Sering ditanyakan: Mengapa Di Indonesia Terdapat Hutan Hujan Tropis?

Apakah Indonesia memiliki hutan hujan tropis dalam jumlah yang banyak?

Di Indonesia, hutan hujan tropis adalah hutan yang paling luas dan banyak ditemukan. Hutan hujan tropis di Indonesia juga menyimpan beragam jenis flora dan fauna, hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat keragaman flora fauna yang tinggi di dunia.

Mengapa bioma hutan hujan tropis banyak tersebar di kawasan khatulistiwa?

Karena kondisi wilayah khatulistiwa sangat mendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup maka sumber daya hayati yang ada didalamnya sangat banyak, lebih dari setengah spesies flora dan fauna dunia tersebar di hutan hujan tropis, sebagian dari tumbuh tumbuhan yang ada disana dapat dikembangkan menjadi obat

Mengapa diwilayah khatulistiwa memiliki hutan tropis sedangkan di daerah yang jauh dari khatulistiwa tidak?

Hal ini karena wilayah di dekat Khatulistiwa memiliki sinar matahari dan curah hujan yang cukup sepanjang tahun sehingga beriklim Tropis, yang memungkinkan wilayah ini untuk memiliki berbagai macam tumbuhan, dan pada gilirannya berbagai macam hewan.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Manajemen Di Butuhkan?

Berapa persen wilayah Papua yang merupakan hutan hujan tropis?

Wilayah Papua menyumbang 35 persen dari hutan hujan yang tersisa di Indonesia, dengan bentang 294.000 kilometer persegi. Wilayah ini masih terpencil, hal itu bisa dilihat dari ditempuhnya penerbangan lebih dari 5 jam dari Jakarta menuju Kota terbesar di kawasan itu, Jayapura.

Apa nama hutan hujan tropis di dunia?

Hutan hujan tropis yang dimaksud ialah Ecuador’s Cloud Forest. Hutan yang terletak di kawasan Ekuador ini tentunya patut untuk lo kunjungi. Banyak jenis flora dan fauna yang beraneka ragam.

Apa tanda atau ciri dari hutan hujan tropis itu?

Ciri – ciri hutan hujan tropis adalah: Memiliki pepohonan yang berdaun lebat, tinggi, dan rapat. Dasar hutan atau lantai hutan penuh tetumbuhan lumut dan rumput. Sinar matahari tidak menembus sampai dasar hutan.

Apa yang anda ketahui tentang hutan hujan tropis bagaimana keunikannya jelaskan?

hutan hujan tropis adalah bioma berupa hutan yang selalu basah atau lembab. hutan hujan tropis merupakan rumah bagi setengah spesies flora dan fauna di seluruh dunia. hutan hujan tropis adalah farmasi terbesar di dunia karena sebagian besar obat berasal dari daerah ini. hutan hujan tropis adalah paru-paru dunia.

Mengapa Daerah di sekitar khatulistiwa hanya mengalami dua musim?

1.Alasan mengapa Indonesia hanya mengalami dua musim adalah karena wilayah Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa atau equator sehingga beriklim tropis. Negara dengan iklim tropis ini memang hanya memiliki dua musim saja yakni kemarau dan penghujan.

Dimana saja ada hutan hujan tropis?

Hutan hujan tropika atau sering juga ditulis sebagai hutan hujan tropis adalah bioma berupa hutan yang selalu basah atau lembap, yang dapat ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa; yakni kurang lebih pada lintang 0°–10° ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Keringat Perlu Dikeluarkan?

Dimana kita menemukan hutan hujan tropis?

Sebagian besar hutan hujan tropis dunia terjadi di cekungan Lembah Amazon di Amerika Selatan, cekungan Lembah Kongo dan Asia Tenggara.

Apa saja sumber daya alam yang ada di Papua?

Provinsi Papua: Wilayah Kaya Sumber Daya Alam di Ujung Timur Indonesia. Terletak di ujung timur Indonesia, Provinsi Papua terkenal kaya akan sumber daya mineral logam seperti tembaga, emas, dan perak.

Hutan hujan terdapat di pulau apa saja?

Hutan tersebut terletak di Amazon Amerika Selatan, Sungai Kongo di Afrika Tengah dan Asia Tenggara. Disamping itu, terdapat dua blok kecil yang memiliki keunikan sendiri berbeda dengan ketiga blok di atas, yakni Pulau Madagaskar dan Papua Nugini-Australia.

Mengapa disebut hutan hujan?

Disebut hutan hujan, karena tempat itu selalu panas dan hujan sepanjang tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *