Pertanyaan: Mengapa Setiap Pembangunan Suatu Proyek Wajib Dilakukan Amdal Terlebih Dahulu?

Mengapa pembangunan suatu proyek berskala besar harus menggunakan amdal?

AMDAL diperlukan dalam pembangunan suatu industri karena AMDAL memiliki tugas menjaga kualitas lingkungan supaya tidak rusak karena adanya kegiatan-kegiatan pembangunan industri. Hasil utama dari AMDAL sendiri antara lain adalah memperkirakan dampak yang diakibatkannya, pengelolaan dampak dan pemantauan dampak.

Rencana proyek pembangunan apa saja yang wajib Amdal?

JENIS RENCANA USAHA DAN/ATAU KEGIATAN YANG WAJIB MEMILIKI AMDAL

  • pengubahan bentuk lahan dan bentang alam;
  • eksploitasi sumber daya alam, baik yang terbarukan maupun yang tidak terbarukan;

Mengapa Amdal harus di lakukan?

AMDAL penting karena dapat digunakan untuk mengetahui dampak terhadap lingkungan dari adanya pendirian suatu usaha atau kegiatan tertentu. Selain itu, AMDAL juga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan suatu usaha atau kegiatan.

Jelaskan apa pentingnya amdal bagi pembangunan berkelanjutan?

1. AMDAL merupakan tahap awal untuk mendapatkan perizinan suatu kegiatan pembangunan. 2. AMDAL mampu berperan sebagai bahan perencanaan dalam kegiatan pembangunan dan pengembangan suatu wilayah. Dokumen AMDAL mampu menjadi rujukan bagi para perencana wilayah untuk tetap memperhatikan lingkungan sekitar.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Amerika Disebut Paman Sam?

Apa itu amdal mengapa pengurusan amdal sangatlah penting bagi kelestarian lingkungan?

Tujuan amdal ini merupakan suatu penjagaan di dalam rencana suatu usaha atau kegiatan, agar tidak memberi dampak buruk kepada lingkungan. Sehingga dengan dibuatnya suatu analisis maka kerusakan di suatu lingkungan dapat teratasi dengan baik. Itulah pentingnya dibuat amdal oleh undang – undang atau peraturan pemerintah.

Jelaskan tentang Amdal dan dokumen apa saja yang mesti dipersiapkan dalam penyusunan Amdal?

Amdal adalah Kepanjangan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Dokumen – dokumen yang perlu disiapkan untuk mengurus AMDAL ialah fotokopi NPWP, TDP, KTP wirausaha, akta pendirian perusahaan SITU, dan denah lokasi perusahaan yang dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan.

2 coba jelaskan bisnis apa saja yang terkena peraturan amdal?

Jawaban

  • Jawaban:
  • Bidang-Bidang Usaha ini Wajib Memiliki AMDAL. Salah satu peraturan yang memuat ketentuan mengenai Amdal adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2012.
  • Bidang Multi Sektor.
  • Bidang Pertahanan.
  • Bidang Pertanian.
  • Bidang Perikanan dan Kelautan.
  • Bidang Kehutanan.
  • Bidang Pekerjaan Umum.

Kegiatan apa saja yang wajib Amdal?

JENIS USAHA WAJIB AMDAL

  • pengubahan bentuk lahan dan bentang alam;
  • eksploitasi sumber daya alam, baik yang terbarukan maupun yang tidak terbarukan;
  • proses dan kegiatan yang secara potensial dapat menimbulkan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup serta pemborosan dan kemerosotan sumber daya alam dalam pemanfaatannya;

Jenis kegiatan apa saja yang wajib dilengkapi dengan dokumen Amdal?

Dalam pasal 23 UU PPLH disebutkan bahwa, “Kriteria usaha dan/atau kegiatan yang berdampak penting yang wajib dilengkapi dengan Amdal terdiri atas:

  • a pengubahan bentuk lahan dan bentang alam;
  • b eksploitasi sumber daya alam, baik yang terbarukan maupun yang tidak terbarukan;
You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Inggris?

Mengapa amdal sangat diperlukan sebelum didirikannya suatu perusahaan?

Sebelum mendirikan sebuah perusahaan selain mengurus izin usaha dan tempat usahanya, anda diwajibkan untuk memiliki izin amdal atau Analisa Mengenai Dampak Lingkungan. Hal ini menjadi penting karena dampak didirikannya suatu perusahaan akan dirasakan secara langsung oleh lingkungan sekitar tempat perusahan berada.

Mengapa amdal sangat diperlukan untuk pengambilan keputusan dalam merencanakan kegiatan usaha?

AMDAL bertujuan untuk memastikan agar suatu kegiatan usaha atau aktivitas bisnis tidak sampai memberikan dampak buruk terhadap lingkungan sekitar. Untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan terhadap kelayakan sebuah bisnis terhadap lingkungan hidup dari rencana awal pendirian usaha atau kegiatan bisnis.

Apa tujuan dan manfaat dilakukannya Amdal?

Tujuan AMDAL merupakan penjagaan dalam rencana usaha atau kegiatan agar tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Adapun Fungsi AMDAL adalah sebagai berikut.. Mencegah dari pencemaran dan kerusakan lingkungan. Menghindarkan konflik dengan masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan pembangunan yang berkelanjutan?

Pembangunan berkelanjutan melakukan pembangunan untuk memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kebutuhan untuk generasi di masa mendatang dengan menitikberatkan pada daya dukung lingkungan, pencapaian keadilan sosial, berkelanjutan ekonomi dan lingkungan.

Kenapa setiap perusahaan harus memperhatikan amdal?

Tujuan secara umum AMDAL adalah menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan serta menekan pencemaran sehingga dampak negatifnya menjadi serendah mungkin. Dengan demikian AMDAL diperlukan bagi proses pengambilan Page 4 keputusan tentang pelaksanaan rencana kegiatan yang mempunyai dampak terhadap lingkungan hidup.

Bagaimana jika pembangunan tidak memperhatikan amdal?

Karena jika tidak memperhatikan AMDAL masyarakat akan seenaknya melakukan pembangunan tanpa memikirkan apa yang akan terjadi kepada lingkungan. Seperti membangun rumah di bantaran kali dampak yang akan di timbulkan adalah membuat kali kotor dan menyebabkan banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *