Mengapa Konflik Sosial Bisa Terjadi?

Mengapa konflik itu bisa terjadi?

Konflik dapat terjadi karena disebabkan adanya ketidaksamaan dan kepentingan pribadi masing-masing didalam suatu komponen organisasi. Masyarakat pada umumnya merasakan adanya konflik seperti konflik keluarga, konflik wilayah, konflik pribadi, konflik antar negara yang dapat menimbulkan peperangan atau kekerasan.

Mengapa konflik sosial bisa terjadi brainly?

Jawaban. Karena Ada nya perbedaan kepentingan pada masyarakat Yg tidak disertai toleransi sosial. Serta adanya berbagai perbedaan sosial seperti ras, suku, agama, gender, bahasa, Dsb. Sehingga memicu munculnya konflik sosial.

Mengapa konflik antar kelas sosial di masyarakat bisa terjadi?

Sumber daya yang dimaksud dapat berupa alat-alat produksi serta sumber-sumber ekonomi dan politik lainnya. Ketimpangan antar kelas dan distribusi sumber daya yang tidak adil pada akhirnya menciptakan perjuangan antarkelas dan mendorong terjadinya konflik antar kelas.

Mengapa konflik sosial?

Konflik ini dipicu lantaran adanya perbedaan faktor ekonomi, sosial, dan politik. Dengan kata lain, faktor utama yang menjadi penyebab konflik adalah kesenjangan sosial dan ekonomi. Anda bisa melihat contohnya di sekitar Anda atau dengan melihat masalah yang terjadi di negara.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Manajemen Disebut Sebagai Seni Dan Ilmu Pengetahuan?

Mengapa konflik akan selalu terjadi dalam kehidupan manusia?

Karena dalam kehidupan manusia, terdapat keanekaragaman yang tinggi. Manusia itu diciptakan dalam keadaan yang berbeda-beda sehingga dapat menimbulkan perbedaan pendapat dan sikap yang berbeda. Nah, sikap manusia juga dapat menyebabkan terjadinya konflik seperti egoisme.

Mengapa bisa terjadi konflik di Indonesia?

Perbedaan kebudayaan Antar suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan. Konflik yang disebabkan oleh faktor budaya dipicu karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial akibat adanya proses perubahan sosial dan pola masyarakat yangheterogen atau multikultural.

Bilamana suatu konflik dapat terjadi?

Jawaban terverifikasi ahli. Analisis menurut pendapat Charles Watkins adalah bahwa sebuah konflik akan mampu untuk dapat terjadi apabila sekurang-kurangnya akan terdapat dua orang pihak yang dimana kemudian secara potensial dan juga praktis dan juga operasional yang diman kemudian saling menghambat.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan konflik sosial?

Konflik sosial adalah pertentangan antar anggota masyarakat yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan. Secara sosiologi, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih. Di mana salah satu pihak berusaha yang ingin menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya.

Apa akibat dari konflik antar masyarakat?

Konflik dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. Dampak positif dari konflik sosial adalah mendorong terjadinya perubahan sosial seperti perubahan kebijakan yang menyebabkan kesenjangan sosial, memperkuat integrasi dan solidaritas internal kelompok, memicu masyarakat menjadi lebih dinamis.

Apakah konflik antar kelas itu?

Konflik antarkelas sosial, yaitu konflik yang muncul karena adanya perbedaan kepentingan di antara kelas – kelas yang ada di masyarakat. Konflik yang bersifat internasional, yaitu konflik yang melibatkan beberapa kelompok negara karena perbedaan kepentingan masing-masing negara.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Kesimpulan Harus Berisi Fakta?

Apa yang dimaksud dengan konflik sosial dan berikan contohnya?

Contoh konflik sosial terbuka ialah demonstrasi buruh, demonstrasi mahasiswa pada 1998, demo aktivis dan mahasiswa menolak Omnibus Law, dan sejenisnya. Sementara konflik tertutup merupakan konflik yang diketahui oleh beberapa pihak saja, misalnya oleh pihak yang terkait saja.

Bagaimana cara menyelesaikan konflik sosial yang terjadi di masyarakat?

Secara umum, ada tiga macam bentuk pengendalian konflik sosial, yaitu konsiliasi, mediasi, dan arbitrasi.

  1. Kemenangan suatu pihak atas pihak lain.
  2. Kompromi atau perundingan di antara pihak-pihak yang bertikai, sehingga tidak ada pihak yang sepenuhnya menang dan tidak ada pihak yang merasa kalah.

Mengapa konflik dan kekerasan sering terjadi dalam masyarakat?

Karena didalam masyarakat terdiri atas bermacam macam suku, agama, ras, dan etnik yang mana antara satu sama lain memiliki perbedaan perbedaan. Akibat dari perbedaan itu, muncul konflik. Apabila konflik berlarut larut maka berlanjut ke Kekerasan dimasyarakat.

Mengapa konflik dikatakan bersifat kekerasan?

Jawaban terverifikasi ahli. Suatu konflik bisa berubah menjadi kekerasan apabila upaya – upaya dari penyelesaian suatu konflik tidak dilaksanakan secara bersungguh – sungguh oleh pihak yang berkaitan. Konflik sosial tidak dapat dielakkan, hal ini dikarenakan sifat masyarakat yang multikultural.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *