Pertanyaan: Mengapa Yogyakarta Disebut Daerah Istimewa?

Mengapa Yogyakarta disebut daerah istimewa brainly?

Yogyakarta merupakan sebuah provinsi yang dekat dengan provinsi Jawa Tengah. Bukan tanpa alasan Yogyakarta masih menjadi daerah istimewa. Hal ini karena Yogyakarta sampai saat ini masih berbentuk kerajaan atau kesultanan. Pemimpin daerah Yogyakarta adalah seorang Sultan bukan Gubernur.

Mengapa Yogyakarta dan Aceh dikatakan sebagai daerah istimewa jelaskan?

Yogyakarta dan Aceh adalah 2 Provinsi yang mempunyai gelar “ Daerah Istimewa ”. Yogyakarta memiliki Sultan yang sekaligus menjadi Raja dan Gubernur sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Jabatan tersebut akan langsung diperoleh tanpa harus melalui pemilihan kepala daerah, melainkan langsung ditetapkan.

Kenapa di sebut daerah istimewa?

Jasa rakyat Aceh bagi Republik Indonesia tak ternilai harganya. Jawaban Pendek: Aceh dijuluki sebagai daerah istimewa karena, jasa dan pengorbanan rakyat Aceh terhadap negeri ini sangat besar.

Kenapa Yogyakarta dan Surakarta disebut sebagai daerah istimewa?

Tapi, kalau dicermati, secara sejarah Surakarta dan Yogyakarta memiliki keterikatan dengan Kerajaan Mataram. Pada 1 September 1945, Pakubuwono XII mengeluarkan maklumat yang memastikan Negeri Surakarta Hadiningrat bersifat kerajaan sehingga dianggap sebagai daerah istimewa.

You might be interested:  Mengapa File Excel Tidak Bisa Dibuka?

Mengapa Papua dan Papua Barat disebut daerah istimewa?

Provinsi Papua diberikan otonomi khusus karena untuk peningkatan pelayanan akselerasi pembangunan dan pemberdayaan seluruh rakyat di Papua sesuai prinsip-prinsip otonomi daerah.

Apa alasan pemerintah memberikan status daerah istimewa kepada Provinsi Aceh?

Kini, Aceh menyandang status menjadi daerah khusus. Adapun istilah daerah khusus lantaran mendapat perlakuan istimewa berdasarkan faktor situasional di daerah tersebut. Aceh menjadi daerah khusus karena faktor agama dengan penerapan hukum syariah Islam.

Mengapa Provinsi Aceh DI Yogyakarta dan Papua Barat masuk sebagai daerah otonomi yang istimewa?

DI Yogyakarta menjadi daerah istimewa karena statusnya sebagai kesultanan dan sejarahnya sebagai pendukung kemerdekaan Indonesia. DI Aceh menjadi otonomi daerah khusus karena pemberlakukan syariat Islam dan sebagai hasil perjanjian damai Helsinki. Yogyakarta memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan.

Mengapa Jakarta dan Papua disebut daerah khusus?

Jawaban. – Jakarta menjadi daerah khusus karena jakarta merupakan ibu kota Negara Kesatuan Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan daerah istimewa?

daerah istimewa adalah daerah yang berhak dan mengatur ataupun mempunyai peraturan khusus yang berbeda dari peraturan daerah umum. otonomi khusus adalalah kewenangan yang diberikan kepada daerah tertentu.

Apa beda daerah khusus dan daerah istimewa?

1. Daerah dengan status Istimewa adalah daerah otonom yang memiliki kesatuan pemerintahan yang asli yang telah ada dan melekat bersama masyarakat daerah sejak dahulu. 2. Daerah dengan ststus Khusus adalah daerah otonom yang membutuhkan keadaan khusus untuk sebuah —kepentingan“ yang mendesak.

Apa yang istimewa dari Aceh?

Aceh dijadikan sebagai daerah istimewa ini merupakan satu-satunya daerah istimewa yang diberi otonomi khusus. Aceh yang terletak di ujung utara pulau Sumatra ini juga merupakan satu-satunya daerah istimewa yang mendapat keistimewaan khusus karena sejarah dan politik di dalamnya.

You might be interested:  Mengapa Manusia Dan Sejarah Tidak Dapat Dipisahkan?

Apakah Surakarta termasuk daerah istimewa?

Daerah Istimewa Surakarta adalah daerah otonomi khusus ( daerah istimewa ) yang secara de facto pernah ada antara Agustus 1945 sampai Juli 1946.

Apakah Papua Daerah Istimewa?

Provinsi Papua adalah Provinsi Irian Jaya yang diberi Otonomi Khusus dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kenapa Yogyakarta disebut sebagai kota pelajar?

Alasan Yogyakarta adalah kota pelajar yang pertama mengapa kota Yogyakarta disebut sebagai kota pelajar adalah karena ada begitu banyak kampus di kota ini. Setiap kampus yang ada di Jogja hampir semuanya sudah terakreditasi sehingga kualitasnya tidak perlu untuk diragukan laagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *