Mengapa Tumbuhan Hijau Mampu Melakukan Fotosintesis Sedangkan Hewan Tidak?

Mengapa tumbuhan dapat melakukan fotosintesis?

tumbuhan melakukan fotosintesis,karena untuk membuat makanan.jika tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis karena tidak ada matahari/air/klorofil maka tumbuhan akan mati.karena tidak mendapatkan nutrisi.

Bagaimana terjadinya fotosintesis pada tumbuhan hijau?

Diambil dari Live Science, fotosintesis merupakan pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau melalui proses biokimia pada klorofil dengan bantuan sinar matahari. Tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Mengapa hewan tidak dapat melakukan proses fotosintesis?

Jawaban. karena hewan termasuk dalam bidang heterotof yaitu makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri dan membutuhkan organisme lain.

Dapatkah sel hewan melakukan fotosintesis jelaskan?

Kamu tentu tahu tentang fotosintesis, yaitu proses tumbuhan membuat makanan sendiri dengan menggunakan air, zat hara, karbon dioksida, dengan dibantu sinar matahari dan klorofil. Sementara hewan tidak bisa melakukannya.

Mengapa tumbuhan dapat melakukan reproduksi aseksual?

Tumbuhan dapat melakukan reproduksi aseksual karena tumbuhan memiliki sel-sel yang memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel penyusun jaringan dan organ tumbuhan yang disebut sel meristem.

Bagaimana cara proses fotosintesis pada tumbuhan?

Di dalam daun, karbondioksida dan air diproses oleh sinar matahari. Hasil dari proses fotosintesis tersebut berupa glukosa, oksigen, dan air. Oksigen yang dihasilkan tumbuhan kemudian dilepaskan melalui stomata. Sedangkan glukosa akan didistribusikan ke seluruh bagian tumbuhan.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Kita Harus Sholat?

Bagaimana terjadinya proses fotosintesis?

Pada saat yang sama akar tumbuhan menyerap air dari dalam tanah kemudian air didistribusikan ke seluruh bagian tumbuhan terutama daun. Di daun, karbondioksida dan air berproses dengan sinar matahari menghasilkan glukosa, oksigen, dan air. Proses panjang inilah yang disebut dengan proses fotosintesis.

Bagaimana proses fotosintesis brainly?

Proses fotosintesis terjadi ketika cahaya matahari ditangkap klorofil, sehingga energinya dapat mengubah air menjadi hidrogen dan oksigen. Energi matahari membebaskan hidrogen (H) dari senyawa air (H₂O) yang selanjutnya menyisakan oksigen (O₂).

Bagaimana Proses reaksi fotosintesis?

Proses fotosintesis dinyatakan dengan persamaan reaksi kimia sebagai berikut: 6CO₂ + 6H2O -> C6H12O6 + 6O2. Fotosintesis hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang mempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari (Kimball, 1998).

Apakah hewan memiliki kloroplas?

Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, karena tidak memiliki dinding sel, dan kloroplas, dan biasanya memiliki vakuola yang lebih kecil, bahkan tidak ada. Karena tidak memiliki dinding sel yang keras, sel hewan bervariasi bentuknya.

Apakah hewan memiliki klorofil?

Salah satu perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan yaitu sel tumbuhan memiliki klorofil sedangkan sel hewan tidak memiliki klorofil. Hal ini berkaitan dengan salah satu ciri hewan.

Siapa saja yang dapat melakukan fotosintesis?

Di muka bumi, hanya ada beberapa makhluk hidup yang dapat melakukan fotosintesis. Di antaranya adalah tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri. Mengutip dari Live Science, fotosintesis adalah pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau melalui proses biokimia pada klorofil dengan bantuan sinar matahari.

Apakah semua tumbuhan dapat melakukan fotosintesis?

Namun ternyata, tidak semua tanaman berfotosintesis. Beberapa adalah parasit dan hanya menempel pada tanaman lain. Tanaman yang melakukan fotosintesis, maka mereka membutuhkan energi cahaya dari matahari, air dan karbon dioksida. Energi matahari ditangkap oleh klorofil.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Pula Adanya Perbedaan Dapat Mendorong Terbentuknya Kerjasama?

Proses dimana tumbuhan menggunakan cahaya matahari untuk membuat makanan adalah?

Jawaban. Penjelasan: Digunakannya energi cahaya matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air dari udara dan tanah menjadi gula. Proses yang disebut fotosintesis ini terjadi di dalam daun.

Apakah alga melakukan fotosintesis?

Meskipun alga tidak mempunyai struktur sekompleks tumbuhan darat, fotosintesis pada keduanya terjadi dengan cara yang sama. Hanya saja karena alga mempunyai berbagai jenis pigmen dalam kloroplasnya, maka panjang gelombang cahaya yang akan diserapnya pun lebih bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *