota Jakarta.
  • Provinsi Nangro Aceh Darussalam (NAD)
  • Provinsi Papua,dan.
  • Provinsi Papua Barat.

Mengapa ada daerah yang memiliki daerah khusus dan daerah istimewa?

Keberadaan Pemerintahan daerah yang bersifat khusus atau bersifat istimewa tersebut secara tegas disebutkan dalam Pasal 18B UUD 1945. Adanya kewenangan khusus dalam Pemerintahan daerah yang bersifat khusus atau bersifat istimewa untuk menghormati eksistensi hak-hak tradisional masyarakat adat.

Sebutkanlah apa saja yang menjadi keistimewaan daerah Yogyakarta?

Keistimewaan DiY meliputi

  • 1. Yogya pernah menjadi Ibukota negara Indonesia.
  • Yogyakarta memilikinama lain terbanyak.
  • Menjadi satu-satunya nama kota yang dapat di potong atau di penggal yaitu, Yogyakarta menjadi Yogya atau Jogjakarta menjadi Jogja.
  • Menjadi kota yang banyak memiliki julukan.

Keistimewaan apa yang diterima oleh Yogyakarta?

UU Keistmewaan Yogyakarta adalah Undang-Undang Nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kewenangan istimewa meliputi tata cara pengisian jabatan, kedudukan, tugas, dan wewenang Gubernur dan Wakil Gubernur, kelembagaan Pemerintah Daerah DIY, kebudayaan, pertanahan, dan tata ruang.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Setiap Warga Negara Memiliki Hak Dan Kewajiban Dalam Hidup Bernegara?

Mengapa Yogyakarta dan Aceh dikatakan sebagai daerah istimewa jelaskan?

Yogyakarta dan Aceh adalah 2 Provinsi yang mempunyai gelar “ Daerah Istimewa ”. Yogyakarta memiliki Sultan yang sekaligus menjadi Raja dan Gubernur sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Jabatan tersebut akan langsung diperoleh tanpa harus melalui pemilihan kepala daerah, melainkan langsung ditetapkan.

Apa arti dari DKI Jakarta?

Daerah Khusus Ibukota Jakarta ( DKI Jakarta ) adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi.

Bagaimanakah sistem pemerintahan daerah?

Pemerintahan daerah adalah penyelenggaraan daerah otonom oleh pemerintah daerah dan DPRD menurut asas desentralisasi dan unsur penyelenggara pemerintah daerah adalah Gubernur, Bupati atau Walikota dan perangkat daerah. Gubernur mempunyai dua jabatan, yaitu sebagai pejabat pusat dan sebagai wakil dari orang daerah.

Apa yang anda ketahui tentang Pemerintah Daerah?

Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *