Mengapa Sriwijaya Disebut Sebagai Kerajaan Nusantara Pertama?

Kenapa kerajaan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan Nusantara pertama?

Dikenal sebagai kerajaan maritim karena mempunyai angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas. Karena begitu luas wilayahnya, maka Sriwijaya disebut sebagai Kerajaan Nusantara pertama.

Apakah Kerajaan Sriwijaya mendapat julukan kerajaan Nusantara pertama?

SRIWIJAYA adalah kerajaan yang dijuluki sebagai Kerajaan Nusantara Pertama di Indonesia. Sebutan lain bagi kerajaan yang ada di pulau Sumatera ini adalah Kerajaan Nasional Pertama. Kata ‘ PERTAMA ‘ dilekatkan pada kerajaan ini sebab terdapat Kerajaan Nusantara /Nasional Kedua yakni Majapahit.

Mengapa kerajaan Sriwijaya mendapatkan julukan Nusantara 1 dan maritim?

Kerajaan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim karena: Sriwijaya adalah pusat perdagangan di Selat Malaka. Sriwijaya memiliki angkatan laut kuat dan melakukan perluasan wilayah melalui laut.

Mengapa Sriwijaya dikenal sebagai pusat perdagangan?

Kerajaan Sriwijaya juga menguasai dua perairan laut penting dalam perdagangan Nusantara, yakni Selat Malaka dan Selat Sunda. Dengan kondisi itu membuat Kerajaan Sriwijaya menjadi pusat perdagangan di Asia Tenggara. Untuk melindungi dan menjaga jalur perdagangan laut, Kerajaan Sriwijaya menyusun kekuatan angkatan laut.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Memory Card Tidak Terbaca?

Di manakah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya?

Kerajaan Sriwijaya (atau juga disebut Srivijaya) adalah salah satu kemaharajaan maritim yang kuat di pulau Sumatera dan banyak memberi pengaruh di Nusantara dengan daerah kekuasaan membentang dari Kamboja, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Apa saja bukti sejarah keberadaan Kerajaan Sriwijaya?

Ada beberapa bukti mengenai berdiri dan berkembangnya Kerajaan Sriwijaya di Nusantara. Dalam buku Sejarah Nasional Indonesia (2019) karya Edi Hernadi, sumber sejarah Kerajaan Sriwijaya yang penting adalah prasasti. Prasasti-prasasti tersebut ditulis dengan huruf Pallawa. Bahasa yang dipakai adalah Melayu Kuno.

Apa nama kerajaan terbesar di Nusantara?

Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan bahari terbesar yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Berdasarkan prasasti dan catatan perjalanan dari Tiongkok, kerajaan berdiri sekitar abad ke-7 masehi. Kerajaan ini memiliki pengaruh yang besar di seluruh penjuru Sumatra, sebagian Jawa bagian barat, Malaka, dan kawasan di Thailand.

Mengapa Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya dikenal sebagai kerajaan terkuat di Nusantara?

Baik itu Sriwijaya dan Majapahit disebut sebagai Kerajaan Nasional karena keduanya diketahui mampu menguasai hampir seluruh wilayah di nusantara di masa kejayaannya. Sementara Kerajaan Majapahit pada masa kejayaannya mampu menguasai Sumatera, Tumasik, Semenanjung Melayu, Kalimntan, Sulawesi Jawa dan lain lain.

Apakah bukti yang menunjukkan kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim?

Alasan berikutnya mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim yaitu adanya penguasaan lautan atau wilayah perairan yang luas dari Kerajaan Sriwijaya ini. Gambar kapal bercadik Ganda pada salah satu arcanya dengan jelas menunjukan bahwa alat transportasi perairan ini merupakan alat transportasi utama mereka.

Mengapa kerajaan Sriwijaya disebut negara maritim Bagaimana dengan Kerajaan Majapahit?

Jawaban. karena kerajaan sriwijaya memiliki pulau” sehingga disebut kerajaan maritim. sedangkan kerajaan majapahit hanya menguasai pulau jawa saja.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Ibu Hamil Susah Tidur?

Bagaimana perkembangan kerajaan Sriwijaya sampai menjadi kerajaan maritim besar?

Perkembangan kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim adalah pada masa kepemimpinan Balaputradewa. blaputradewa mengedepankan maritimnya karena wilayah lautnya luas. Sehingga dia menyuruh para nahkoda hebat yang dipilihnya untuk berlayar.

Mengapa kerajaan Sriwijaya dan Majapahit disebut dengan kerajaan maritim?

Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim karena; Sriwijaya adalah pusat perdagangan laut di Selat Malaka. Perairan ini jalur perdagangan laut penting antara India dan China.

Apa yang menyebabkan kerajaan Sriwijaya berpotensi besar dalam bidang perdagangan?

Faktor yang menyebabkan kerajaan Sriwijaya berpotensi besar dalam bidang perdagangan adalah: Terletak di jalur perdagangan antara negara-negara dunia. Terletak di dekat pelabuhan Palembang yang menjadi salah satu transit besar. Sriwijaya memiliki hasil alam yang berlimpah.

Mengapa banyak negara asing yang ingin melakukan perdagangan di Sriwijaya?

Jawaban: Karena Sriwijaya merupakan tempat yang mempunyai banyak rempah rempah dan merupakan jalur perdagangnan yang strategis.

Mengapa kerajaan Sriwijaya banyak disinggahi para pedagang dari mancanegara?

Kerajaan Sriwijaya terkenal ke manca negara karena saat masa kejayaanya, kerajaaan Sriwijaya merupakan pengendali perdagangan rempah-rempah, penguasa jalur perdagangan di Selat Malaka, pusat pembelajaran agama Buddha dan pembangun berbagai struktur agama Buddha di berbagai tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *