FAQ: Mengapa Penduduk Indonesia Sebarannya Tidak Merata?

Apa akibatnya bila persebaran penduduk di suatu daerah tidak merata?

Dampak persebaran yang tidak merata Luas areal pertanian menyempit sehingga produksi pangan menurun. Kelebihan jumlah tenaga kerja sehingga jumlah pengangguran meningkat. Kualitas penduduk semakin menurun karena fasilitas kehidupan tidak mampu memenuhi kebutuhan penduduk yang begitu banyak.

Apakah persebaran penduduk di Indonesia merata?

Persebaran penduduk Indonesia tidak merata karena: 1. Kondisi geografis: Pulau Jawa memiliki tanah yang subur untuk pertanian padi intensif, bila dibandingkan dengan pulau di Luar Jawa, akibat banyaknya gunung berapi. Sehingga, banyak yang datang ke Pulau Jawa untuk melanjutkan pendidikannya.

Bagaimana cara agar penduduk Indonesia lebih merata?

Bagaimana caranya agar persebaran penduduk diindonesia bisa merata

  1. Pemerataan pembangunan. Pemerataan pembangunan baik diwilayah Indonesia timur, tengah maupun barat akan mengurangi jumlah penduduk yang memilih untuk mengadu nasib ke pulau Jawa.
  2. Menciptakan lapangan kerja di daerah-daerah.
  3. Transmigrasi.
You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Pinggang Terasa Sakit?

Apa yang menyebabkan persebaran laju penduduk tidak merata?

Terdapat beberapa faktor penyebab persebaran penduduk yang tidak merata, di antaranya: Tingkat kesuburan tanah suatu wilayah yang ditempati banyak penduduk, karena dapat dijadikan sebagai lahan pertanian. Wilayah yang beriklim terlalu dingin atau panas biasanya tidak disenangi sebagai tempat tinggal.

Apa pentingnya program perpindahan penduduk bagi persebaran penduduk di Indonesia?

Perpindahan penduduk atau transmigrasi adalah salah satu program dari pemerintah untuk menyelesaikan masalah ketidakmerataan penduduk. Harapannya program ini bisa membuat penduduk yang ada di pulau jawa berpindah ke pulau yang belum padat jumlah penduduknya.

Mengapa sebaran penduduk Indonesia tidak merata dan bagaimana usaha pemerintah untuk melakukan persebaran penduduk agar merata?

Jawaban pendek: Upaya mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata adalah dengan meningkatkan pembangunan di daerah agar terjadi pemerataan pembangunan. Pulau lain yang lebih besar yaitu Sumatera, Kalimantan, Papua dan Sulawesi memiliki jumlah penduduk yang lebih sedikit dari pulau Jawa.

Bagaimana persebaran penduduk secara umum di Indonesia?

Penyebaran penduduk menurut pulau-pulau besar adalah: pulau Sumatra yang luasnya 25,2 persen dari luas seluruh wilayah Indonesia dihuni oleh 21,3 persen penduduk, Jawa yang luasnya 6,8 persen dihuni oleh 57,5 persen penduduk, Kalimantan yang luasnya 28,5 persen dihuni oleh 5,8 persen penduduk, Sulawesi yang luasnya 9,9

Bagaimana persebaran penduduk Indonesia saat ini jelaskan?

Di Indonesia sndiri Persebaran penduduk secara Umum tidak Merata. Pulau Jawa adalah salah satu pulau yg sangat padat, karena Jawa menjadi Pusat Perindustrian dan Lapangan kerja di Indonesia. Akibat dari tidak meratanya penduduk yaitu luas lahan pertanian di Jawa semakin sempit.

Sebagian besar penduduk masih terpusat di Pulau Jawa bagaimanakah caranya agar terjadi pemerataan penduduk?

Jawaban. Jawaban: Cara agar terjadi pemerataan penduduk adalah dengan meningkatkan pembangunan di daerah agar terjadi pemerataan pembangunan.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Koloid Dapat Menghamburkan Cahaya Sedangkan Larutan Tidak?

Program apa saja yang dilaksanakan pemerintah untuk mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata?

Jawaban:

  • Transmigrasi.
  • Meratakan Pembangunan.
  • Membangun Industri Kecil di Pedesaan.
  • Penyuluhan Kepada Masyarakat.
  • Menunda Usia Minimal Kawin.

Apa yang menyebabkan persebaran laju penduduk tidak merata brainly?

Simpulan: Sebaran penduduk Indonesia yang tidak merata dapat disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari kondisi wilayah, wabah penyakit, akses ke fasilitas umum dan sosial, biaya hidup, kebijakan pemerintah dll.

Faktor apa saja yang berpengaruh terhadap persebaran atau kepadatan penduduk?

3 Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Penduduk di Indonesia

  1. Faktor Fisiologis. Faktor ini merupakan dimana penduduk selalu memilih tempat tinggal berdasarkan hal yang bersifat fisiologis, seperti tempatnya yang strategis, subur, cukup air, dan sebagainya.
  2. Faktor Biologis.
  3. Faktor Kebudayaan dan Teknologi.

Mengapa persebaran penduduk Asia tidak merata?

Penduduk Asia tidak tersebar secara merata karena faktor geografis dan pembangunan. Faktor geografis adalah topografi dan iklim yang berbeda. Dalam hal topografi, luasnya daerah pegunungan di Asia menjadi salah satu alasan utama. Dampaknya, tidak banyak penduduk yang bermukim di wilayah pegunungan di daerah Tibet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *