Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting Pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Selat Malaka mempunyai peranan penting pada masa itu?

Selat Malaka memiliki peran penting dalam masa Hindu-Buddha, karena merupakan jalur perdagangan antara India dan China di mana banyak pedagang yang singgah di pelabuhan sekitar selat ini dan menyebarkan pengaruh budaya serta ajaran agama Hindu-Buddha.

Bagaimana kedudukan Selat Malaka pada masa berkuasanya Kerajaan Sriwijaya?

Menghubungkan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia Banyak kapal pedagang melalui Selat Malaka. Bahkan bajak laut pun sering mondar-mandir dan berulah di Selat Malaka. Saking terkenalnya sehingga membuat Kerajaan Sriwijaya dikenal oleh kerajaan, kekaisaran dan dinasti besar di dunia.

Mengapa Selat Malaka memiliki kedudukan penting dalam proses pelayaran dan perdagangan pada masa Hindu Budha?

Pada masa perdagangan zaman Hindu -Buddha, Selat Malaka ini penting bagi perdagagan Hindu -Buddha dikarenakan pada masa Hindu -Buddha, masyarakat sudah mengembangkan perahu-perahu dagang yang cukup untuk mengarungi Laut Utara Jawa menuju ke Selat Malaka.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Bahasa Indonesia Disebut Sebagai Bahasa Persatuan?

Mengapa kerajaan Sriwijaya disebut sebagai negara maritim?

Kerajaan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim karena: Sriwijaya adalah pusat perdagangan di Selat Malaka. Perairan ini jalur perdagangan laut penting antara India dan China. Sriwijaya memiliki angkatan laut kuat dan melakukan perluasan wilayah melalui laut.

Mengapa Selat Malaka amat diminati brainly?

Jawaban: Alasan Selat Malaka sangat diminati adalah karena Selat Malaka merupakan jalur yang banyak dilewati para pedagang. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya pihak yang melewati Selat Malaka untuk berlayar ke Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, hingga Australia.

Mengapa Selat Malaka?

KOMPAS.com – Selat Malaka memiliki peran sangat penting baik bagi Nusantara atau Indonesia dari zaman dulu hingga sekarang. Karena menjadi jalur perdagangan internasional pada masa Kerajaan Sriwijaya. Banyak kapal-kapal dagang dari negara lain yang melintas dari berbagai negara ke Indonesia.

Bagaimana perkembangan kerajaan Sriwijaya sampai menjadi kerajaan maritim besar?

Perkembangan kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim adalah pada masa kepemimpinan Balaputradewa. blaputradewa mengedepankan maritimnya karena wilayah lautnya luas. Sehingga dia menyuruh para nahkoda hebat yang dipilihnya untuk berlayar.

Apa yang menyebabkan kerajaan Sriwijaya?

sebab sebab kemunduran kerajaan sriwijaya: 1 Serangan raja dharmawangsa pda thun 990 M, ketika iyu yg brkuasa di sriwijaya ialah Sri sudamani warmadewa. Walaupun serangan ini tdk brhasil, ttapi tlah melemahkan sriwijaya. Muncul dan berkembangnya kerajaan islam samudra pasai yg mngambil alih posisi sriwijaya.

Mengapa perkembangan perdagangan telah memperkuat kedudukan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim?

Jawaban: Sebab Kerajaan Sriwijaya Sriwijaya banyak menjalin jalur perdagangan dengan India, Burma, Melayu Kalimantan, Siam, Kamboja, China, Filipina, Persia, Arab, atau Afrika. Dengan angkatan lautnya yang besar dan kuat, jalur-jalur utama kegiatan pelayaran dan perdagangan dikontrol secara ketat.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Buaya Sering Mengangakan Mulutnya Dalam Waktu Yang Lama?

Mengapa Selat Malaka merupakan salah satu selat tersibuk di dunia?

selat Malaka,karena selat malaka merupakan selat tersibuk didunia.Pada tahun 2004,sedikitnya 93.757 kapal yang melewati selat malaka dengan membawa berbagai komoditas seperti minyak bumi dan produk lainnya. Banyak Kapal Tanker Pengangkut minyak melewati selat malaka untuk dikirim ke negara-negara di Asia Timur.

Apa saja keuntungan Indonesia yang berada di Selat Malaka?

Keuntungan indonesia yang letaknya berdekatan dengan selat malaka diantaranya adalah indonesia berada pada jalur perdagangan indonesia. Dimana pada zaman penjajahan dulu banyak pedagang dari arab yang singgah ke indonesia. Hal tersebut dipercaya sebagai awal mula masuknya agam islam ke indonesia.

Mengapa banyak pedagang Islam memindahkan jalur perdagangannya melewati pelabuhan Malaka?

Dengan angin muson ini, para pedagang dapat berlayar dengan cepat. Perkembangan jalur laut melalui Selat Malaka ini mendorong pertumbuhan kota pusat perdagangan di dekat Selat Malaka, mulai dari masa kerajaan Sriwijaya, kesultanan Samudera Pasai hingga kesultanan Malaka.

Kenapa Sriwijaya di katakan sebagai negara nusantara pertama?

Sehingga Sriwijaya disebut kerajaan nasional pertama. Sriwijaya memiliki angkatan laut yang kuat dapat menguasai selat Malaka, Karimata, dan Sunda sebagai jalur perdagangan India dan Cina.

Mengapa kerajaan Sriwijaya dan Majapahit disebut sebagai kerajaan maritim?

Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim karena; Sriwijaya adalah pusat perdagangan laut di Selat Malaka. Perairan ini jalur perdagangan laut penting antara India dan China.

Apakah bukti yang menunjukkan kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim?

Alasan berikutnya mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim yaitu adanya penguasaan lautan atau wilayah perairan yang luas dari Kerajaan Sriwijaya ini. Gambar kapal bercadik Ganda pada salah satu arcanya dengan jelas menunjukan bahwa alat transportasi perairan ini merupakan alat transportasi utama mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *