Mengapa Sebagian Besar Penduduk Indonesia Bekerja Di Sektor Pertanian?

Mengapa sebagian besar penduduk Indonesia lebih banyak yang bekerja di sektor pertanian?

Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja sebagai petani karena iklim dan jenis tanah di Indonesia sangat mendukung untuk kegiatan pertanian. Secara astronomis, Indonesia terletak di daerah lintang rendah dan dilalui garis khatulistiwa, sehingga wilayah Indonesia beriklim tropis dengan curah hujan tinggi.

Mengapa sebagian besar penduduk desa bermata pencaharian di sektor pertanian?

Mata Pencaharian penduduk Desa Petar Dalam sebagian besar masih didalam sektor pertanian, perkebunan dan perikanan. Penduduk yang tinggal didaerah pedesaan biasanya dengan mata pencaharian tersebut disebabkan karena sumber daya alam melimpah yang membuat mereka memiliki beragam mata pencaharian.

Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja sebagai apa?

Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Pada Februari 2016, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 31,74 persen angkatan kerja di Indonesia atau 38,29 juta bekerja di sektor pertanian.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Seseorang Yang Kekurangan Gizi Akan Mudah Terkena Penyakit Jelaskan?

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris?

Disebut negara agraris karena sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian. Tak hanya sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam.

Mengapa sebagian besar penduduk Indonesia banyak yang memeluk agama Islam?

Jawaban. karena cara persebaran agama di asia tenggara khususnya Indonesia ini ditempuh dengan jalan damai dan tanpa paksaan sehingga perkembangan agama Islam di Indonesia menjadi sangat pesat dan dapat diterima dengan baik.

Apa itu Agraris brainly?

Pengertian agraris adalah sektor pertanian atau penduduk yang mayoritasnya memiliki mata pencaharian pada sektor pertanian. Pertanian menjadi sektor yang utama dalam negara agraris karena penduduknya bekerja sebagai petani. Pertanian adalah hal utama pada negara agraris dengan sumber daya alam yang bermacam-macam.

Mengapa sebagian besar negara di kawasan Asia Tenggara bekerja di sektor pertanian?

Jawaban. Karena mempunyai iklim tropis yang sangat baik untuk kegiatan pertanian, hal itu juga di pengaruhi oleh keberadaan gunung api yang tersebar banyak di negara kawasan asia tenggara, gunung api tersebut mengeluarkan abu vulkanik ketika erupsi yang dapat meyuburkan tanah.

Apa mata pencaharian di desa?

Penduduk yang tinggal di perkotaan dan pedesaan juga bisa memiliki mata pencaharian yang berbeda, teman-teman. Di pedesaan, penduduk lebih banyak yang bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, pengrajin, dan pekerja di perkebunan.

Apa mayoritas pencaharian penduduk?

Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Namun, penduduk yang tinggal di pantai bermata pencaharian sebagai nelayan. Keadaan alam suatu tempat memengaruhi mata pencaharian penduduknya.

Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja dengan bercocok tanam maka Indonesia dikenal sebagai negara apa?

1. sebagai negara agraris. karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Virus Tidak Dapat Bereproduksi Sendiri?

Benarkah Indonesia melimpah kekayaan hasil pertaniannya?

Indonesia merupakan wilayah yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Sektor pertanian menyerap 35.9% dari total angkatan kerja di Indonesia dan menyumbang 14.7% bagi GNP Indonesia (BPS, 2012).

Sebagian besar penduduk yang tinggal di daerah pegunungan mencari nafkah di bidang?

Karena kesuburan tanahnya itu, maka banyak penduduk di daerah pegunungan yang mencari nafkah di bidang pertanian dan perkebunan.

Apakah Indonesia masih layak disebut sebagai negara agraris?

Namun, dari kacamata lain, jika mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang angkatan kerja di tiap sektor, Indonesia sebetulnya masih dapat dikatakan sebagai negara agraris. Setidaknya, masih ada lebih dari 30% angkatan kerja Indonesia bekerja di sektor pertanian.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim?

Ribuan pulau tersebut dihubungkan dan disatukan oleh lautan, dimana duapertiga wilayah Indonesia merupakan wilayah perairan, sehingga Indonesia disebut sebagai negara maritim yang unik.

Mengapa negara negara di Asia Tenggara merupakan negara agraris?

Mayoritas negara di kawasan Asia Tenggara merupakan negara agraris karena didukung dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun. Pernyataan tersebut menunjukkan kegiatan ekonomi penduduk di kawasan Asia Tenggara dipengaruhi oleh faktor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *