Pertanyaan: Mengapa Perkembangan Agama Islam Bermula Dari Pesisir Jelaskan?

Mengapa agama Islam pertama tama dipeluk oleh masyarakat yang tinggal di daerah pantai?

Alasan Perkembangan Agama Islam Bermula dari Pesisir karena seperti kita ketahui bahwa agama Islam itu dibawa pertama kali ke Indonesia oleh pedagang-pedagang dari persia, gujarat yang datang ke Indonesia melalui jalur laut. Para pedagang tersebut banyak yang memutuskan menetap di pesisir pantai.

Mengapa penyebaran agama Islam di Indonesia pada awal terjadinya di daerah pesisir atau pantai?

Jawaban: Alasan penyebaran agama islam di indonesia di daerah pesisir indonesia lebih pesat daripada di daerah pedalaman karena islam masuk melalui jalur perdagangan. Pada saat itu jalur perdagangan internasional Timur Tengah -India -Malaka –Cina merupakan satu-satunya jalur perdagangan yang sangat ramai.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Teori Evolusi Dianggap Kontroversial?

Mengapa agama Islam muncul di daerah pesisir pantai?

Kerjaan Islam umumnya terletak di tepi pantai karena ajaran islam banyak disebarkan oleh pedagang dari INdia dan persia yang melakukan perdagangan ke Indonesia, tempat yang menjadi tujuan awal dari perdagangan di Indonesia adalah dari sisi pantai krn sejak dahulu Indonesia memang unggul dan lebih berkembang dr segi

Mengapa penyebaran Islam kebanyakan berawal dari pesisir pantai?

karena asal mulanya para pedagang muslim itu berlayar, nah kalau berlayar kan berarti tujuannya pesisir.

Dimana pertama kali Islam masuk ke Indonesia?

Medan (ANTARA News) – Aceh merupakan daerah pertama yang menerima kedatangan Islam di Indonesia, tepatnya di Pasai, kata dosen ilmu sejarah Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara, Suprayitno.

Mengapa Islam pertama kali bisa masuk ke pulau Sumatera?

Jawaban. Karena para pedagang arab dan gujarat berdagang dengan berlayar. Dan pelabuhan yang terkenal berada di pulau Sumatera dan disana menjadi pusat perdagangan rempah-rempah.

Kepercayaan apa saja yang ada di Indonesia sebelum Islam datang?

Kondisi Bangsa Indonesia Sebelum Islam Datang dari Segi Keyakinan Masyarakat. Secara umum, keyakinan tersebut disebut sebagai animisme dan dinamisme. ADVERTISEMENT. Kemudian periode Hindu-Buddha dimulai sekitar abad ke-3 dan pengaruhnya paling besar terdapat di Pulau Jawa.

Mengapa banyak kerajaan yang menganut agama Islam di Nusantara letaknya di wilayah pesisir?

karena masuknya agama islam diindonesia melalui pelayaran dan perdagangan orang gujarat india. saat itu wilayah yg beragama islam rata rata dipesisir karena para pedagang menggunakan jalur laut.

Mengapa Kerajaan Hindu Budha dan Islam banyak berada di wilayah pesisir atau tepi sungai?

Jawaban. karena dahulu pesisir dan sungai sbg tempat pertemuan para pedagang dari luar negeri yang datang membawa kapal dan barang dagangan, mereka saling berinteraksi dengan masyarakat kerajaan serta bermukim disana.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Indonesia Menggunakan Ideologi Terbuka?

Bagaimana proses kedatangan Islam didaerah pesisir Nusantara?

Penyebaran Islam di Nusantara pada awalnya didorong oleh meningkatnya jaringan perdagangan di luar kepulauan Nusantara. Pedagang dan bangsawan dari kerajaan besar Nusantara biasanya adalah yang pertama mengadopsi Islam.

Menurut anda dari jalur jalur masuknya Islam ke Indonesia manakah jalur yang paling efektif jelaskan?

Dari saluran-saluran masuknya agama Islam ke Indonesia, saluran yang paling efektif adalah saluran perdagangan.

Kenapa penyebaran agama Islam banyak dilakukan di sepanjang bibir pantai atau sungai?

Alasan Perkembangan Agama Islam Bermula dari Pesisir karena seperti kita ketahui bahwa agama Islam itu dibawa pertama kali ke Indonesia oleh pedagang-pedagang dari persia, gujarat yang datang ke Indonesia melalui jalur laut. Para pedagang tersebut banyak yang memutuskan menetap di pesisir pantai.

Kenapa Indonesia disebut negara Islam terbesar di dunia?

Inibaru.id – Meski lokasinya jauh dari negara – negara Arab yang mayoritas beragama Islam, Indonesia justru dikenal sebagai negara muslim terbesar di dunia. Hal ini disebabkan oleh jumlah orang yang memeluk agama Islam di Indonesia sangatlah banyak. Diperkirakan, 229 juta orang Indonesia adalah penganut agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *