Mengapa Islam Mudah Berkembang Di Indonesia?

Mengapa Islam mudah diterima dan cepat meluas di Indonesia?

1. karena kondisi saat islam masuk ke indonesia adalah pada masa akhir kerajaan majapahit. 2. karena islam tidak menerapkan kasta. 3. karena kehebatan penyebar agama islam seperti wali songo yang mahir memasukkan nilai-nilai islam dalam budaya asli. 4. takluknya kerajaan majapahit oleh islam.

Apa yang menyebabkan Islam dapat diterima di Indonesia?

Faktor-faktor yang menyebabkan agama islam mudah diterima di Indonesia adalah: Penyebaran agama dengan konsep akulturasi, damai dan tanpa kekerasan. Politik kedekatan dengan kekuasaan. Islam tidak kenal strata, kasta atau pelapisan sosial.

Mengapa agama Islam mudah diterima dan mudah berkembang di Indonesia Sebutkan 4 saja?

Faktor-faktor yang menyebabkan agama islam mudah diterima di Indonesia adalah: Penyebaran agama dengan konsep akulturasi, damai dan tanpa kekerasan. Politik kedekatan dengan kekuasaan. Islam tidak kenal strata, kasta atau pelapisan sosial.

Daerah manakah yang menjadi pintu masuk islam ke indonesia?

Medan (ANTARA News) – Aceh merupakan daerah pertama yang menerima kedatangan Islam di Indonesia, tepatnya di Pasai, kata dosen ilmu sejarah Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara, Suprayitno.

You might be interested:  Mengapa Persebaran Penduduk Tidak Merata?

Mengapa agama Islam mudah diterima dan mudah berkembang?

Alasan mengapa agama islam adalah mudah diterima penduduk Indonesia (nusantara) adalah sebagai berikut: Islam masuk ke nusantara dengan jalan damai. Syarat masuk islam mudah, dengan kalimat syahadat. Islam tidak mengenal adanya strata atau pelapisan sosial.

Mengapa agama Islam mudah diterima dan dapat berkembang pesat di Indonesia Sebutkan 5 alasannya?

Syarat memeluk islam sangat mudah, cukup dengan mengucapkan kalimat syahadat. Tata cara peribadahan Islam sederhana. Islam tidak mengenal pelapisan sosial. Agama islam yang menyebar di Indonesia disesuaikan dengan adat dan tradisi bangsa Indonesia.

Mengapa agama Islam cepat berkembang dengan pesat di Asia Tenggara brainly?

Jawaban: Islam dapat berkembang di Indonesia dengan cepat dikarenakan dalam penyebarannya agama Islam menggunakan cara-cara yang damai, kreatif, unik, menarik, dan sederhana.

Dimana pertama kali Islam masuk ke Indonesia?

Menurut sarjana barat, Islam pertama kali masuk ke Kepulauan Indonesia sekitar abad 13 Masehi atau 7 Hijriah dan berasal dari Gujarat. Gujarat terletak di India bagian barat dekat dengan laut arab. Letak ini sangat strategis karena ada di antara jalur dagang barat dan timur.

Dimana pertama kali Islam masuk ke Indonesia dan berikan buktinya?

Islam dipercayai datang dari wilayah Gujarat – India melalui peran para pedagang India muslim pada sekitar abad ke-13 M. Kedua, teori Makkah. Islam dipercaya tiba di Indonesia langsung dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7 M.

Islam pertama kali memasuki wilayah Indonesia di mana?

Agama Islam masuk ke wilayah Indonesia pertama kali adalah di pulau Sumatera bagian utara, seperti; daerah Pasai dan Perlak. Selanjutnya Islam berkembang ke Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *