Pertanyaan: Mengapa Seorang Akuntan Perlu Memiliki Integritas Dan Tanggung Jawab Dalam Melaksanakan Tugas?

Mengapa seorang akuntan harus memiliki integritas?

Integritas yang tinggi dalam menjalankan profesinya harus dipegang tinggi oleh seorang akuntan agar bisa menjaga kepercayaan publik. Integritas itu mencakup bersikap jujur, berterus terang, tidak curang serta dapat menerima kesalahan yang tidak disengaja.

Mengapa seorang akuntan yg bekerja sebagai profesi akuntan harus dapat menjaga kerahasiaan dan memiliki tanggung jawab profesi?

Jabatan sebagai seorang akuntan memegang tanggung jawab yang besar. Pasalnya, akuntan mengetahui informasi yang tentunya dirahasiakan oleh pihak internal diketahui oleh banyak orang. Sebagai contoh, informasi laporan keuangan yang memang hanya diperuntukkan oleh mereka yang berkepentingan atau pihak tertentu saja.

Mengapa seorang akuntan dituntut untuk mengkhususkan keahliannya dalam bidang akuntansi?

Pesatnya pertumbuhan ekonomi serta makin kompleksnya masalah perusahaan yang didorong oleh kemajuan teknologi, dan bertambahnya peraturan pemerintah terhadap kegiatan perusahaan, para akuntan dituntut untuk mengkhususkan keahliannya dalam bidang akuntansi.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Sebelum Melaksanakan Peragaan Karya Tari Harus Dilakukan Persiapan?

Mengapa seorang akuntan harus memiliki etika profesional yang baik?

Mengapa akuntan harus mematuhi kode etik sebagai seorang profesional? Sama halnya dengan hukum, kode etik membantu akuntan untuk bekerja secara profesional. Mengingat profesi akuntan rawan skandal, kode sangat dibutuhkan. Dengan begitu, akuntan bisa bekerja dengan baik dan sesuai koridor.

Integritas itu apa sih?

Integritas adalah suatu konsep berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, nilai-nilai, metode-metode, ukuran-ukuran, prinsip-prinsip, ekspektasi-ekspektasi dan berbagai hal yang dihasilkan. Orang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat.

Mengapa seorang akuntan publik wajib menjaga kerahasian laporan keuangan para klien?

Agar konsumen/ para pemakai jasa tidak khawatir rahasianya akan tersebar luas sehingga puas dengan jasa yang ditawarkan.

Mengapa profesi akuntan dianggap sebagai salah satu bidang profesi?

Akuntan sebagai profesi karena memiliki tanggung jawab sosial yang melekat dalam pekerjaan mereka. Penting untuk dicatat bahwa tanggung jawab ini muncul karena tujuan akuntan, “untuk mempertahankan kesejahteraan publik.” AICPA diamanatkan untuk menegaskan kewajiban perusahaan akuntansi untuk masyarakat umum.

Apakah BPK termasuk ke dalam profesi akuntan publik jelaskan?

Terlebih AP jelas kedudukannya dalam hukum sebagaimana diatur dalam UU No.5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik dan memiliki satu asosiasi profesi yakni IAPI.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan akuntan internal?

Akuntan internal adalah akuntan yang bekerja di dalam sebuah perusahaan yang biasanya disebut juga dengan akuntan perusahaan.

Apa hal terpenting bagi seorang akuntan brainly?

Jawaban: Tugas utama seorang akuntan dalam bisnis adalah mengukur kinerja perusahaan dari segi keuangan. Untuk melaksanakan tugas utama ini, seorang akuntan dituntut untuk berpikir, berbicara, bersikap, dan bertindak dengan terukur.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Perlu Dilakukan Klasifikasi Makhluk Hidup?

Bagaimana dampak apabila seorang akuntan melanggar etika profesi akuntan?

Dampak pelanggaran kode etik yang dilakukan akuntan publik adalah kerugian bagi investor yang memanfaatkan hasil audit akuntan publik, berkurang atau bahkan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan publik, dan pada akhirnya akan merugikan profesi akuntan itu sendiri.

Apa saja kode etik akuntan?

Kode etik akuntan Indonesia memuat delapan prinsip etika sebagai berikut:

  • Tanggung Jawab Profesi.
  • Kepentingan Publik.
  • 3. Integritas.
  • 4. Objektivitas.
  • Kompetensi dan Kehati-hatian.
  • 6. Kerahasiaan.
  • 7. Standar Teknis.

Mengapa Kode Etik Profesi Akuntan Publik diperlukan oleh anggota dalam menjalankan profesinya?

Tujuan penerapan etika dalam profesi akuntansi adalah memenuhi tanggung jawabnya dengan standar profesionalisme tertinggi, mencapai tingkat kinerja tertinggi, dengan orientasi kepada kepentingan publik.

Mengapa kode etik profesi akuntansi sangat penting bagi seorang calon akuntan?

Pada dasarnya kode etik profesi ini adalah sautu aturan yang memang sudah dianggap benar dan akan lebih efektif jika dalam merumuskannya dilaksanakan dengan benar. Kode etik sangat penting dalam dunia pekerjaan karena fungsinya sebagai suatu sarana pencegah kesalahpahaman dan kontrol sosial serta konflik dalam bekerja.

Apa hal terpenting bagi seorang akuntan?

Angka dan uang adalah dua hal terpenting dalam akuntansi. Di mana, seorang akuntan harus bisa menggunakan uang perusahaan secara akuntable atau dapat dipertanggungjawabkan. Yaitu, angka harus sama persis dengan yang tertera dalam bukti transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *