Mengapa Posisi Asia Tenggara Dianggap Strategis?

Mengapa Posisi Asia Tenggara di anggap strategis?

Jawaban. karena berada di lintas perdagangan dunia, yg diapit oleh 2 samudra yaitu samudra Pasifik dan Hindia, sementara itu Asia tenggara jga di diapit oleh 2 Benua yaitu benua Asia dan Australia.

Mengapa Indonesia menjadi negara yang mempunyai letak strategis di wilayah Asia Tenggara?

Karena wilayah Indonesia sangat strategis sehingga dilalui jalur perdagangan dan pelayaran dunia. Antara lain negara – negara Asia Timur dengan negara – negara Eropa, Timur Tengah, dan India. Serta jalur perdagangan antara Asia ke Australia dan Selandia Baru.

Bagaimanakah posisi geografis Asia Tenggara dikatakan strategis *?

Dilihat dari letak geografisnya, kawasan Asia Tenggara terletak antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, serta antara Benua Asia dan Benua Australia. Letak geografis Asia Tenggara ini sangat strategis, karena merupakan jalur lalu lintas perdagangan internasional.

Mengapa wilayah Asia Tenggara dianggap kawasan yang strategis dalam perdagangan?

Lokasi di antara dua Samudera membuat Asia Tenggara sangat penting dalam perdagangan. Lokasi strategis di jalur perdagangan ini juga membuat banyak pengaruh dari luar kawasan masuk, misalnya adalah masuknya agama Hindu dan Buddha dari India, agama Islam dari Timur Tengah dan budaya China.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Idul Adha Disebut Juga Idul Haji?

Berdasarkan letak geografis manakah negara di Asean yang letaknya paling strategis?

Hal ini menjadikan letak geografis ASEAN sangat strategis, karena dilewati oleh jalur perdagangan Internasional. Luas wilayah dari ASEAN mencapai angka 4,5 juta kilometer persegi atau sekitar 3 persen dari total luas daratan bumi. Nah, negara kita Indonesia adalah negara dengan lokasi yang paling strategis.

Mengapa Asia Tenggara merupakan wilayah yang?

Letak kawasan Asia Tenggara sangat strategis karena berada di antara dua samudra. Kawasan ini menghubungkan negaranegara barat dan timur sehingga kawasan ini menguntungkan bagi peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata di kawasan Asia Tenggara.

Mengapa Indonesia merupakan negara yang terletak strategis?

Secara geografis letak indonesia sangat strategis karena berada diantara dua samudra dan dua benua serta terletak dijalur perdagangan internasional.

Mengapa Indonesia berada di lokasi strategis?

Indonesia sebagai negara kepulauan yang dikatakan memiliki letak geografis yang strategis karena diapit oleh dua benua dan dua samudera, yaitu benua Asia dan benua Australia serta samudra Pasifik dan samudra India. Oleh karna itu sarana transportasinya khususnya melalui laut harus memadai dan mencukupi.

Mengapa Indonesia dianggap memiliki posisi yg strategis?

Indonesia termasuk sebagai salah satu negara yang strategis karena terletak diantara 2 samudera yakni, Samudera Hindia dan Pasifik dan juga 2 benua yakni benua Asia dan Australia. Karena letaknya yang sangat strategis, hal ini juga memudahkan Indonesia dalam hal perdagangan antar negara atau perdagangan internasional.

Bagaimanakah Posisi geografis?

‚Äč Letak geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Letak geografis ditentukan pula oleh segi astronomis, geologis, fisiografis dan social budaya.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Telat Datang Bulan?

Mengapa Letak Asia Tenggara sangat strategis dan apa keuntungannya?

Lokasi ini menjadikan Asia Tenggara sangat strategis, terutama dalam perdagangan. Lokasi di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik menyebabkan Asia Tenggara menjadi wilayah pertemuan arus laut. Ini membuat wilayah Asia tenggara kaya akan potensi perikanan.

Mengapa wilayah di Asia Tenggara merupakan wilayah pertanian yang subur?

karena wilayah Asia tenggara merupakan negara yang dilalui lipatan sirkum Pasifik atau tempat pertemuan tiga lempeng, lalu Asia tenggara juga mempunyai banyak gunung berapi seperti Indonesia dan Filipina.

Mengapa Singapura merupakan negara dengan letak yang strategis?

Singapore dikatakan sangat strategis karna terletak di jalur silang pelayaran internasional, yang mempunyai banyak pelabuhan” besar untuk disinggahi.

Keuntungan apa yang bisa diperoleh dari posisi strategis tersebut?

Keuntungan apakah yang diperoleh dengan letak indonesia yang strategis ( posisi silang) adalah: Letak strategis di jalur perdagangan membuat banyak perdagangan yang melewati Indonesia. Letak strategis di pertemuan samudera membuat banyak potensi perikanan di lautan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *