FAQ: Mengapa Keanekaragaman Hayati (flora Dan Fauna) Di Indonesia Tergolong Sangat Tinggi?

Mengapa keanekaragaman hayati flora dan fauna di Indonesia tergolong sangat tinggi jelaskan?

Karena Indonesia berada di lintasan garis khatulistiwa yg menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis sehingga lebih banyak keanekaragaman flora dan fauna yg bisa hidup dan berkembang.

Mengapa keanekaragaman hayati di daerah tropis sangat tinggi?

Salah satu penjelasan mengapa kawasan tropis memiliki keragaman hayati lebih tinggi karena mereka memiliki tanah yang subur untuk pembentukan spesies baru, atau terkenal dengan sebutan “cradle of diversity”.

Mengapa Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam?

karena indonesia mempunyai banyak dan berbagai jenis hutan yang di setiap daerahnya mempunyai suhu atau iklim yang berbeda-beda sehingga tumbuhan yang dapat hidup sangatlah beragam selain itu karena indonesia terdapat di wilayah garis khatulistiwa sehingga matahari sering menyinari indonesia.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Indonesia Merasa Perlu Melakukan Perdagangan Internasional?

Mengapa keanekaragaman hayati harus di jaga dan di lestarikan?

Keanekaragaman hayati harus dilestarikan agar tidak terjadi kelangkaan atau bahkan kepunahan. Untuk itulah manusia melakukan pelestarian secara insitu dan eksitu yang fungsinya agar makhluk hidup seperti tumbuhan hewan jumlahnya dapat bertambah dan jenisnya tetap lestari.

Mengapa keanekaragaman yang ada disekitar kita tidak boleh saling diunggulkan atau dibandingkan?

Karna setiap keanekaragaman pasti ada yang unggul dan tidak, apalagi kita hidup di Indonesia yang dimana setiap daerah memiliki kebudayaan tersendiri jadi untuk apa kita saling unggul-mengunggulkan ataupun banding2kan. Karna setiap daerah memiliki khasnya masing2.

Menurut Anda apakah faktor penyebab munculnya keragaman hayati di Indonesia?

Jawaban. Penyebab keanekaragaman hayati ada dua faktor, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi (fenotipe) organisme. Sebaliknya, faktor luar relatif labil pengaruhnya terhadap morfologi (fenotipe) organisme.

Mengapa di daerah tropis banyak terdapat bermacam macam jenis flora dan fauna?

Jawaban terverifikasi ahli. Flora – fauna di kawasan Tropis lebih beragam daripada jenis flora fauna di kawasan kutub karena daerah Tropis memiliki curah hujan tinggi, sinar matahari sepanjang tahun dan udara yang hangat, sehingga cocok untuk hidup dan berkembangnya tanaman dan hewan.

Mengapa di daerah tropis sangat kaya akan keanekaragaman flora dan fauna?

Jawaban. 1. FAUNA INDONESIAWilayah Indonesia memiliki kekayaan fauna yang sangat beragam. Keragaman fauna ini karena berbagai hal:Terletak di daerah tropis, sehingga mempunyai hutan hujan tropis (trophical rain forest) yang kaya akan tumbuhan dan hewan hutan tropis.

Mengapa tingkat heterogenitas flora di kawasan tropis paling tinggi dibanding kawasan lain jelaskan?

Jawaban: Tingkat heterogenitas flora di kawasan tropis paling inggi di bandingkan kawasan lain, karena kawasan tropis memiliki faktor – faktor yang dapat mendukung pertumbuhan flora. Faktor tersebut adalah: Dengan curah hujan yang tinggi berarti kawasan tropis dapat memberikan sumber air yang melimpah bagi tumbuhan.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Korupsi Bisa Terjadi?

Mengapa wilayah Indonesia beraneka ragam?

Jawaban pendek: Budaya Indonesia sangat beranekaragam karena ” Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan agama, serta lokasi Indonesia yang strategis membuat banyaknya budaya asing yang masuk dan mempengaruhi budaya Indonesia.”

Mengapa keanekaragaman hayati harus dilestarikan bagaimana usaha Anda sebagai warga masyarakat untuk ikut melestarikan keanekaragaman hayati?

Jawaban. Jawaban: Keanekaragaman hayati harus dilestarikan agar tidak terjadi kelangkaan atau bahkan kepunahan. Untuk itulah manusia melakukan pelestarian secara insitu dan eksitu yang fungsinya agar makhluk hidup seperti tumbuhan hewan jumlahnya dapat bertambah dan jenisnya tetap lestari.

Mengapa keanekaragaman gen dapat terjadi?

1. Keanekaragaman Tingkat Genetik. Keanekaragaman tingkat genetik terjadi karena adanya keanekaragaman susunan gen. Jadi, perangkat gen itulah yang menentukan ciri dan sifat yang dimiliki oleh suatu individu.

Mengapa sumber daya alam harus dijaga dan dilestarikan?

Sumber daya alam perlu dilestarikan supaya dapat medukung bagi kehidupan makhluk hidup, karena jika sumber daya alam rusak dan musnah kehidupan manusia bisa terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *