Mengapa Logam Dapat Menghantarkan Listrik?

Logam apakah yang dapat menghantarkan listrik sebutkan dan mengapa logam itu dapat menghantarkan listrik?

5 contoh unsur logam: besi (Fe), alumunium (Al), timah (St), nikel (Ni) dan emas (Au). Logam bersifat konduktif yang dapat menghantarkan listrik bila logam dialiri arus listrik. Sifat menghantarkan listrik pada logam ini diakibatkan oleh adanya lautan elektron diantara atom-atom logam.

Mengapa logam mudah merambatkan energi listrik brainly?

Jawaban terverifikasi ahli energi potensial ionisasi yang rendah dan mempunyai elektron valensi sedikit. Hal ini berakibat bahwa elektron valensi dalam atom-atom logam bebas bergerak dari atom yang satu ke atom yang lainnya untuk membentuk suatu ikatan yang disebut dengan ikatan logam.

Mengapa logam dapat menghantarkan listrik lebih baik dari pada non logam?

Jawaban terverifikasi ahli Itu karena ikatan yang terdapat antar atom logam berbeda dengan ikatan pada antar atom yang lain (biasanya ikatan ion atau kovalen). Ikatan logam merupakan akibat dari adanya tarik menarik muatan positif dari logam dan muatan negatif dari elektron yang bergerak bebas.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Fb Tidak Bisa Dibuka?

Mengapa logam bersifat ulet dan mudah ditempa dan mudah dibentuk?

logam bersifat ulet, mudah ditempa, dan mudah dibuat menjadi kawat karena lautan elektron pada kristal logam memegang erat ion-ion positif pada logam. apabila logam dipukul, lautan elektron tersebut tidak akan terurai, tetapi hanya akan bergeser saja.

Mengapa logam bersifat penghantar listrik dan panas yang baik?

Jawaban terverifikasi ahli Logam bersifat sebagai konduktor yang baik karena di logam terdapat ikatan logam dengan elektron yang bergerak bebas antara atom logam seperti besi, dalam bentuk “lautan elektron”. Dengan elektron yang bergerak bebas ini, maka arus listrik dapat mudah dihantarkan oleh logam.

Mengapa logam memiliki titik leleh dan titik didih yang tinggi?

Ikatan logam yang kuat ini membutuhkan energi kalor (panas) lebih besar untuk dipecah, sehingga membuat semakin tinggi titik leleh dan titik didih tinggi pada logam.

Bagaimana sifat daya hantar logam dikaitkan dengan ilmu kimia?

Logam bisa menghantarkan listrik karena adanya elektron valensi yang bebas bergerak antar atom atom logam. Larutan elektrolit bisa menghantarkan listrik karena didalam air mereka terionisasi menjadi ion ionya yang bermuatan serta bergerak bebas dalam larutan.

Mengapa logam bersifat padat?

Dalam logam, orbital atom terluar yang terisi elektron menyatu menjadi suatu sistem terdelokalisasi yang merupakan dasar pembentukan ikatan logam. Satu atom akan berikatan dengan beberapa atom lain disekitarnya. Akibatnya atom tersebut terikat kuat dan menjadi logam berwujud padat (kecuali Hg) dan umumnya keras.

Mengapa logam mengkilap jelaskan?

Logam dapat mengkilap karena itu adalah salah satu sifat logam, mengkilapnya logam dikarenakan cahaya yang tampak jatuh pada permukaan logam sebagian elektron valensinya mudah bergerak dan tereksitasi, dan ketika elektron tersebut tereksitasi kembali pada keadaan dasarnya maka energy cahaya dengan panjang gelombang

You might be interested:  FAQ: Mengapa Lidah Terasa Pahit?

Mengapa logam itu keras?

Atom-atom logam bergabung oleh ikatan logam yang sangat kuat membentuk struktur kristal yang rapat. Ikatan logam yang kuat dan struktur logam yang rapat menyebabkan logam bersifat kuat, keras, dan rapat. Akan tetapi. Adanya elektron-elektron bebas menyebabkan logam bersifat lentur/tidak mudah patah.

Apa yang terjadi ketika logam ditempa atau dibengkokkan?

Kalau logam ditempa atau dibengkokkan akan terjadi pergeseran kation-kation, namun pergeseran ini tak menyebabkan patah karena selalu dikelilingi oleh lautan elektron. Atom-atom logam tergabung sebab adanya ikatan logam yang sangat kuat membentuk kristal yang rapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *