Pertanyaan: Mengapa Penyakit Malaria Dapat Menyebabkan Anemia?

Apakah Malaria dapat menyebabkan anemia?

Malaria membahayakan karena menyebabkan anemia atau kekurangan darah. Ini karena sel-sel darah merah banyak yang hancur dirusak oleh Plasmodium dan berkontribusi pada kematian ibu hamil. Penyakit ini juga bisa menyebabkan malaria berat sehingga mengakibatkan koma, kegagalan multi organ, serta menyebabkan kematian.

Penyakit malaria disebabkan oleh apa?

Malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium yang disebarkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina. Setelah gigitan nyamuk tersebut, parasit masuk ke dalam tubuh dan menempati organ hati, di mana parasit dapat tumbuh dan berkembang biak.

Apa yang menyebabkan anemia?

Penyebab Anemia Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat atau hemoglobin. Akibatnya, sel-sel dalam tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan tidak berfungsi secara normal (hipoksemia). Secara garis besar, anemia terjadi akibat tiga kondisi berikut ini: Produksi sel darah merah yang kurang.

Apa penyebab penyakit malaria brainly?

Penyebab Malaria adalah parasit yang merupakan anggota genus plasmodium. Penyakit Malaria pada manusia umumnya disebabkan oleh 4 jenis plasmodium yaitu Vivax, ovale, malariae dan falciparum, sedangkan plasmodium knowlesi yang kebanyakan ditemukan pada kera atau orang utan kecil jumlahnya ditemukan pada manusia.

Apakah Malaria merupakan penyakit berbahaya?

Penderita malaria akan mengeluhkan gejala demam dan menggigil. Walaupun mudah menular melalui gigitan nyamuk, malaria bisa sembuh secara total bila ditangani dengan tepat. Namun jika tidak ditangani, penyakit ini bisa berakibat fatal dari menyebabkan anemia berat, gagal ginjal, hingga kematian.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Sakit Perut Saat Haid?

Apakah malaria termasuk virus?

Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dari manusia dan hewan lain yang disebabkan oleh protozoa parasit (sekelompok mikroorganisme bersel tunggal) dalam tipe Plasmodium. Malaria menyebabkan gejala yang biasanya termasuk demam, kelelahan, muntah, dan sakit kepala.

Bagaimana cara infeksi Plasmodium sampai terjadinya penyakit malaria?

Penyebaran malaria dilakukan oleh nyamuk Anopheles betina yang sudah terinfeksi parasit Plasmodium. Nyamuk akan terinfeksi apabila menggigit penderita malaria. Kemudian, nyamuk akan menyebarkan parasit pada manusia lain melalui gigitannya. Biasanya nyamuk ini menggigit pada malam hari.

Apa sajakah gejala jika seseorang mengalami penyakit malaria?

Gejala Malaria

  • Demam.
  • Menggigil.
  • Sakit kepala.
  • Berkeringat banyak.
  • Lemas.
  • Pegal linu.
  • Gejala anemia atau kurang darah.
  • Mual atau muntah.

Bagaimana cara melakukan pencegahan dari penyakit malaria?

Pencegahan Malaria

  1. Menutup kulit dengan celana panjang dan baju berlengan panjang.
  2. Tidur dengan tempat tidur berkelambu.
  3. Memakai krim pelindung dari gigitan nyamuk.

Apa penyebab anemia pada remaja?

Kehilangan Darah Kehilangan terlalu banyak sel darah merah adalah penyebab umum anemia. Pada remaja, menstruasi berat terkadang bisa membuatnya mengalami anemia. Cedera atau pembedahan juga dapat menyebabkan kehilangan darah yang cukup untuk menyebabkan anemia.

Apa yang harus dilakukan jika terkena anemia?

Pengobatan Anemia

  1. Transfusi darah.
  2. Pemberian obat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh.
  3. Pemberian obat dengan tujuan untuk memperbanyak sel darah dalam tubuh.
  4. Mengonsumsi suplemen zat besi, vitamin B12, asam folat, vitamin, serta mineral lainnya.

Anemia tidak boleh makan apa?

Penderita anemia disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung fitat, seperti kacang-kacangan, beras merah, dan gandum. Fitat menyebabkan zat besi terikat dalam pencernaan sehingga penyerapan zat besi dalam tubuh terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *