Jawaban Cepat: Mengapa Jika Lilin Dibakar Akan Terjadi Perubahan Fisis Dan Kimia?

Pada pembakaran lilin terjadi perubahan apa?

Lilin yang terbakar menghasilkan nyala api dan asap hitam (karbon). Hal ini menunjukkan adanya reaksi kimia yang terjadi. Di sisi lain, pada saat pembakaran lilin terjadi pula perubahan fisika yaitu lilin yang tadinya berbentuk padat meleleh menjadi cair.

Apa yang terjadi pada lilin yang dibakar?

Jawaban. Jawaban: Jika lilin dibakar akan terjadi perubahan fisika ketika panas pembakaran membuat lilin meleleh dan berubah dari bentuk padat ke cair. Perubahan yang terjadi di alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia.

Mengapa ketika lilin yang meleleh dikategorikan sebagai perubahan fisika?

Dikatakan perubahan fisika, karena wujud lilin yang dibakar dari padat menjadi cair, lalu kemudian menjadi padat kembali.

Sebuah lilin dinyalakan di ujung sumbunya Jelaskan perubahan apa saja yang terdapat dalam peristiwa ini?

Jawaban terverifikasi ahli. Perubahan yang terjadi yaitu lilin yang berupa benda padat bila dipanaskan akan berubah menjadi benda cair. Kemudian, hasil lelehan yang berupa benda yang cair ini akan segera memadat kembali setelah suhunya kembali dingin. Mencair: peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair.

You might be interested:  Mengapa Benua Australia Dikatakan Unik Dilihat Dari Segi Luasnya?

Sebuah lilin dan sumbunya kita nyalakan terangkan jenis proses apa yang terjadi pada pembakaran lilin?

Jawaban terverifikasi ahli Lilin pertama-tama dalam keadaan padat. Jika sumbunya dinyalakan, maka lilin akan terbakar dan mencair. Proses dari suatu keadaan padat menjadi cair disebut MENCAIR.

Dapatkah sumbu lilin kembali ke keadaan semula?

Saat sumbu lilin dibakar, sumbu akan menyala dan saat suhu sudah mulai naik mendekati titik leleh paraffin, maka paraffin akan mulai meleleh. Ketika suhu cairan lilin mulai menurun, maka lelehan lilin akan mulai mengeras kembali.

Apakah zat lilin setelah dibakar sama dengan zat lilin sebelum dibakar perubahan apa yang terjadi jelaskan?

Jawaban terverifikasi ahli. Bentuk lilin sebelum dibakar adalah padat. Bentuk lilin sesudah dibakar adalah berupa uap (gas). Perubahan bentuk terjadi akibat perubahan kimia ketika lilin dibakar yang menyebabkan bahan lilin bereaksi dengan gas oksigen di udara dan menghasilkan gas karbon dioksida.

Apa yang terjadi pada batang korek api saat dibakar?

Batang korek api yang terbakar berubah menjadi arang tidak dapat dikembalikan kembali menjadi bentuk semula sehingga menghasilkan zat baru (materi baru) yaitu arang.

Apakah lilin berubah menjadi zat baru?

10. Tubuh lilin yang meleleh Meskipun meleleh, sifat-sifat zat yang ada di tubuh lilin tidak berubah, hanya bentuknya saja yang berubah. Oleh karena itu, perubahan yang terjadi pada tubuh lilin saat dinyalakan adalah perubahan fisika.

Apa tanda tanda yang muncul ketika suatu benda mengalami perubahan kimia?

Perubahan kimia adalah perubahan zat yang terkandung dalam suatu materi yang menghasilkan perubahan sifat. Perubahan kimia biasanya ditandai dengan adanya perubahan warna dan keluar aroma tertentu. Namun, massa zat tetap. Berikut adalah contoh perubahan kimia.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Dada Terasa Panas?

Suatu lilin yang dinyalakan akan mengalami perubahan apakah perubahan yang terjadi pada lilin tersebut?

Pada pembakaran lilin, ada lilin yang terbakar dan ada lilin yang meleleh. Lilin yang meleleh termasuk perubahan fisika karena tidak menghasilkan zat baru. Adapun pada lilin yang terbakar, lilin tersebut berubah menjadi asap dan gas yang tidak terlihat oleh mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *