Pertanyaan: Mengapa Suatu Larutan Dapat Menghantarkan Listrik?

Apa yang menyebabkan larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik?

Cara suatu larutan elektrolit menghantarkan arus listrik adalah karena adanya ion – ion nya dapat bergerak bebas. Bila rangkaian uji elektrolit dihubungkan arus listrik, kation bergerak menuju katode dan anion bergerak menuju anode sehingga arus listrik dapat mengalir. Ketika anion menuju anode dan melepaskan elektron.

Mengapa suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik dengan sangat baik sedangkan yang lain tidak sebaik itu?

Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena mengandung ion-ion yang bergerak bebas. Larutan nonelektrolit tidak dapat menghantarkan arus listrik karena tidak ada ion-ion yang bergerak bebas.

Kenapa suatu larutan dapat menghantarkan listrik jelaskan dengan contohnya?

Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena larutan ini menghasilkan ion-ion yang dpat bergerak bebas. Arus listrik yang melalui larutan adalah larutan dari ion-ion. Jika larutan elektrolit ini diberikan sumber arus, maka ion-ion ini akan bergerak ke elektrode yang yang berlawanan.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Memperdalam Ilmu Agama Islam Sangat Penting?

Mengapa air dapat menghantarkan listrik dengan baik?

Sebab, air murni tersebut kekurangan elektron bebas, partikel subatomik yang memiliki muatan negatif. Namun begitu, kenyataan di alam bebas, kebanyakan air telah bercampur dengan sedimen dan mineral, yang membuat molekul air mengalami ionisasi lalu menjadikan air tersebut dapat menghantarkan arus listrik.

Mengapa ion dalam larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik?

Karena ion2 yg terdapat dalam larutan elektrolit dapat bergerak secara bebas sehingga dapat menghantarkan arus listrik.

Apa dasar pengelompokan larutan elektrolit dan non elektrolit?

Selain dari ikatannya, terdapat cara lain untuk mengelompokan senyawa yakni didasarkan pada daya hantar listrik. Jika suatu senyawa dilarutkan dalam air dapat menghantarkan arus listrik disebut larutan elektrolit, dan sebaliknya jika larutan tersebut tidak dapat menghantarkan arus listrik disebut larutan nonelektrolit.

Mengapa suatu larutan dapat menghantarkan listrik Jelaskan mengapa daya hantar listrik tiap larutan berbeda beda?

Yang menyebabkan suatu larutan dapat menghantarkan listrik adalah adanya ion – ion yang dapat bergerak bebas dalam pelarutnya, sehingga jika dihubungkan arus listrik, kation bergerak menuju katode dan anion bergerak menuju anode sehingga arus listrik dapat mengalir. Ketika anion menuju anode dan melepaskan elektron.

Apa alasan larutan elektrolit kuat dapat menghantarkan arus listrik jelaskan beserta lima contoh?

Jawaban. Karena larutan elektrolit kuat terdiri atas zat yang terionisasi sempurna. Ketika zat tersebut dilarutkan ke dalam air, maka akan terbentuk kation dan anion. Kation dan anion inilah yang berperan dalam menghantarkan arus listrik.

Mengapa larutan elektrolit dapat menghasilkan arus listrik sedangkan larutan non elektrolit tidak?

Larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik karena dapat terionisasi dalam pelarutnya sehingga ion – ion nya dapat bergerak bebas. Larutan elektrolit dapat terionisasi dalam pelarutnya sedangkan larutan non elektrolit tidak dapat terionisasi.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Al Quran Disebut Kitab Yang Bersifat Universal?

Apakah CaO dapat menghantarkan arus listrik?

Berikut ini adalah identifikasi sifat konduktivitas beberapa senyawa dalam air: Batu kapur ( CaO ): bersifat elektrolit karena dapat terionisasi menjadi Ca2+ dan O2-, CaO adalah garam dari basa kuat. Garam beriodium (NaCl): bersifat elektrolit karena dapat terionisasi dalam air.

Apa yang dimaksud dengan larutan elektrolit lemah dan berikan contohnya?

Larutan elektrolit lemah, yakni larutan yang tidak semua molekulnya terionisasi (ionisasi tidak sempurna), sehingga hanya sedikit ion-ion yang dapat menghantarkan listrik. Jika diuji, larutan elektrolit lemah nyala lampunya lemah dan muncul gelembung gas yang sedikit.

Bagaimana cara mengetahui suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik atau tidak?

Jawaban terverifikasi ahli. Cara mengetahui suatu larutan dapat /tidak dapat menghantarkan arus listrik adalah dengan mengukur tingkat keasaman atau pH. Larutan asam (dengan pH < 7) atau basa (dengan pH > 7) dapat menghantarkan arus listrik.

Reaksi apa yg terjadi ketika listrik melewati air?

Jawaban. arus listrik yang melalui air disebut juga proses elektrolisis air. Arus listrik terkonduksi oleh aliran muatan listrik seperti elektron atau ion. sedangkan Air murni mengandung sangat sedikit ion dan karenanya merupakan konduktor listrik yang buruk.

Apakah air bisa menjadi penghantar listrik?

Makanya, air murni atau air sulingan tidak bisa menghantarkan listrik. Tapi, air murni bukanlah air yang sering kita temui sehari-hari, teman-teman. Bahkan, sebenarnya air sulingan juga masih bisa mengandung zat besi.

Mengapa air hujan dapat menghantarkan arus listrik?

Jawaban. bisa karena air hujan mengandung elektrolit (ion listrik ) yang dapat menghantarkan listrik..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *