FAQ: Sebutkan Alasan Mengapa Islam Berkembang Pesat Di Indonesia?

Mengapa agama Islam berkembang pesat di Indonesia?

Islam dapat berkembang di Indonesia dengan cepat dikarenakan dalam penyebarannya agama Islam menggunakan cara-cara yang damai, kreatif, unik, menarik, dan sederhana. Ajaran hari-hari besar dan upacara-upacara dalam Islam dilakukan dengan sederhana, tidak memerlukan persyaratan yang rumit dan biaya yang mahal.

Mengapa agama Islam mudah diterima dan dapat berkembang pesat di Indonesia Sebutkan 5 alasannya?

Syarat memeluk islam sangat mudah, cukup dengan mengucapkan kalimat syahadat. Tata cara peribadahan Islam sederhana. Islam tidak mengenal pelapisan sosial. Agama islam yang menyebar di Indonesia disesuaikan dengan adat dan tradisi bangsa Indonesia.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Kita Harus Menjaga Kebersihan Lingkungan?

Mengapa Islam diterima dengan baik oleh bangsa Indonesia dan berkembang sangat pesat di Indonesia?

Karena penyebaran Islam lebih meluas dan banyak diterima oleh masyarakat Indonesia. Cara seperti itu membuat masyarakat lebih mudah menerima ajaran Islam yang pada waktu masih menganut agama Hindu dan Buddha.

Mengapa agama Islam berkembang pesat di Asia Afrika?

Islam telah mulai dikenal di Afrika pada awal masa berkembangnya, yaitu pada peristiwa hijrah pertama ke Habsyah (Abisinia). Jumlah penganut Islam diperkirakan masih terus berkembang dengan pesat di Afrika, baik karena aktivitas dakwah maupun pertumbuhan penduduk yang tinggi di komunitas mereka.

Kenapa Islam dapat berkembang dengan pesat di tanah jawa?

Jawaban: perkembangan Islam di Jawa, relatif cepat seiring dengan mulai mundurnya kejayaan kerajaan Majapahit yang pada saat itu merupakan kerajaan terbesar di Pulau Jawa.

Mengapa agama Islam jauh lebih pesat perkembangannya dibanding dengan agama hindu budha di indonesia?

Penyebaran ajaran Islam ini termasuk perkembangan yang sangat pesat, dan hal ini disebabkan oleh beberapa hal berikut ini. Tidak seperti agama Hindu dan Buddha yang hanya bisa ditekuni oleh kasta yang tinggi, dalam agama Islam tidak dikenal sistem kasta yang membatasi gerak masyarakat untuk menjadi umat Islam.

Mengapa agama Islam mudah diterima dan mudah berkembang di Indonesia Sebutkan 4 alasannya?

Faktor-faktor yang menyebabkan agama islam mudah diterima di Indonesia adalah: Penyebaran agama dengan konsep akulturasi, damai dan tanpa kekerasan. Politik kedekatan dengan kekuasaan. Islam tidak kenal strata, kasta atau pelapisan sosial.

Mengapa agama Islam mudah diterima oleh masyarakat Indonesia Sebutkan 4?

1)Syarat memeluk islam sangat mudah, cukup dengan mengucapkan kalimat syahadat. 2)Tata cara peribadahan Islam sederhana. 3) Islam tidak mengenal pelapisan sosial. 4 ) Agama islam yang menyebar di Indonesia disesuaikan dengan adat dan tradisi bangsa Indonesia.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Kita Harus Membuang Sampah Pada Tempatnya?

Soal 1 * Sebutkan apa alasan yg mendasari ajaran Islam mudah diterima masyarakat Indonesia *?

  • syarat syarat masuk islam sangat mudah.
  • upacara upacara dalam islam sangat sederhana.
  • islam tidak mengenal kasta, semua orang di nilai sama kedudukannya.
  • penyebaran islam di sesuaikan kondisi sosial budaya masyarakat.
  • jatuhnyanya sri wijaya dan majapahit mempelancar penyebaran islam.

Mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat di Indonesia brainly?

Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat di Indonesia karena penyebaran agama Islam yang menyesuaikan dengan keadaan Indonesia saat itu yang telah menganut agama Hindu-Buddha.

Kenapa Indonesia disebut negara Islam terbesar di dunia?

Inibaru.id – Meski lokasinya jauh dari negara – negara Arab yang mayoritas beragama Islam, Indonesia justru dikenal sebagai negara muslim terbesar di dunia. Hal ini disebabkan oleh jumlah orang yang memeluk agama Islam di Indonesia sangatlah banyak. Diperkirakan, 229 juta orang Indonesia adalah penganut agama Islam.

Mengapa masyarakat pesisir lebih mudah menerima ajaran Islam?

Jawaban. Karena, agama Islam utamanya disebarkan lewat perdagangan yang waktu dulu pedagang dari Timur Tengah berdagang ke negeri lain menggunakan alat transportasi berupa kapal. Sehingga mereka akan sampai di pesisir negeri lain terlebih dahulu.

Pada masa Khalifah siapakah agama Islam masuk ke Afrika?

2. Islam masuk ke Afrika • Agama Islam masuk ke daratan Afrika pada masa Khalifah Umar bin Khattab, waktu Amru bin Ash memohon kepada Khalifah untuk memperluas penyebaran Islam ke Mesir lantaran dia melihat bahwa rakyat Mesir telah lama menderita akibat ditindas oleh penguasa Romawi dibawah Raja Muqauqis.

Kapan Islam pertama kali datang ke Asia Tenggara?

Banyak sejarawan berpendapat, Islam masuk ke Asia Tenggara melalui suatu proses damai. Proses islamisasi nisbi berlangsung selama berabad-abad dan berjalan gradual. Sebagai fenomena sosial, agama Islam pertama kali muncul di Jazirah Arab pada abad ke-7 Masehi.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Kita Harus Menjaga Kelestarian Tanaman Bakau?

Apakah manfaat yang dapat diambil oleh umat Islam setelah mempelajari perkembangan islam pada abad modern?

Hikmah mempelajari perkembangan Islam pada masa modern adalah: Menjaga nilai-nilai akidah dan tauhid. Mendorong semangat dalam meningkatkan kualitas diri. Menjaga kemurnian ajaran agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *