Sering ditanyakan: Mengapa Iran Menganut Syiah?

Apa yang menyebabkan Syiah sesat?

Pertama, kaum muslimin sepakat bahwa syiah adalah sesat (dholal). Karena sekte syiah terpecah berkeping-keping menjadi sekian banyak sekte. Ada yang mendekati ahlus sunah (Sunni), ada yang benar-benar katogori sesat. Seperti sekte Zaidiyah, yang agak dekat dengan Sunni.

Apakah negara Iran itu Islam?

Tidak dapat disangkal benar, Iran adalah negara berpenduduk mayoritas Muslim Syiah. Sebagai hasilnya, persekusi terhadap kelompok minoritas agama seperti Islam Sunni, Kristen, Buddha, dan Yahudi adalah masalah konstan yang menarik perhatian berbagai kelompok internasional selama bertahun-tahun.

Azerbaijan menganut agama apa?

Diperkirakan sekitar 93 persen penduduk Azerbaijan adalah secara nominal sebagai Muslim. Azerbaijan adalah negara sekuler. Saldo penduduk memeluk kepercayaan lain atau tidak beragama, meskipun mereka tidak diwakili secara resmi.

Apakah semua orang Iran itu syiah?

Kebanyakan bangsa Iran adalah penganut ajaran Syiah dan penganut ajaran Sunah pula merupakan bangsa Turki, suku Kurdi, suku Balochi dan suku Arab. Sebanyak 98 persen penduduk Iran beragama Islam dan dari jumlah ini, 90 persen berpegang kepada ajaran Syiah dan selebihnya berpegang kepada ajaran Suni.

Apa yang salah dari ajaran Syiah?

Secara khusus, Syiah berpendapat bahwa Ali Bin Abi Thalib, yaitu sepupu dan menantu Muhammad dan kepala keluarga Ahlul Bait adalah penerus kekhalifaan setelah Nabi Muhammad, yang berbeda dengan khalifah lainnya yang diakui oleh Sunni.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Pluto Tidak Termasuk Planet?

Apakah agama syiah sesat?

Berbeda dengan pendapat di atas, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai aliran Islam Syiah secara umum bukan merupakan aliran sesat. “Tidak sesat, hanya berbeda dengan kita,” kata Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj, di kantor kepresidenan, Jakarta, Selasa 28 Agustus 2012.

Apa itu Islam Sunni dan Islam Syiah?

Islam Sunni dan Syiah adalah dua mazhab besar dalam Islam. Sunni sebagai penganut ajaran Islam yg pertama menganggap ajaran Syiah menyimpang dari apa yg diajarkan oleh Muhammad, sebaliknya Syiah menganggap ajaran merekalah yang benar.

Negara Iran itu seperti apa?

Iran (bahasa Persia: ایران) adalah sebuah negara Timur Tengah yang terletak di Asia Barat Daya. Meski negara ini telah dikenal penduduk lokal sebagai Iran sejak zaman kuno, hingga tahun 1935 Iran masih disebut Persia di dunia Barat.

Apa yg dimaksud Islam Sunni?

Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah atau Ahlus-Sunnah wal Jama’ah (Bahasa Arab: أهل السنة والجماعة) atau lebih sering disingkat Ahlul-Sunnah (bahasa Arab: أهل السنة), Suni adalah firkah Muslim terbesar yang disebut dengan Ahlus-Sunnah wal Jama’ah atau golongan yang menjalankan sunah (Muhammad) dengan penekanan pada peneladanan

Apa bedanya Syiah dan Islam?

Syiah adalah segolongan umat yang menjadi pengikut fanatik Sayyidina Ali bin Abi Thalib KW. Sementara Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk memberikan petunjuk bagi seluruh alam.

Irak agama apa?

Negara irak mayoritas sekitar 97% pengikut islam. Di Negara ini orang islam diatur oleh aturan agama yang disebut lima rukun islam.

Berapa persen Islam di Armenia?

Menurut data dari Library of Congress, jumlah muslimin sekitar 4 persen dari populasi. Namun angka ini dihitung dari jumlah etnis Kurdi dan Azeris yang ada di Armenia. Adapun menurut laman muslim population, muslim Armenia menempati 3 persen dari total populasi.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Jepang Sering Mengalami Gempa Bumi?

Agama Syiah menyembah siapa?

“Warga Syiah dituduh sudah menyembah manusia. Maksudnya dalam diri Ali, menantu dan pengganti Muhammad, mereka melihat sosok yang lebih tinggi daripada manusia lainnya, sehingga sudah berbeda dari prinsip dasar agama Islam, bahwa hanya ada satu Tuhan, dan manusia tidak boleh disembah.”

Apakah Syiah ada di Indonesia?

Islam Syiah di Indonesia mewakili minoritas kecil di negara mayoritas Muslim Sunni. Sekitar satu juta orang Indonesia adalah Syiah, yang terkonsentrasi di sekitaran Jakarta. Syiah Indonesia ditemukan di kawasan Jawa, Madura dan Sumatra.

Apa itu negara Syiah?

Syi’ah juga merupakan warga negara mayoritas di Bahrain, tetapi pemerintahannya sebagian besar Sunni. Minoritas Syi’ah besar juga terdapat di Lebanon, Kuwait, Yamen, Arab Saudi, Turki, Afghanistan, Pakistan, India, dan pada tingkat yang lebih rendah, Uni Emirat Arab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *