Pertanyaan: Mengapa Jarum Kompas Tidak Tepat Menunjuk Arah Utara Selatan?

Mengapa jarum kompas tidak tepat menunjukkan arah utara selatan adalah?

Jawaban. Jarum kompas tidak tepat menunjukkan arah utara – selatan karena tolak-menolak dengan KUTUB MAGNET BUMI yang letaknya berimpitan (dengan sudut inklinasi tertentu) dengan KUTUB BUMI.

Mengapa kutub kutub jarum kompas selalu menunjuk arah utara dan selatan?

Dilansir dari NASA Image Science Center, arah utara Bumi merupakan kutub selatan magnet Bumi, sedangkan arah selatan Bumi adalah kutub magnet utara Bumi. Sehingga kutub utara magnet akan selalu menghadap ke arah utara Bumi karena tertarik oleh kutub magnet selatan Bumi.

Bagaimana cara kerja kompas sehingga dapat menunjukkan arah utara dan selatan bumi?

Jarum utara kompas akan tertarik oleh kutub selatan magnet bumi, sehingga jarum utara akan menunjuk ke arah utara geografis. Sementara, jarum selatan kompas akan tertarik oleh kutub utara magnet bumi, sehingga jarum selatan akan menunjuk ke arah selatan geografis.

Mengapa kutub selatan sebuah magnet selalu tertarik menuju kutub selatan geografis bumi dan tidak tertarik oleh kutub utara geografis bumi?

Seperti kita ketahui bahwa pada magnet terjadi tarik menarik antara kutub yang tidak senama ( kutub magnet utara tarik menarik dengan kutub magnet selatan ). Sehingga kutub magnet utara dari kompas tertarik oleh kutub selatan bumi (yang ada di utara ). Hal ini dikarenakan medan magnet pada daerah ini tegak arahnya.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Jerawat Susah Hilang?

Bagaimana cara kerja jarum kompas?

Prinsip kerja kompas adalah adanya gaya tarik menarik antara magnet pada jarum kompas dengan kutub magnet bumi. Jarum kompas yang terbuat dari magnet memiliki kutub utara dan selatan dan akan selalu menunjuk arah utara dan selatan.

Apa yang dimaksud dengan sudut inklinasi dan deklinasi?

Sudut deklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh kutub utara jarum kompas dengan arah utara magnet/selatan geografis. Sudut inklinasi adalah sudut yang dibentuk antara ujung jarum kompas dengan arah horizontal permukaan bumi.

Mengapa arah jarum kompas selalu menunjuk arah utara dan selatan bumi?

Jarum kompas memiliki sumber magnet dan selalu tertarik oleh magnet yang ada di bagian utara dan selatan Bumi. Jadi, jangan heran kalau kutub utara magnet pada jarum kompas selalu menunjuk ke arah kutub selatan magnet Bumi. Sementara kutub selatan magnet jarum kompas selalu menunjuk ke arah kutub utara magnet Bumi.

Bagaimana kompas dapat membantu menentukan arah jelaskan?

Jawaban: Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Apabila digunakan bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan lebih akurat dalam menunjukkan arah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *