Mengapa Terjadi Tanah Longsor?

Mengapa bisa terjadi tanah longsor?

Terjadinya longsor secara umum terjadi akibat pengaruh dari beberapa faktor pendukung yakni kemiringan lereng yang terjal, penggunaan lahan yang tidak sesuai, curah hujan yang tinggi, lereng yang gundul akibat tidak adanya vegetasi yang melindungi kekuatan lereng, rapuhnya bebatuan dan kondisi tanah yang tidak stabil

Apa yang menyebabkan terjadinya tanah longsor brainly?

Jawaban. Penyebab terjadinya tanah longsor salah satunya disebabkan oleh erosi tanah. Erosi tanah bisa disebabkan karena berbagai hal seperti aliran air yang terlalu deras, sungai- sungai maupun gelombang laut. Selanjutnya hal yang menyebabkan tanah longsor adalah gempa bumi (baca: akibat gempa bumi).

Kenapa di Indonesia sering terjadi tanah longsor?

Faktor-faktor ini mencakup peristiwa alam seperti pelapukan geologi dan erosi serta aktivitas terkait manusia seperti penggundulan hutan dan perubahan aliran air tanah. Penghancuran vegetasi oleh kekeringan, kebakaran, dan penebangan juga sering dikaitkan dengan peningkatan risiko tanah longsor.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Suatu Negara Menetapkan Kebijakan Perdagangan Internasional?

Apa penyebab dan dampak peristiwa tanah longsor?

Bagian tanah yang sering longsor apabila hujan deras adalah tanah yang bentuknya miring, seperti lereng gunung. Bebatuan yang hancur juga bisa menyebabkan terjadinya longsor. Longsor yang disebabkan karena hancurnya bebatuan lebih sering terjadi pada batuan yang ada di lereng gunung.

Kapan biasanya terjadi bencana tanah longsor?

Ancaman tanah longsor biasanya dimulai pada bulan November karena meningkatnya intensitas curah hujan. Musim kering yang panjang akan menyebabkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi tanah longsor?

Upaya Penanggulangan Bencana Longsor

  1. Menghindari pembangunan pemukiman di daerah dibawah lereng yang rawan terjadi tanah longsor.
  2. Mengurangi tingkat keterjangan lereng dengan pengolahan lahan terasering di kawasan lereng.
  3. Menjaga drainese lereng yang baik untuk menghindarkan air mengalir dari dalam lereng keluar lereng.

Apa saja penyebab terjadinya kekeringan?

Kekeringan dapat disebabkan karena suatu wilayah tidak mengalami hujan atau kemarau dalam kurun waktu yang cukup lama atau curah hujan di bawah normal, sehingga kandungan air di dalam tanah berkurang atau bahkan tidak ada. Kekurangan sumber air pun dapat menjadi penyebab bencana ini.

Bencana alam apa saja yang ada di Indonesia?

Indonesia merupakan negara yang sangat rawan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, tanah longsor, banjir dan angin puting beliung.

Apa yang menyebabkan terjadinya banjir?

Banjir adalah bencana alam yang terjadi akibat banyak faktor, salah satunya adalah aliran air yang tersumbat hingga volume air yang meluap keluar. Penyebab banjir lainnya juga terjadi saat curah hujan yang tinggi, maupun faktor ulah manusia.

Mengapa di Indonesia sering terjadi bencana alam geologis?

Bumi kita memiliki lempeng bumi yang selalu bergerak karena arus konveksi pada mantel luar bumi. Fenomena pergerakan lempeng bumi ini disebut dengan teori tektonik lempeng, dan berkaitan dengan fenomena gempa bumi yang sering terjadi di Indonesia.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Dalam Kehidupan Antar Bangsa Diperlukan Hukum Internasional?

Mengapa di Indonesia sering terjadi bencana alam gunung meletus?

Alasan Indonesia memiliki banyak gunung api karena terletak di tiga lempeng tektonik besar, yaitu Eurasia, Indo-ustralia dan Pasifik. Setiap tahunnya Indo-Australia dan Pasifik ini bergeser beberapa sentimeter. Pergeseran itu mengakibatkan magma dapat naik dan membentuk kerucut-kerucut gunung api.

Mengapa di Indonesia sering terjadi gempa dan longsor?

Indonesia rawan gempa karena terletak di atas tiga lempeng yakni Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Indo -Australia. Dilansir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB), ancaman gempa bumi terbesar di hampir seluruh wilayah kepulauan Indonesia, baik kecil maupun besar.

Apa penyebab banjir dan longsor di Gunung jelaskan?

Banjir yang disertai longsor menjadi bencana ke-6 yang paling sering terjadi di Indonesia dengan 32 kejadian setiap tahunnya. Ada tiga faktor utama penyebab banjir dan longsor yang paling banyak disoroti, yaitu berkurangnya tutupan pohon, cuaca ekstrem, dan kondisi topografis Daerah Aliran Sungai (DAS).

Bagaimana kerusakan yang timbul akibat tanah longsor?

Dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan akibat terjadinya tanah longsor adalah sebagai berikut: 1) Terjadinya kerusakan lahan dan hilangnya vegetasi penutup lahan. 2) Terganggunya keseimbangan ekosistem. 3) Lahan menjadi kritis sehingga cadangan air bawah tanah menipis.

Apa saran supaya tidak terjadi tanah longsor?

Cara Mencegah Tanah Longsor

  1. Jangan Membuat Kolam Atau Sawah Di Atas Lereng.
  2. Tidak Mendirikan Rumah Di Bawah Tebing.
  3. Jangan Menebang Pohon Di Sekitar Lereng.
  4. Jangan Memotong Tebing Secara Tegak Lurus.
  5. Tidak Mendirikan Bangunan Di Sekitar Sungai.
  6. Membuat Terasering.
  7. Lakukan Upaya Preventif.
  8. Memberikan penyuluhan kepada Masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *