Pertanyaan: Mengapa Indonesia Memiliki Iklim Tropis?

Mengapa Indonesia memiliki iklim tropis Jelaskan pendapatmu?

Pembahasan: Indonesia memiliki letak astronomis yang terletak diantara 7 derajat Lintang Utara dan 11 derajat Lintang Selatan. Lokasi astronomis ini membuat Indonesia beriklim tropis. Akibat dari letak di Khatulistiwa, Indonesia menerima sinar matahari yang tinggi sepanjang tahun.

Mengapa Indonesia memiliki iklim tropis brainly?

Jawaban terverifikasi ahli Indonesia beriklim tropis karena Negara kita tercinta ini terletak di garis khatulistiwa yang ada di deretan Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan juga Indonesia bagian timur. Indonesia juga dihimpit oleh dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Mengapa negara kita beriklim tropis?

Penyebab Indonesia beriklim tropis ada banyak, lo, mulai dari faktor letak geografis hingga faktor tingkat curah hujan. Wilayah tropis biasanya dikaitkan dengan keberadaan hutan tropis, pantai dan laut, serta cuaca yang cerah.

Mengapa Indonesia memiliki kelembaban udara yang tinggi?

Indonesia adalah negara beriklim tropis sehingga memiliki kelembapan udara tinggi. Oleh sebab itu Indonesia memiliki keanekaragaman tumbuhan yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat tradisional.

Apa Penyebab Indonesia memiliki iklim muson tropis?

Indonesia memiliki iklim muson tropis karena adanya pengaruh dari letak Indonesia secara astronomis dan geografis. Sedangkan secara geografis, Indonesia terletak diantara dua benua (Asia dan Australia) sehingga menyebabkan Indonesia dilalui oleh angin muson yang berpengaruh terhadap perubahan musim di Indonesia.

You might be interested:  Mengapa Papua Ingin Merdeka?

Apakah Indonesia memiliki kelembaban udara yang rendah?

Indonesia termasuk negara yang memiliki iklim tropis basah dengan ciri memiliki kelembaban udara yang relatif tinggi (pada umumnya di atas 90%), curah hujan yang tinggi, temperatur tahunan di atas 18°C ( dan dapat mencapai 38°C bahkan 45°C pada musim kemarau), serta perbedaan antar musim yang tidak terlalu signifikan.

Apa pengaruh kelembaban udara?

Kelembaban udara akan berpengaruh terhadap laju penguapan atau transpirasi. Jika kelembaban rendah, maka laju transpirasi meningkat dan penyerapan air dan zat-zat mineral juga meningkat. Hal itu akan meningkatkan ketersediaan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman.

Kelembaban udara normal berapa?

Berbeda dengan di luar ruangan, tingkat kelembaban di dalam ruangan lebih mudah berubah. Idealnya, kelembaban udara harus dijaga dalam kisaran 45% – 64% (RH atau Relative Humidity).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *