Sering ditanyakan: Mengapa Agama Islam Mudah Diterima?

Mengapa agama islam dengan mudah dapat diterima oleh bangsa Indonesia?

Alasan mengapa agama islam adalah mudah diterima penduduk Indonesia (nusantara) adalah sebagai berikut: – Islam masuk ke nusantara dengan jalan damai. – Syarat masuk islam mudah, dengan kalimat syahadat. – Penyebaran dan dakwah agama islam menyesuaikan dengan tradisi masyarakat nusantara.

Mengapa Islam sangat mudah masuk dan berkembang di Nusantara sampai menjadi agama mayoritas?

Islam dapat berkembang di Indonesia dengan cepat dikarenakan dalam penyebarannya agama Islam menggunakan cara-cara yang damai, kreatif, unik, menarik, dan sederhana. Ajaran hari-hari besar dan upacara-upacara dalam Islam dilakukan dengan sederhana, tidak memerlukan persyaratan yang rumit dan biaya yang mahal.

Mengapa agama Islam mudah diterima oleh masyarakat Indonesia Sebutkan 4?

1)Syarat memeluk islam sangat mudah, cukup dengan mengucapkan kalimat syahadat. 2)Tata cara peribadahan Islam sederhana. 3) Islam tidak mengenal pelapisan sosial. 4 ) Agama islam yang menyebar di Indonesia disesuaikan dengan adat dan tradisi bangsa Indonesia.

You might be interested:  Mengapa Konflik Sosial Bisa Terjadi?

Mengapa perkembangan agama Islam bermula dari daerah pesisir pantai jelaskan?

karena daerah pesisir mudah di jangkau oleh pedagang2 yang berasal dari pulau lain seperti arab dan gujarat india yg memeluk agam islam saat singgah ke suatu daerah,sehingga perkembangan islam bermula dari pesisir.

Mengapa Islam menjadi agama mayoritas yang paling banyak dianut oleh masyarakat Indonesia brainly?

Karena pada waktu zaman kerajaan di Indonesia, banyak pedagang dari Persia, Gujarat, Arab, Mesir yg singgah di Indonesia. Mereka juga menyebarkan agama islam di tanah Indonesia ini. Secara umumnya Islam masuk dengan cara Perdagangan, Perkawinan, Pendidikan, Tasawuf dan kesenian.

Siapa yang membawa agama Islam?

Jawaban: Orang yang pertama kali membawa agama Islam ke Indonesia:para pedagang Gujarat (India). Pengaruh Islam pertama kali muncul di Sumatra. Bukti= ditemukanya prasasti yang menggambarkan adanya Kerajaan Islam di pulau tersebut yaitu Samudra Pasai.

Siapa yang menyebarkan agama Islam di Indonesia?

Sunan Gresik merupakan tokoh pertama yang menyebarkan agama Islam di Indonesia atau merupakan wali senior di antara para walisongo yang lainnya. Kehadirannya membuat agama Islam mudah diterima oleh masyarakat.

Mengapa agama Islam mudah diterima dan dapat berkembang pesat di Indonesia Sebutkan 5 alasannya?

Syarat memeluk islam sangat mudah, cukup dengan mengucapkan kalimat syahadat. Tata cara peribadahan Islam sederhana. Islam tidak mengenal pelapisan sosial. Agama islam yang menyebar di Indonesia disesuaikan dengan adat dan tradisi bangsa Indonesia.

Mengapa agama Islam pertama tama dipeluk oleh masyarakat yang tinggal di daerah pantai?

Alasan Perkembangan Agama Islam Bermula dari Pesisir karena seperti kita ketahui bahwa agama Islam itu dibawa pertama kali ke Indonesia oleh pedagang-pedagang dari persia, gujarat yang datang ke Indonesia melalui jalur laut. Para pedagang tersebut banyak yang memutuskan menetap di pesisir pantai.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Konflik Fungsional Dibutuhkan Dalam Organisasi?

Mengapa kerajaan Islam pada umumnya berdiri di daerah pesisir?

Akibat pengaruh perdagangan di pesisir, terbukanya untuk kapal-kapal asing dan perdagangan antar daerah. Bermunculan kerajaan kerajaan Islam nusantara yang ada di pesisir seperti, Samudra Pasai, Malaka, Aceh, Demak, Banten, Makasar, Solor yang kesemuanya sebagai penyebar agama Islam di seluruh Nusantara.

Mengapa ajaran agama dan kebudayaan Islam pertama kali berkembang di wilayah pesisir pantai kepulauan Indonesia?

karena, wilayah pesisir pantai menjadi pintu masuk para pedagang asing. para pedagang juga menyebarkan berbagai ajaran dan terjadi akulturasi budaya yang di bawa para pedagang asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *