Pertanyaan: Mengapa Kapal Tidak Tenggelam?

Mengapa kapal bisa mengapung di air?

Jika massa jenisnya lebih berat dari air, maka benda akan tenggelam. Jika massa jenis nya lebih ringan, maka benda akan mengapung. Sementara kapal yang besar, bisa mengapung karena kapal memindahkan air yang jumlahnya sangat besar juga. Ilmuwan yang membuat kapal juga menggunakan prinsip ini saat mendesain kapal.

Mengapa kapal laut tidak tenggelam padahal sangat berat?

kapal laut tidak tenggelam karena massa jenisnya lebih kecil daripada cairan. Kapal laut memang berat tapi memiliki ruangan-ruangan luas berisi rongga udara yang menjadikan volume kapal laut semakin besar.

Mengapa kapal bisa terapung padahal terbuat dari besi?

Ketika massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air, maka benda akan terapung. Pada kenyataannya, batang besi tenggelam di air. Berarti, massa jenis besi lebih besar daripada massa jenis air. Jika kapal memang dapat mengapung di air, maka pastilah massa jenisnya lebih kecil daripada massa jenis air.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Bulu Kucing Rontok?

Mengapa kapal laut yang terbuat dari logam tidak tenggelam?

Massa jenis udara hanyalah 1,2 kg/m3, sangatsangat kecil dibandingkan dengan massa jenis besi dan air. Alhasil, pada akhirnya kapal akan tenggelam karena peran massa jenis udara telah hilang. Yang tinggal hanyalah dominansi massa jenis besi yang jauh lebih besar daripada massa jenis air, dan kapal itu pun karam.

Mengapa kayu bisa mengapung di atas air?

Semakin besar massa jenis suatu benda dibandingkan air, maka ia akan tenggelam ketika dicelupkan ke dalamnya. Sedangkan semakin kecil massa jenisnya dibandingkan dengan air, benda itu akan mengapung diatasnya. Massa jenis kayu yang berkisar 0,8 akan membuatnya berada diatas air dan tidak akan pernah bisa tenggelam.

Sebongkah besi akan tenggelam di dalam air tapi mengapa kapal Titanic bisa terapung di lautan?

Hukum Archimedes sejatinya merupakan prinsip fisika sederhana. Yakni, setiap benda yang tercelup baik keseluruhan maupun sebagian ke dalam air, maka benda tersebut akan menerima dorongan gaya ke atas hingga membuatnya terapung. Maka, prinsip tersebut kerap juga disebut prinsip daya apung. Kapal laut.

Kenapa kapal bisa terapung brainly?

Kapal laut dapat mengapung, karena prinsip dari hukum Achimedes, yang menyatakan bahwa benda yang diletakkan di air akan memiliki gaya angkat ke atas sama besar dengan berat air yang dipindahkan.

Kenapa kapal bisa terapung sedangkan paku yang kecil tenggelam?

Jawaban. Bagian Paku itu tidak dilengkapi lambung kosong, sedangkan kapal dilengkapi dengan lambung kosong yang berisi udara sehingga massa jenis total kapal lebih kecil, dengan demikian paku tidak bisa terapung dan kapal besi bisa terapung.

Apa yang terjadi jika kapal diletakkan miring?

Bila kapal diletakkan miring, yang akan terjadi adalah kapal akan tenggelam, tidak dapat terapung. Alasannya adalah karena saat kapal diletakkan miring, air akan memasuki bagian dalam kapal, sehingga massa kapal bertambah, saat massa bertambah, gaya angkat yang dialami kapal menjadi lebih kecil dari pada massa kapal.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Orang Yang Berencana Menjalankan Suatu Usaha Cenderung Memilih Bentuk Usaha?

Mengapa kapal laut dapat mengapung di atas air laut padahal bahan pembuat kapal adalah baja jenis campuran apa sajakah yang membentuk logam baja jelaskan?

Baja solid akan cepat tenggelam, tetapi jika massa jenis rata-rata kapal lebih kecil daripada berat air yang dipindahkan, sebuah kapal baja tentu akan terapung. Karena ada ruang udara dan bahan lainnya, massa jenis rata-rata kapal akan menjadi lebih kecil daripada baja.

Mengapa kapal laut yang terbuat dari logam?

Jawaban: Karena, kapal yang terbuat dari logam, memiliki udara dan dengan ukuran tertentu, lalu mempunyai daya tahan perjalanan yang seimbang ketika berada di lelautan/ lautan.

Mengapa kapal laut yang besar dan terbuat dari logam baja juga dapat terapung seperti halnya perahu yang terbuat dari kayu?

Jawabnya adalah massa jenis yang membuat benda mengapung, melayang dan tenggelam di air. Bila massa jenisnya lebih besar (berat) dari air maka benda itu akan tenggelam, namun bila lebih ringan maka benda itu akan mengapung dia air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *