Jawaban Cepat: Mengapa Keanekaragaman Makhluk Hidup Dapat Meningkatkan Daya Dukung Lingkungan?

Apa yang menyebabkan terjadinya variasi genetik?

1. Keanekaragaman Tingkat Genetik. Keanekaragaman tingkat genetik terjadi karena adanya keanekaragaman susunan gen. Jadi, perangkat gen itulah yang menentukan ciri dan sifat yang dimiliki oleh suatu individu.

Apa saja dampaknya jika tidak melestarikan keanekaragaman makhluk hidup?

Terjadinya banjir yang berhari hari tidak surut. Adanya virus yang dapat membuat sakit. Tumbuhan mengalami kepunahan yang jumlah yang banyak. Hewan mengalami kepunahan yang jumlah yang banyak.

Apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati?

KOMPAS.com – Keanekaragam hayati adalah keanekaragaman organisme yang menunjukan keseluruhan atau totalitas variasi. Keanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup.

Apa Penyebab adanya keanekaragaman hayati?

Ada dua faktor penyebab keanekaragaman hayati, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme. Dengan demikian keanekaragaman hayati mencakup keragaman ekosistem (habitat), jenis (spesies), dan genetik (varietas/ras) (Dahuri, 2003).

Apakah yg menyebabkan terjadinya keanekaragaman gen?

Secara umum keanekaragaman genetik dari suatu populasi dapat terjadi karena adanya mutasi, rekombinasi, atau migrasi gen dari satu tempat ke tempat lain. Keanekaragaman genetik juga dipengaruhi oleh perkawinan antara jantan dan betina.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Perempuan Bisa Hamil?

Jelaskan apa akibat jika tidak melestarikan tumbuhan?

Ketika lingkungan tidak dijaga dengan baik, maka kerusakan lingkungan otomatis akan terjadi. Lingkungan yang tidak dijaga dengan baik juga akan menyebabkan banyak tumbuhan yang akan mengalami kepunahan.

Apa akibatnya jika kamu tidak dapat melestarikan keberadaan tumbuhan dan hewan tersebut?

jika pada suatu daerah dengan jumlah flora dan fauna semakin berkurang maka dapat dikatakan nature scarcity (kelangkaan alam/flora dan fauna) pada daerah tersebut. jadi jika kita tidak dapat melestarikanya maka jumlah flora dan fauna semakin sedikit dan terjadi KELANGKAAN.

Bagaimanakah upaya yang harus dilakukan untuk melestarikan makhluk hidup?

  1. melindungi tempat hidupnya.
  2. 2.mengembangbiakkan.
  3. melarang kepemilikkan satwa yang dilindungi.
  4. jaga lingkungan alam karena merupakan tempat tinggal makhluk hidup.
  5. hentikan perburuan hewan liar agar dapat berkembang biak.
  6. memberikan tempat perlindungan satwa liar yg sangat langka ataupun yg.

Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati brainly?

Keanekaragaman hayati adalah tingkat variasi bentuk kehidupan dalam, mengingat ekosistem bioma spesies,, atau seluruh planet. bisa juga Keanekaragaman hayati adalah ukuran dari kesehatan ekosistem. Keanekaragaman hayati adalah sebagian fungsi dari iklim.

Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati jelaskan dan berikan contohnya?

Dengan demikian, secara sederhana, keragaman hayati merujuk kepada berbagai jenis kehidupan biologis di bumi. Jumlah spesies tumbuhan, satwa liar, hewan, mikro organisme, keragaman genetik dalam suatu spesies. Termasuk juga keragaman ekosistem di bumi seperti padang pasir, hutan hujan, terumbu karang.

Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati dan berikan contohnya?

Keanekaragaman hayati merupakan pernyataan mengenai berbagai macam (variasi) bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang terdapat pada berbagai tingkatan makhluk hidup. Variasi tersebut dapat dilihat dari adanya perbedaan bentuk, ukuran, struktur, warna, fungsi organ, jumlah, dan habitat suatu organisme.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Sistem Ekonomi Setiap Negara Berbeda?

Apa faktor penyebab keanekaragaman hayati di Indonesia?

Jawaban: Secara geografis, letak Indonesia dilewati oleh garis zamrud khatulistiwa dan memiliki iklim tropis. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Pohon-pohon yang sudah tinggi dan besar tumbuh di hutan menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati.

Apa yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman kebudayaan di Indonesia?

Keragaman budaya di Indonesia ada karena faktor geografis sebagai negara kepulauan. Keragaman terjadi juga karena letak Indonesia di jalur pelayaran perdagangan dunia, sehingga interaksi dengan budaya bangsa lain menjad erat. Indonesia terdiri dari kurang lebih 656 suku bangsa dengan bahasa lokal 300 macam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *