Mengapa Pemerintah Indonesia Juga Melaksanakan Revolusi Hijau?

Mengapa pemerintah Indonesia pada masa Orde Baru melaksanakan revolusi hijau?

Tujuan Revolusi hijau adalah mengubah petani-petani gaya lama (peasant) menjadi petani-petani gaya baru (farmers), memodernisasikan pertanian gaya lama guna memenuhi industrialisasi ekonomi nasional.

Mengapa bangsa Indonesia melakukan revolusi hijau?

Konsep Revolusi Hijau yang di Indonesia dikenal sebagai gerakan Bimas (bimbingan masyarakat) adalah program nasional untuk meningkatkan produksi pangan, khususnya swasembada beras. Tujuan tersebut dilatarbelakangi mitos bahwa beras adalah komoditas strategis baik ditinjau dari segi ekonomi, politik dan sosial.

Bagaimana pelaksanaan revolusi hijau pada masa Orde Baru?

Penerapan Revolusi Hijau di Indonesia terjadi pada masa Orde Baru. Pada tahun 1970 hingga 1980, pemerintahan Orde Baru melakukan investasi besar-besaran terhadap sektor pertanian. Ekstensifikasi pertanian, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tani dengan cara menambah faktor produksi pertanian.

Langkah Revolusi Hijau di Indonesia?

Di Indonesia, pemerintah punya berbagai cara untuk mendorong revolusi hijau, misalnya:

  1. Intensifikasi Pertanian. Cara ini dikenal juga dengan sebutan Panca Usaha Tani.
  2. 2. Ekstensifikasi Pertanian. Cara ini adalah dengan memperluas lahan dengan membuka lahan-lahan baru.
  3. 3. Diversifikasi Pertanian.
  4. 4. Rehabilitasi Pertanian.

Apa yang menjadi latar belakang Revolusi Hijau?

Adapun latar belakang lahirnya Revolusi Hijau adalah sebagai berikut:1. Hancurnya lahan pertanian akibat Perang Dunia I dan Perang Dunia II.2. Pertambahan penduduk sehingga kebutuhan pangan juga meningkat.3. Adanya lahan kosong.4. Upaya peningkatan produksi pertanian.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Dalam Penyajian Aktiva Selalu Menggunakan Konsep Harga Perolehan Jelaskan?

Bagaimana perkembangan Revolusi Hijau?

Revolusi Hijau pada perkembangannya berhasil membawa perubahan bagi India, Filipina dan negara-negara berkembang lainnnya. India berhasil melipatgandakan hasil panen gandum dalam kurun 6 tahun. Filipina berhasil mengakhiri ketergantungan impor beras dan berubah menjadi eksportir beras pada tahun 1960-an.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan revolusi hijau?

Revolusi Hijau merupakan sebuah usaha dalam mengembangkan teknolosi pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan. Revolusi ini dengan kata lain mengubah pertanian yang sebelumnya menggunakan teknologi tradisional, menjadi pertanian dengan teknologi modern.

Siapa penggagas revolusi hijau?

Varietas gandum ini diciptakan melalui penelitian Norman Borlaug, ilmuwan Amerika Serikat, yang kemudian disebut sebagai bapak dari Revolusi Hijau. Penelitian varietas gandum yang digabungkan dengan teknologi pertanian modern akhirnya membuat Meksiko berhasil menjadi negara pengimpor gandum pada tahun 1960-an.

Mengapa muncul revolusi hijau dan apa tujuannya?

Mulai berkembang di kawasan asia pada sekitar tahun 1950 sampai 1980. Adanya revolusi hijau disebabkan karena penemuan ilmiah benih-benih unggulan baru seperti jagung, padi dan gandum. Tujuan revolusi hijau pada masa orba adalah meningkatkan produksi pangan, dengan target swasembada beras.

Bagaimana dampak pelaksanaan revolusi hijau di Indonesia?

Dampak positif utama dari Revolusi Hijau adalah meningkatnya produksi lahan pertanian. Dengan menggunakan pupuk modern, zat hara di tanah meningkat, sedangkan pestisida dan herbisida mengurangi kerusakan tanaman dari hama penyerang, seperti serangga dan gulma. Ini membuat hasil panen meningkat.

Apa saja program revolusi hijau yang diterapkan di Indonesia?

Revolusi hijau di Indonesia dilaksanakan melalui empat program yaitu: Intensifikasi Pertanian, yang merupakan metode peningkatan hasil pertanian dengan melaksanakan Panca Usaha Tani yaitu perbaikan teknik pengolahan lahan, pengaturan irigasi, penggunaan bibit unggul, pemupukan, dan pemberantasan hama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *