Pertanyaan: Coba Jelaskan Mengapa Terjadi Perlawanan Rakyat Aceh Terhadap Portugis Pada Pertengahan Abad Ke-16?

Apa penyebab terjadinya perlawanan rakyat Aceh terhadap Portugis?

Penyebab peperangan Aceh dengan Portugis adalah keinginan Portugis untuk menghancurkan Aceh yang berkembang pesat setelah Portugis menguasai Malaka dan para pedagang memindahkan jalur perdagangannya ke Aceh. Aceh juga menyerang Portugis di Malaka pada tahun 1629 namun tidak berhasil mengusir Portugis.

Mengapa terjadi perlawanan Aceh terhadap VOC?

Perang Aceh disebabkan karena: Belanda menduduki daerah Siak. Akibat dari Perjanjian Siak 1858. Di mana Sultan Ismail menyerahkan daerah Deli, Langkat, Asahan & Serdang kepada Belanda, padahal daerah-daerah itu sejak Sultan Iskandar Muda, berada di bawah kekuasaan Aceh.

Sebutkan langkah persiapan Aceh untuk melawan Portugis?

Langkah – langkah Aceh menghadapi Portugis:

  1. Memaksimalkan pertahanan daerah perairan, misalnya dengan memasang meriam dan mengeluarkan banyak prajurit untuk kapal-kapal Aceh yg berlayar ke Timur Tengah.
  2. Meminta bantuan persenjataan militer negara lain, misalnya dengan meminjam alat perang negara Turki.
You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Akuntansi Disebut Language Of Business?

Bagaimana perlawanan Kesultanan Aceh terhadap kolonialisme Portugis dan Belanda?

Perlawanan Kerajaan Aceh terhadap Portugis dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Dalam penyerang tersebut Aceh telah memiliki armada laut yang mampu mengangkut 800 prajurit. Permusuhan Aceh dan Portugis berakhir setelah Portugis harus keluar dari Malaka karena telah direbut Belanda tahun 1641.

Kapan perlawanan Aceh terhadap Portugis?

Pertempuran Laut Aceh pecah pada tahun 1569 di lepas pantai Sumatra. Pertempuran ini terjadi antara satu kerakah Portugal (bahasa Portugis: nau) dan armada Kesultanan Aceh yang hendak menyerang Melaka Portugal. Portugal menang, sedangkan Aceh mundur setelah mengalami kekalahan besar.

Apa akibat bangsa bangsa Indonesia ketika kedatangan bangsa Portugis?

Kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia membawa dampak dalam bidang sosial ataupun ekonomi. Salah satu dampak dalam bidang sosial adalah munculnya masyarakat yang menganut agama Katolik dan Kristen Protestan. Kedatangan Portugis yang membawa semangat 3G memengaruhi penyebaran agama Kristen dan Katolik di Indonesia.

Mengapa kapal kapal Portugis selalu mengganggu kapal kapal dagang Aceh di manapun berada?

Portugis terus mencari cara untuk melemahkan posisi Aceh sebagai pusat perdagangan. Kapal – kapal Portugis selalu mengganggu kapal – kapal dagang Aceh di manapun berada. Misalnya, pada saat kapal – kapal dagang Aceh sedang berlayar di Laut Merah pada tahun 1524/1525 diburu oleh kapal kapal Portugis untuk ditangkap.

Apa penyebab Aceh gagal menyerang Portugis di Malaka?

Faktor penyebab kegagalan serangan aceh terhadap portugis di malaka antara lain Perlengkapan senjata yg masih sederhana & tdk dipersiapkab secara baik.

Apa strategi yang dilakukan oleh Aceh untuk menghadapi serangan VOC?

Jawaban. Strategi perlawanan rakyat Aceh terhadap Belanda dilakukan secara sembunyi-sembunyi atau disebut dengan perang gerilya.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Dawai Gitar Dapat Menimbulkan Nada Berbeda Beda?

Bagaimana cara Sultan Alaudin Riayat Syah mengusir Portugis?

Upaya-upaya yang dilakukan diantaranya:

  1. Melakukan kerjasama dengan armada Inggris-Belanda untuk mengusir Portugis.
  2. Mengirim utusan ke Pangeran Maurits (Maurice) untuk bekerjasam.
  3. Menentang pembangunan benteng Portugis di Muara Krueng, Aceh.

Mengapa perlawanan rakyat Aceh sulit ditaklukan oleh tentara Belanda?

pertama adalah karena pejuang aceh yang gagah berani dalam perang, pantang mundur, mati dalam perang lebih mulia dari pada menyerah kepada penjajah. kedua adalah lokasi aceh yang dikelilingi oleh gunung, menjadi senjata alam yang sangat ampuh untuk membuat stamina penjajah terkuras dalam perang.

Mengapa Aceh sulit sekali ditaklukan Belanda?

Aceh (1914) Belanda sulit sekali masuk dan menguasai Aceh karena wilayah ini memiliki pemimpin yang sangat hebat. kekuatan militer Aceh yang dibantu oleh banyak masyarakat sipil membuat Belanda harus kerja ekstra selama terjadi perang.

Kapankah perlawanan Aceh berakhir apakah yang dilakukan oleh para pejuang Aceh kemudian?

Satu per satu pemimpin para pemimpin perlawanan rakyat Aceh menyerah dan terbunuh. Pada tanggal 26 November 1902, Belanda berhasil menemukan persembunyian rombongan Sultan dan menawan Sultan Muhammad Daud Syah pada tahun 1903. Disusul menyerahnya Panglima Polim dan raja Keumala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *