Pertanyaan: Mengapa Pendidikan Dapat Menjadi Saluran Mobilitas Sosial?

Mengapa pendidikan merupakan saluran mobilitas vertikal yang dapat mengubah status seseorang?

Jawaban. Karena dalam pendidikan sekolah,setiap tahunya kita mengalami kenaikan kelas. Hal tersebut sudah termasuk dalam mobilitas sosial vertikal karena status sosial kita yaitu kenaikan kelas.

Mengapa organisasi politik menjadi saluran mobilitas sosial?

Jawaban: 1) Organisasi politik dapat menjadi saluran mobilitas sosial bagi anggotanya.Seorang anggota partai politik,mempunyai peluang mendapatkan kedudukan dalam partainya. Bahkan,terdapat peluang menjadi anggota DPR sebagai calon dari partai tersebut.

Bagaimana organisasi profesi dapat menjadi sarana saluran mobilitas sosial?

Jawaban. dengan adanya organisasi profesi, sesorang bisa meningkatkan kemampuan dan tingkatan sosialnya dengan bersosialisasi bersama orang yg berprofesi sama dengannya. sehingga strata sosial seseorang akan terngkat/ terjadi mobilitas vertikal.

Mengapa organisasi ekonomi dapat dijadikan saluran mobilitas sosial?

Jawaban. karena, dengan adanya organisasi ekonomi kita bisa meningkatkan mobilitas sosial kita melalui organisasi tersebut. dengan organisasi ekonomi kita dapat dengan mudah meningkatkan mobilitas sosial kita.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Ki Hajar Dewantara Dijadikan Sebagai Bapak Pendidikan Indonesia?

Mengapa pendidikan merupakan saluran mobilitas untuk mengangkat kedudukan seseorang yang rendah menjadi kedudukan yang lebih tinggi?

Pendidikan memberikan kesempatan pada setiap orang untuk mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi. Karena jabatannya tinggi akibatnya pendapatannya bertambah. Karena pendapatannya bertambah akibatnya kekayaannya bertambah. Dan karena kekayaannya bertambah akibatnya status sosialnya di masyarakat meningkat.

Mengapa setiap orang selalu menginginkan mobilitas vertikal lebih tinggi?

Mengapa umumnya setiap keluarga menginginkan mobilitas vertikal ke atas? => Karena setiap keluarga ingin memiliki kehidupan yang lebih baik dan dapat hidup sejahtera, serta yang paling penting agar semua kebutuhan dapat terpenuhi.

Jelaskan apa saja saluran saluran mobilitas sosial?

Menurut Pitirim Sorokin, mobilitas sosial bisa dilakukan melalui 7 saluran mobilitas sosial, yaitu angkatan bersenjata, lembaga-lembaga keagamaan, organisasi politik, organisasi ekonomi, organisasi keahlian, dan perkawinan. Semua saluran itu terbuka bagi siapa pun yang hendak memasukinya.

Apa saja saluran saluran mobilitas sosial?

Sebutkan saluran saluran mobilitas sosial?

  • 1.Angkatan Bersenjata.
  • Lembaga pendidikan.
  • Lembaga Keagamaan.
  • 4.Organisasi Politik.
  • Organisasi Profesi.
  • OrganisasI Ekonomi.
  • Perkawinan.
  • OrganisasI Hobby.

Apa saja yang menjadi saluran saluran mobilitas sosial?

Menurut Pitirim Sorokin, mobilitas sosial bisa dilakukan melalui saluran mobilitas sosial, yaitu:

  • angkatan bersenjata,
  • lembaga-lembaga keagamaan,
  • organisasi politik,
  • pendidikan,
  • organisasi ekonomi,
  • organisasi keahlian,
  • perkawinan.
  • organisasi keolahragaan.

Mengapa sistem kasta dapat menghambat mobilitas sosial?

Karena sistem kasta tsb membeda-bedakan derajat seseorang.,sehingga karena perbedaan yang terjadi mobilitas sosial kurang bisa maksimal.

Mengapa mobilitas sosial dapat mendorong seseorang lebih maju?

Mobilitas sosial membuat individu menjadi lebih maju Maksudnya, seorang individu memiliki kesempatan untuk pindah dari strata ke strata yang lain. Terbukanya peluang ini, membuat bertambahnya motivasi yang tinggi pada diri seseorang untuk maju di berbagai bidang.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Manusia Harus Beribadah?

Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?

Faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial karena kondisi ekonomi yang buruk membuat sesorang kesulitan untuk mendapatkan pendidikan, pelatihan atau modal usaha yang diperlukan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang baik atau memulai usaha, yang penting dalam mencapai mobilitas sosial vertikal naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *