Pertanyaan: Mengapa Kita Tidak Dapat Mendengar Orang Yang Berbisik?

Mengapa kita tidak dapat mendengar orang berbisik?

Jawaban. Penjelasan: karna frekuensi/suara yg dihasilkan orang yang berbisik tadi terlalu kecil, dan telinga kita tidak dapat mendengar suara suara yg terlalu kecil.

Mengapa kita bisa mendengar bunyi atau suara?

Pada telinga kita terdapat selaput gendang yang dapat bergetar sesuai gelombang suara yang diterima. Getaran dari gelombang suara itu lalu diubah menjadi rangsangan saraf, yang kemudian diteruskan ke otak, sehingga kita pun bisa mendengar suara tersebut.

Mengapa kita tidak dapat mendengar bunyi lonceng yang berada di dalam labu yang tertutup rapat?

Jawaban. karena bunyi tidak dapat merambat dalam ruang hampa udara.

Mengapa kita dapat mendengarkan bunyi di luar angkasa?

Ketidakmungkinan suara untuk dapat didengar oleh telinga manusia di luar angkasa disebabkan oleh tidak adanya media bagi suara untuk bisa merambat. Dengan kata lain, tidak ada partikel elementer yang bisa merambatkan getaran yang dihasilkan oleh sumber bunyi di ruang hampa udara.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Anda Paling Cocok Untuk Posisi Ini?

Mengapa kita tidak dapat memprediksi musim di Indonesia?

Alasan kita tidak dapat memprediksi musim di Indonesia adalah karena musim tidak hanya ditentukan oleh interaksi matahari dengan bumi. Sebagai contoh, pemanasan global saat ini meski tidak terkait dengan matahari sebagai penyebabnya tapi tetpa dapat menyebabkan perubahan musim.

Mengapa bunyi tidak kedengaran di ruang hampa?

Bunyi hanya dapat merambat melalui medium perantara. Tanpa medium perantara bunyi tidak dapat merambat sehingga tidak akan terdengar. jadi intinya bunyi tidak dapat merambat diruang hampa di karenakan tidak ada medium perantaranya yaitu udara.

Bagaimana proses kita bisa mendengar suara?

Proses mendengar diawali dengan suara yang ada di sekitar, berupa getaran atau gelombang, ditangkap oleh telinga bagian luar. Kemudian getaran diteruskan ke saluran telinga sehingga memberi tekanan atau pukulan pada gendang telinga (membran timpani).

Bagaimana cara kerja telinga untuk mendengar bunyi?

Cara kerja telinga ini dimulai ketika organ telinga bagian luar, yaitu daun telinga menangkap suara di sekitar Anda hingga masuk ke telinga bagian tengah melalui liang telinga. Ketika suara tersebut masuk, maka suara akan diubah menjadi getaran yang disalurkan ke tulang pendengaran dengan bantuan gendang telinga.

Mengapa manusia tidak bisa mendengar suara bunyi?

“Ketika manusia berada di dalam air, seluruh tulang tengkorak kita akan bergetar jika menerima getaran bunyi. Itulah sebabnya kita tidak dapat mendengar dengan baik ketika berada di air; telinga kita sendiri bingung menafsirkan dari mana getaran bunyi itu berasal.”

Mengapa di tempat vakum bunyi tidak dapat didengar?

Jawaban. Bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa udara sebab tidak adanya partikel-partikel yang merambatkan bunyi.

You might be interested:  Mengapa Konsep Waktu Penting Dalam Sejarah?

Mengapa kita tidak bisa mendengar bunyi ultrasonik yang dikeluarkan oleh kelelawar?

Karena frekuenzi suara ultrasonik yang dikeluarkan kelelawar lebih dari 20000 Hz, sedangkan manusia hanya bisa mendengar bunyi yang frekuenzinya antara 20 Hz sampai dengan 20000 Hz.

Mengapa astronot di luar angkasa tidak bisa mendengar?

karena di bulan merupakan ruang yang hampa dan tidak adnya udara. bunyi merambat melalui media udara. kalu di bulan tidak terdapat udara maka bunyi tersebut tidak dapat sampai dan tidak dapat merambat. sehingga di bulan astronot tidak dapat mendengarkan bunyi.

Mengapa astronot di luar angkasa tidak dapat mendengar suara selain menggunakan radio?

Jawaban. Karena di bulan tidak ada udara yang bisa berfungsi sebagai medium menghantar getaran suara yang dikeluarkan dari pita suara di tenggorokan orang lain maupun sumber suara lainnya ke gendang telinga kita. Udara adalah mediumnya.

Mengapa para astronot di luar angkasa menggunakan radio untuk berkomunikasi?

Angkasa Luar itu Sunyi Tidak ada atmosfer di ruang angkasa, yang berarti bahwa suara tidak memiliki media atau cara untuk melakukan perjalanan untuk didengar. Astronot menggunakan radio untuk tetap dapat berkomunikasi saat berada di luar angkasa, karena gelombang radio masih bisa dikirim dan diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *