FAQ: Mengapa Terjadi Konflik Sosial?

Mengapa konflik sosial bisa terjadi brainly?

Jawaban. Karena Ada nya perbedaan kepentingan pada masyarakat Yg tidak disertai toleransi sosial. Serta adanya berbagai perbedaan sosial seperti ras, suku, agama, gender, bahasa, Dsb. Sehingga memicu munculnya konflik sosial.

Apa saja penyebab konflik?

Faktor Penyebab Konflik

  • Perbedaan antara individu-individu. Perbedaan pendirian dan perasaan mungkin akan melahirkan bentrokan antara mereka, terutama perbedaan pendirian dan perasasaan.
  • Perbedaan kebudayaan.
  • Perbedaan kepentingan.
  • Perubahan sosial.

Mengapa terjadi konflik budaya?

FAKTOR PENYEBAB TERJADI NYA KONFLIK 1. konflik muncul karena ada benturan budaya, Benturan budaya antar etnik terjadi karena adanya kategori atau identitas sosial yang berbeda. Ketersediaan sumber daya ekonomi di suatu wilayah menjadi indikator penting bagi kemungkinan terjadinya konflik.

Apa yang menyebabkan konflik di Indonesia?

konflik sosial sering terjadi karena adanya perbedaan pandangan/paham pada diri kelompok sosial maupun individual. mengapa sering terjadi di indonesia? karena faktor yang terjadi atas perbedaan paham lah yang menyebabkan seringnya terjadi konflik di indonesia.

Mengapa konflik sosial dapat terjadi di lingkungan masyarakat?

Perbedaan kebiasaan, nilai dan norma sosial yang dianut oleh masing-masing orang atau kelompok dapat menjadi pemicu konflik jika seluruh pihak tidak mencoba mengerti nilai dan norma satu sama lain. Tingkat kebutuhan hidup yang berbeda-beda seringkali menyebabkan adanya perbedaan kepentingan antar individu dan kelompok.

You might be interested:  Mengapa Guru Harus Memiliki 4 Kompetensi?

Bilamana suatu konflik dapat terjadi?

Jawaban terverifikasi ahli. Analisis menurut pendapat Charles Watkins adalah bahwa sebuah konflik akan mampu untuk dapat terjadi apabila sekurang-kurangnya akan terdapat dua orang pihak yang dimana kemudian secara potensial dan juga praktis dan juga operasional yang diman kemudian saling menghambat.

Jelaskan apa latar belakang penyebab terjadinya konflik?

Secara Kelompok, Konflik bisa terjadi karena: 1) dominasi suatu kelompok terhadap kelompok lain. 2) persaingan dalam mendapatkan mata pencaharian hidup antara kelompok yang berlainan suku bangsa. 3) pemaksaan unsur-unsur kebudayaan dari warga sebuah suku terhadap warga suku bangsa lain.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan konflik dan sebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya konflik?

Konflik merupakan suatu peristiwa atau fenomena sosial di mana terjadi pertentangan atau pertikaian baik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, maupun kelompok dengan pemerintah yang bersifat merugikan orang.

Apa yang dimaksud dengan konflik budaya?

Pengertian konflik kebudayaan adalah adanya pertentangan antara kebudayaan satu dengan kebudayaan lainnya yang dapat menimbulkan suatu permasalahan atau konflik. Konflik yang terjadi di lingkungan masyarakat dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Adanya kebudayaan dari luar yang masuk ke dalam suatu negara.

Apa itu konflik antar budaya?

Berdasarkan asal kata konflik di atas, dalam konteks antarbudaya: konflik didefinisikan sebagai ketidakcocokan antara nilai, ekspektasi, proses-proses atau hasilnya, baik yang dipersepsikan maupun aktual, antara dua atau lebih pihak yang berbeda kebudayaannya mengenai masalah-masalah substantif maupun relasional.

Bagaimana sebuah konflik ekonomi dapat terjadi?

Konflik ekonomi merupakan konflik yang terjadi karena adanya perebutan sumber daya demi kepentingan ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *