Jawaban Cepat: Mengapa Larutan Elektrolit Dapat Menghantarkan Listrik?

Apa yang menyebabkan larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik?

Cara suatu larutan elektrolit menghantarkan arus listrik adalah karena adanya ion – ion nya dapat bergerak bebas. Bila rangkaian uji elektrolit dihubungkan arus listrik, kation bergerak menuju katode dan anion bergerak menuju anode sehingga arus listrik dapat mengalir. Ketika anion menuju anode dan melepaskan elektron.

Mengapa larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik brainly?

Jawaban terverifikasi ahli Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena mengandung ion-ion yang bergerak bebas. Arus listrik dihasilkan oleh aliran muatan listrik. Arus listrik pada larutan dapat terjadi karena gerakan ion-ion. Adapun ion-ion tersebut merupakan partikel positif dan partikel negatif.

You might be interested:  Mengapa Eksplorasi Pola Lantai Tari Berpasangan Berbeda Dengan Tari Kelompok?

Mengapa larutan elektrolit kuat dapat dikatakan sebagai penghantar listrik yang baik?

Larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik karena zat elektrolit dalam larutannya terurai menjadi ion-ion bermuatan listrik dan ion-ion tersebut selalu bergerak bebas.

Mengapa larutan non elektrolit tidak dapat menghantarkan arus listrik?

Larutan non – elektrolit adalah larutan yang tidak bisa memproduksi ion-ion saat dilarutkan kedalam air. Karena tidak memiliki ion-ion, larutan nonelektrolit tidak dapat menghantarkan arus listrik.

Apa yang menyebabkan suatu larutan dapat menghantarkan listrik Mas Dayat?

Pembahasan: Yang menyebabkan suatu larutan dapat menghantarkan listrik yaitu adanya ion-ion yang berasal dari senyawa elektrolit yang terurai dalam larutan. Semakin banyak senywa yang terurai menjadi ion, maka semakin kuat daya hantar listriknya.

Mengapa ion dalam larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik?

Karena ion2 yg terdapat dalam larutan elektrolit dapat bergerak secara bebas sehingga dapat menghantarkan arus listrik.

Apa alasan larutan elektrolit kuat dapat menghantarkan arus listrik jelaskan beserta lima contoh?

Jawaban. Karena larutan elektrolit kuat terdiri atas zat yang terionisasi sempurna. Ketika zat tersebut dilarutkan ke dalam air, maka akan terbentuk kation dan anion. Kation dan anion inilah yang berperan dalam menghantarkan arus listrik.

Apa yang dimaksud dengan larutan elektrolit kuat Jelaskan dan tuliskan 3 contohnya?

Larutan elektrolit kuat adalah elektrolit yang dapat terionisasi sempurna atau hampir sempurna menjadi ion-ion dalam pelarutnya dan umumnya menghasilkan larutan dengan daya hantar listrik yang baik. Ciri hasil uji percobaan daya hantar listrik larutan elektrolit kuat adalah nyala lampu terang dan banyak gelembung gas.

Apa yang dimaksud dengan larutan elektrolit?

Larutan elektrolit merupakan larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Hantaran listrik dapat terjadi karena adanya ion positif dan ion negatif yang bergerak. Semakin banyak ion yang dihasilkan, maka semakin kuat pula sifat daya hantar listrik larutan tersebut.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Lembaga Sosial Memiliki Peran Penting Dalam Masyarakat?

Jenis senyawa terlarut apakah yang dapat menghantarkan listrik dalam larutannya?

Jenis senyawa terlarut yang dapat menghantarkan listrik dalam larutannya adalah larutan elektrolit. Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena dapat terionisasi menjadi ion-ion penyusunnya yang dapat bergerak bebas.

Apakah CaO dapat menghantarkan arus listrik?

Berikut ini adalah identifikasi sifat konduktivitas beberapa senyawa dalam air: Batu kapur ( CaO ): bersifat elektrolit karena dapat terionisasi menjadi Ca2+ dan O2-, CaO adalah garam dari basa kuat. Garam beriodium (NaCl): bersifat elektrolit karena dapat terionisasi dalam air.

Mengapa larutan HCl dapat menghantarkan listrik sedangkan cairan atau leburan HCl tidak dapat menghantarkan listrik?

Jawaban. karena dalam HCl tidak terdapat ion shg tidak bisa menghantar listrik. HCl merupakan senyawa kovalen polar. shg ion2 tersebut bisa bergerak bebas dan menghantarkan listrik.

Kenapa urea tidak dapat menghantarkan listrik?

Larutan Urea (CO(NH2)2) Larutan urea tidak dapat menghantarkan arus listrik karena larutan ini termasuk larutan nonelektroit. Pada saat larutan ini dicelupkan batang elektroda yang sudah dililitkan dengan kabel dan bolam ternyata larutan ini tidak memberikan reaksi dan tidak muncul gelembung elektroda.

Larutan apa saja yang dapat menghantarkan listrik dan tidak dapat menghantarkan listrik?

Dilihat dari daya hantarnya, larutan dibagi jadi 2 macam, larutan elektrolit dan nonelektrolit. Larutan elektrolit itu larutan yang pelarutnya air dan bisa menghantarkan arus listrik, contohnya air laut tadi. Sedangkan larutan nonelektrolit itu larutan yang tidak bisa menghantarkan arus listrik.

Gejala apa yang menunjukkan suatu larutan tidak dapat menghantarkan listrik?

Larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Ciri-ciri larutan nonelektrolit adalah tidak menimbulkan nyala lampu dan juga tidak menimbulkan gelembung gas pada elektroda alat uji daya hantar listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *