Jawaban Cepat: Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu Yang Handal?

Mengapa indra peraba bukan?

Ditanyakan: Mengapa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu dengan tepat? Penjelasan: Alasan indra peraba manusia tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu dengan tepat adalah karena indra peraba tidak bisa menentukan suhu dengan tepat dan tidak bisa menyentuh benda yang terlalu panas atau dingin.

Apakah menurutmu indra perasa manusia merupakan alat ukur suhu yang baik mengapa demikian?

Pembahasan: Indra peraba manusia di kulit, seperti di kulit tangan dapat merasakan suhu hangat atau dingin. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu, atau tingkat panas dan dingin. Termometer diperlukan karena indera peraba manusia tidak baik dan tidak cocok dalam mengukur suhu.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Bayi Lahir Menangis?

Apakah indra perasa dapat diandalkan untuk mengukur suhu pada suatu benda jelaskan?

Jawaban. tidak. karena indera peraba setiap orang berbeda beda. sehingga jika menggunakan indera peraba untuk mengukur suhu tidak diperoleh hasil yang bersifat kuantitatif, namun hanya diperoleh hasil kualitatif seperti dapat dikatakan panas atau dingin saja tanpa nilai suhu secara pasti.

Mengapa kita membutuhkan termometer untuk mengukur suhu suatu benda bukankah menggunakan indra perasa saja sudah cukup?

Jawaban. karena termometer merupakan alat pengukur suhu yang baik, dan hasil ukurnya lebih efektif dibandingkan dengan indra perasa.

Mengapa panca indra tidak digunakan sebagai?

karena indra peraba tidak bisa menentukan suhu dengan tepat dan tidak bisa menyentuh benda panas atau dingin.

Apakah indra perasaan bisa dijadikan alat ukur mengapa?

Jawaban. Tidak dapat karena indera perasaan hanya bisa mengira saja tidak dapat menghitung dengan pasti

Apakah Indra merupakan pengukur panas atau dingin yang handal jelaskan?

Karena indera perasa hanya bisa merasakan suhu tapi tidak bisa menyatakannya secara kuantitatif/tidak dapat menyatakannya dengan angka yang akurat. indra perasa bisa merasakan suhu contohnya panas, dingin, sedang tapi tidak bisa menyatakan dendan angka yang akurat.

Apakah alat indera kulit dapat dijadikan sebagai alat ukur?

selain alat alat yg digunakan untuk mengukur, alat indra bisa juga dijadikan alat ukur, contohnya: 1. kulit: kulit dapat merasakan keadaan suhu dingin ataupun panas. Dan alat yg biasa digunakan dalam mengukur suhu adalah termometer.

Bagaimana prinsip kerja dari termometer?

Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Prinsip kerja termometer buatan Galileo didasaran pada perubahan volume gas di dalam labu. Prinsip kerja termometer biasanya menggunakan sifat pemuaian zat cair. Jadi, pemuaian adalah bertambahnya volume suatu zat akibat bertambahnya suhu zat.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Amerika Disebut Negara Adidaya?

Apakah indra peraba yg kita miliki dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda?

Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda.

Mengapa tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda?

Jawaban. karena tangan tidak dapat digunakan alat pengukur suhu karena permukaan kulit yang tipis sehingga tdk dapat menahan besar suhu yang datang, baik dalam keadaan dingin atau panas.

Indra apa saja yang bisa digunakan untuk menentukan suhu?

Kita dapat mengetahui suhu suatu benda dengan menggunakan alat yang kita sebut termometer, atau bisa juga kita rasakan dengan indra peraba kita. Indra peraba, yaitu kulit dapat mendeteksi adanya tekanan, panas atau dingin, ataupun rasa sakit.

Mengapa kita memerlukan termometer untuk mengukur suhu suatu benda?

Jawaban. karena termometer berfungsi untuk mengukur suhu (temperatur) suatu zat.

Apakah keuntungan dari termometer yang menggunakan air raksa dan alkohol?

1.kelebihan raksa; – air raksa mudah dilihat krna mengkilat. kekurangan raksa; -sukar diperoleh sehingga air raksa harganya cukup mahal. kelebihan alkohol. -harganya murah dan mudah mendapatkannya dipasaran.

Mengapa tangan kita tidak dapat dijadikan sebagai alat pengukur suhu yang baik?

Tangan tdk dapat digunakan alat pengukur suhu karena permukaan kulit yang tipis sehingga tdk dapat menahan besar suhu yang datang, baik dalam keadaan dingin atau panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *