FAQ: Mengapa Unsur Gas Mulia Bersifat Stabil?

Mengapa unsur gas mulia bersifat stabil brainly?

Jawaban terverifikasi ahli unsur gas mulia bersifat stabil karena elektron valensinya sudah penuh yaitu delapan (oktet) kecuali He yaitu dua (duplet).

Mengapa unsur unsur gas mulia bersifat stabil?

Gas mulia adalah unsur – unsur golongan VIIIA (18) dalam tabel periodik. Disebut mulia karena unsur – unsur ini sangat stabil (sangat sukar bereaksi). Menurut Lewis, kestabilan gas mulia tersebut disebabkan konfigurasi elektronnya yang terisi penuh, yaitu konfigurasi oktet (duplet untuk Helium).

Mengapa unsur unsur golongan Viiia gas mulia bersifat tidak stabil?

Jawaban. karena unsur unsur gas mulia memiliki lewis sebanyak 8 buah maka dapat mengelilingi semua bagian unsur dengan pasangan masing-masing, sedangkan unsur – unsur lain lewisnya ada yang tidak berpasangan sehingga tidak bisa di sebut unsur yang setabil.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Harus Belajar Bahasa Inggris?

Mengapa konfigurasi elektron gas mulia sudah dikatakan penuh?

Jawaban: karena gas mulia memenuhi aturan duplet (He) dan oktet (Ne, Ar, Kr, Xe, Rn). sehingga gas mulia bersifat stabil dan sulit untuk berikatan dengan unsur atauatom lain.

Golongan apakah yang disebut sebagai golongan yang paling stabil Mengapa dikatakan demikian?

Pada tahun 1916, ilmuan bernama Lewis dan Langmuir menyatakan bahwa unsur gas mulia sukar untuk bereaksi dengan unsur yang lainnya ataupun dengan unsur sejenisnya, hal ini karena elektron valensinya sudah penuh. Sehingga unsur yang paling stabil adalah unsur gas mulia ( golongan VIIIA).

Siapa sajakah yang disebut unsur stabil?

Unsur stabil adalah unsur yang inti atomnya tidak mengalami peluruhan menjadi unsur lain yang menyebabkan usnur tersebut mengeluarkan radiasi. Contoh unsur stabil adalah atom karbon-12 dengan jumlah proton 6 dan neutron 6. Pembahasan: Setiap unsur memiliki atom dengan inti atom.

Mengapa gas mulia memiliki titik didih yang sangat rendah?

Gas mulia berada di alam sebagai molekul monoatomik dan pada ikatan antar atomnya hanya terdapat gaya London yang sangat lemah. Sehingga gas mulia dapat dilemahkan oleh suhu yang sangat rendah. Itulah kenapa titik didih gas mulia sangat rendah.

Sebutkan apa saja sifat sifat gas mulia?

Sifat Fisika Gas Mulia

  • Gaya Interatomik yang lemah.
  • Titik leleh dan titik didih yang tinggi.
  • Helium yang bersifat superfluiditas.
  • Radon yang tidak memiliki isotop stabil.
  • Berjari-jari atom yang meningkat ke periode yang lebih tinggi saat meningkatnya jumlah pada elektron.
  • Energi ionisasi yang besar.

AR itu berapa?

Argon adalah unsur kimia dengan simbol Ar dan nomor atom 18. Ia berada pada golongan 18 tabel periodik dan merupakan gas mulia.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Bayi Sering Bab?

Mengapa unsur-unsur selain gas mulia umumnya bersifat lebih reaktif?

Oleh karena konfigurasi elektron yang stabil, unsur – unsur gas mulia cenderung tidak reaktif (sangat sulit bereaksi). Hal ini didukung oleh fakta bahwa di alam gas mulia selalu ditemukan dalam bentuk monoatomik (atom tunggal). Unsur He dan Ne ditemukan tidak mengalami reaksi kimia dan membentuk senyawa.

Mengapa unsur-unsur gas mulia bersifat tidak reaktif?

Gas mulia golongan VIIIA tidak reaktif karena konfigurasi elektron gas mulia sudah stabil sehingga gas mulia sulit untuk melepaskan elektron maupun menangkap elektron. Helium memiliki 2 elektron valensi sesuai aturan duplet sedangan unsur gas mulia yang lain mengikuti aturan oktet (8 elektron).

Mengapa unsur-unsur gas mulia tidak memiliki elektronegativitas?

Jawaban. Karna Unsur tersebut cenderung energinya sudah stabil maka tidak memiliki keelektronegatifan.

Berapakah elektron valensi dari unsur gas mulia?

Gas mulia dalam sistem periodik menempati golongan VIIIA yang terdiri dari unsur Helium (He), Neon (Ne), Argon (Ar), Kripton (Kr), Xenon (Xe), dan Radon (Rn). Gas mulia mempunyai elektron valensi 8 (oktet), kecuali Helium mempunyai elektron valensi 2 (duplet).

Bagaimanakah dengan unsur yang elektron valensinya 4 Untuk mencapai kestabilan apakah melepas atau menangkap elektron?

Cara ini biasa dilakukan oleh unsur – unsur non logam yang mempunyai elektron valensi lebih dari 4. Unsur yang menerima elektron membentuk ion negatif (-). Jumlah elektron valensi adalah 6, maka untuk mencapai kestabilan seperti unsur gas mulia, unsur O harus menerima ( menangkap ) 2 elektron membentuk ion O2-.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan elektron valensi?

Elektron valensi merupakan elektron yang berada pada kelopak terluar, yang terhubung dengan suatu atom. Elektron valensi juga dapat berpartisipasi dalam pembentukan ikatan kimia jika kelopak terluar belum penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *