Mengapa Persebaran Penduduk Tidak Merata?

Apa penyebab terjadinya persebaran penduduk tidak merata?

Alasan persebaran penduduk indonesia tidak merata: Kualitas tanah di sutau wilayah kurang baik, sehingga sulit dilakukan kegiatan bercocok tanam. Keterediaan lapangan pekerjaan suatu wilayah terbatas atau lapangan pekerjaan yang tidak tersedia tidak sesuai dengan jumlah kelompok usia produktif yang ada.

Apakah dampak dari persebaran penduduk yang tidak merata?

Dampak persebaran yang tidak merata Luas areal pertanian menyempit sehingga produksi pangan menurun. Kelebihan jumlah tenaga kerja sehingga jumlah pengangguran meningkat. Kualitas penduduk semakin menurun karena fasilitas kehidupan tidak mampu memenuhi kebutuhan penduduk yang begitu banyak.

Mengapa persebaran penduduk di Indonesia tidak merata faktor apa saja yang mempengaruhi ketidakmerataan persebaran penduduk Indonesia?

Jawaban: Persebaran penduduk Indonesia tidak merata karena: 1. Kondisi geografis: Pulau Jawa memiliki tanah yang subur untuk pertanian padi intensif, bila dibandingkan dengan pulau di Luar Jawa, akibat banyaknya gunung berapi.

Apa itu persebaran penduduk yang tidak merata?

Kondisi persebaran penduduk yang tidak merata adalah sebuah masalah untuk pelaksanaan pembangunan, sebab di daerah dengan penduduk yang padat tersedia tenaga kerja yang banyak. Salah satu cara untuk mengatasi masalah itu dengan mendatangkan tenaga terampil dari daerah-daerah yang penduduknya padat.

You might be interested:  Mengapa Penegakan Ham Penting Dilakukan Di Indonesia?

Bagaimana cara mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata?

Cara Mengatasi Penduduk yang Tidak Merata

  1. Pemerataan Pembangunan Infrastruktur.
  2. Mengalihkan Industri Besar ke Daerah.
  3. Membangun Industri Kecil di Pedesaan.
  4. Menggalakkan Pariwisata.
  5. Promosi Investasi di Tiap-tiap Daerah.
  6. Membatasi Investasi di Kota Besar.
  7. Memisahkan Pusat Pemerintahan dan Pusat Bisnis.

Mengapa persebaran penduduk Asia tidak merata?

Penduduk Asia tidak tersebar secara merata karena faktor geografis dan pembangunan. Faktor geografis adalah topografi dan iklim yang berbeda. Dalam hal topografi, luasnya daerah pegunungan di Asia menjadi salah satu alasan utama. Dampaknya, tidak banyak penduduk yang bermukim di wilayah pegunungan di daerah Tibet.

Bagaimana caranya agar sebaran penduduk Indonesia lebih merata pada masa yang akan datang?

Bagaimana Caranya Agar Penduduk Indonesia Lebih Merata Pada Masa Yang Akan Datang:

  1. Transmigrasi.
  2. Program KB.
  3. Penundaan usia kawin.
  4. Seminar atau penyuluhan tentang KB dari BKKBN.
  5. 5.Menambah pengetahuan tentang kependudukan.
  6. Menciptakan lapangan kerja di daerah-daerah.

Faktor faktor apa yang mempengaruhi persebaran penduduk di Indonesia?

3 Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Penduduk di Indonesia

  1. Faktor Fisiologis. Faktor ini merupakan dimana penduduk selalu memilih tempat tinggal berdasarkan hal yang bersifat fisiologis, seperti tempatnya yang strategis, subur, cukup air, dan sebagainya.
  2. Faktor Biologis.
  3. Faktor Kebudayaan dan Teknologi.

Apa pentingnya program perpindahan penduduk bagi persebaran penduduk di Indonesia?

Perpindahan penduduk atau transmigrasi adalah salah satu program dari pemerintah untuk menyelesaikan masalah ketidakmerataan penduduk. Harapannya program ini bisa membuat penduduk yang ada di pulau jawa berpindah ke pulau yang belum padat jumlah penduduknya.

Mengapa persebaran hewan di Indonesia tidak merata?

Jawaban: Hal ini berarti, kehidupan flora dan fauna di suatu wilayah sangat terkait dengan kondisi lingkungannya. Itulah yang menyebabkan persebaran flora dan fauna secara tidak merata di permukaan bumi. Karena kondisi iklim dan tanah di permukaan bumi sangat beragam, maka beragam pula persebaran flora dan fauna.

You might be interested:  Mengapa Guru Harus Memiliki 4 Kompetensi?

Bagaimana persebaran penduduk secara umum di Indonesia?

Penyebaran penduduk menurut pulau-pulau besar adalah: pulau Sumatra yang luasnya 25,2 persen dari luas seluruh wilayah Indonesia dihuni oleh 21,3 persen penduduk, Jawa yang luasnya 6,8 persen dihuni oleh 57,5 persen penduduk, Kalimantan yang luasnya 28,5 persen dihuni oleh 5,8 persen penduduk, Sulawesi yang luasnya 9,9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *