Pertanyaan: Mengapa Islam Membolehkan Poligami?

Mengapa laki-laki boleh poligami sedangkan perempuan tidak boleh?

Islam nggak membolehkan poliandri karena ditakutkan munculnya masalah dalam menentukan ayah dari anak yang dikandung sang istri. Berdasarkan Kompilasi Hukum Islam (KHI) Pasal 40, disebutkan bahwa laki – laki dilarang menikahi seorang perempuan yang masih terikat perkawinan dengan laki – laki lain.

Apakah poligami dibenarkan dalam Islam?

Syarat poligami menurut syariat Islam hanya boleh dilakukan sebanyak 4 kali saja. Artinya, seseorang dibatasi untuk menikahi wanita lebih dari 4 orang. Batasan menikahi 4 wanita dalam hal berpoligami ini ditegaskan oleh Rasulullah ketika melihat sebagian sahabat telah mengawini 8 sampai 10 wanita.

Apakah perlu izin istri untuk poligami?

Pada prinsipnya baik menurut UU Perkawinan mapupun KHI, apabila suami ingin beristri lebih dari satu ( berpoligami ) maka ia harus mendapat persetujuan dari isteri.

Mengapa orang melakukan poligami?

Kebanyakan pria melakukan poligami dengan alasan bahwa wanita yang berusia lebih muda cenderung lebih cantik dan menarik. Keunggulan fisik inilah yang menjadi alasan paling mendasar seseorang memilih berpoligami. Bagi beberapa orang, memiliki keturunan merupakan sebuah tugas yang dicapai dalam hidup.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Bisa Terjadi Bayi Kembar?

Syarat suami boleh menikah lagi?

Syarat poligami

  • Adanya persetujuan dari istri pertama atau istri-istri lainnya.
  • Adanya kepastian bahwa suami mampu menjamin keperluan-keperluan hidup istri-istri dan anak-anak mereka.
  • Adanya jaminan bahwa suami akan berlaku adil terhadap istri-istri dan anak-anak mereka.

Bolehkah istri punya suami lebih dari satu?

Aturan UU No 1 tahun 1974, ASN tidak boleh melakukan poligami maupun poliandri. Poligami adalah seorang laki-laki mempunyai istri lebih dari satu, sementara poliandri adalah perempuan memiliki suami lebih dari satu.

Kenapa poligami maksimal 4?

Menurut Ustadz Riza, Islam melarang seorang muslim memiliki istri lebih dari empat orang karena demi kebaikan umat. Manusia sebagai tempat salah dan dosa, akan sangat rentan berbuat aniaya. “Karena manusia itu tempatnya salah dan lupa.

Syarat syarat nikah poligami?

Persyaratan Ijin Poligami /Beristri Lebih Dari Seorang:

  • Surat Gugatan/Permohonan (Bila Ada)
  • Foto copy Surat Nikah dengan istri pertama yang dimateraikan Rp 6.000,- di Kantor Pos.
  • Foto Copy KTP Pemohon, istri pertama dan calon istri kedua masing-masing 1 lembar folio 1 muka (tidak boleh dipotong)

Menikah tanpa izin istri pertama suami dan istri kedua terancam hukuman 7 tahun penjara?

Dari segi hukum pidana, suami yang menikah lagi tanpa persetujuan dari isteri pertama (terdahulu) bisa dijerat dengan Pasal 279 KUHP. Adapun ancaman hukumannya maksimal 5 sampai 7 tahun penjara.

Apakah istri berhak menolak poligami?

[An-Nisaa’/4: 3]. Wanita wajib menerima syariat poligami dalam islam, wanita yang menolak poligami dalam islam termasuk melakukan perbuatan dosa.

Bisakah istri menuntut suami yg menikah lagi?

Ancaman Pidana bagi suami / istri yang terikat perkawinan sah, diam-diam menikah lagi. (1) Diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun: 2. barang siapa mengadakan perkawinan padahal mengetahui bahwa perkawinan atau perkawinan-perkawinan pihak lain menjadi penghalang untuk itu.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Bahasa Indonesia Dipilih Sebagai Bahasa Pemersatu?

Hukum menikah lagi?

Secara hukum suami yang menikah lagi tanpa ada izin dari istri pertama (istri terdahulu) tidak dibenarkan dan merupakan pelanggaran hukum. Akibat hukum atas perkawinan kedua yang dilakukan suami tanpa izin dari istri pertama (terdahulu) adalah batal demi hukum atau dianggap tidak pernah ada.

Nikah dari bahasa Arab yang artinya?

Kata nikah berasal dari bahasa Arab yakni nikaahun yang merupakan masdar dari kata kerja nakaha. Sinonimnya tazawwaja kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai perkawinan. Didalam Al-Qur’an pun kata nikah tidak dimaksudkan lain kecuali arti akad perkawinan.

Apa yang anda ketahui tentang pernikahan?

Perkawinan ialah ikatan lahir bathin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Mahaesa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *