Pertanyaan: Mengapa Komodo Hanya Ada Di Indonesia?

Apakah benar komodo hanya ada di Indonesia?

Seperti yang diketahui, spesies kadal komodo ini merupakan satwa asli Indonesia dan hanya ada di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motong, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Mengapa komodo tidak punah?

Aktivitas vulkanis, gempa bumi, kerusakan habitat, kebakaran (populasi komodo di Pulau Padar hampir punah karena kebakaran alami pernah terjadi di sana), berkurangnya mangsa, meningkatnya pariwisata, dan perburuan gelap, membuat komodo semakin rentan terhadap kepunahan.

Mengapa hewan komodo disebut hewan endemik di Indonesia?

Inilah Alasan Mengapa Komodo Hanya ada di Indonesia. Komodo atau Varanus komodoensis, adalah spesies kadal yang merupakan hewan endemik Indonesia, yang artinya ia adalah satwa asli Indonesia. Sifat alami yang sederhana itu mendasari perilaku menetap komodo dan membuatnya cuma tersebar di Indonesia.

Di manakah Komodo bisa hidup?

Seperti diketahui, komodo hanya ditemukan di Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Mereka tersebar di lima pulau, empat pulau terdapat di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Komodo, Rinca, Nusa Kode (Gili Dasami), dan Gili Motang. Pulau terakhir sekaligus pulau terbesarnya adalah Flores.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Singapura Menjadi Negara Maju?

Berapa jumlah komodo di Indonesia?

Total komodo pada 2018 sebanyak 2.897 ekor dan pada 2019 bertambah menjadi 3.022 ekor.

Apakah Komodo bermigrasi?

Arkeolog memperkirakan kalau Komodo 5 meter seperti yang kita temui di Indonesia dulu hidup di Australia pada 4 juta tahun lalu. Lalu mereka bermigrasi ke daerah Flores sekitar 900.000 tahun lalu. Migrasi ini terjadi diperkirakan karena iklim yang terlalu ekstrem perubahannya bagi Komodo.

Bagaimana jika Komodo punah dan jelaskan supaya Komodo tidak punah?

Cara pelestarian komodo adalah:

  1. Mendirikan Taman Nasional Komodo. Taman nasional Komodo dibentuk untuk melindungi habitat komodo.
  2. Melarang perburuan dan perdagangan komodo. Komodo termasuk hewan yang dilindungi.
  3. Memberi pendidikan terhadap masyarakat tentang perlindungan komodo.
  4. Melakukan penangkaran komodo.

Apa akibat Komodo punah?

Punahnya Komodo Akibat Perburuan Liar Dan Kerusakan Lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan tidak ditemukannya lagi kotoran Komodo di pulau tersebut. Kepunahan hewan langka ini diduga karena aksi perburuan liar serta berubahnya lingkungan akibat pembakaran liar menjadi penyebab komodo punah.

Mengapa populasi Komodo Menurun?

Salah satu alasan pemerintah provinsi akan menutup Pulau Komodo adalah ada jumlah populasi komodo yang menurun, salah satunya karena komodo ditangkap secara ilegal. Menurut perkiraan, ada sekitar 1.700 ekor komodo di Pulau Komodo, dan jumlahnya menurun akibat penyelundupan hewan ini.

Apakah hewan komodo termasuk hewan endemik jelaskan?

Komodo merupakan hewan endemik atau hewan asli dari indonesia, yang habitatnya ada di pulau Komodo, Pulau Rinca, Gili Motang, dan pulau Padar. Nah, hewan yang termasuk dalam keluarga kadal ini memiliki keunikan, yaitu habitat aslinya hanya ada di pulau Komodo dan sekitarnya saja, seperti di sektiar Nusa Tenggara.

You might be interested:  Mengapa Touchscreen Tidak Berfungsi?

Kenapa ada hewan endemik?

Faktor fisik, iklim, dan biologis dapat menyebabkan endemisme. Sebagai misal, babi rusa menjadi endemik karena isolasi geografi yang dialaminya dan tantangan ruang hidupnya di Pulau Sulawesi menyebabkan ia menjadi berbentuk khas.

Komodo ada sejak tahun berapa?

Habitat asli Komodo hanya bisa ditemukan di kepulauan Indonesia dan tidak ada di belahan dunia lain. Komodo merupakan spesies reptil purba endemik yang hidup semenjak zaman purba. Evolusi komodo dimulai dengan genus varanus yang mulai berkembang di Asia antara 40-25 juta tahun yang lalu.

Bagaimana cara Komodo bertahan hidup?

Seekor komodo dewasa ternyata juga mau memakan komodo kecil jika tak ada mangsa lain. Makanya, biasanya komodo kecil akan bertahan hidup dengan cara memanjat pohon atau bersembunyi di dalam kotoran mereka demi menghindari komodo dewasa.

Gimana bentuk Komodo?

Hewan ini tersebar di beberapa kepulauan NTT di kawasan Taman Nasional Komodo, seperti di Pulau Rinca, Pulau Komodo, Pulau Nusa Kode dan Pulau Gili Morang. Secara bentuk fisik, komodo serupa dengan kadal atau biawak tapi mempunyai ukuran yang lebih besar.

Komodo tinggal berapa?

Wiranto menjelaskan, populasi komodo di TN Komodo sebanyak 2.897 ekor pada 2018, sedangkan tahun 2019 bertambah menjadi 3.022 ekor. Hampir keseluruhan komodo terdapat di Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *