Sering ditanyakan: Mengapa Kapal Bisa Mengapung?

Mengapa kapal bisa terapung padahal terbuat dari besi?

Ketika massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air, maka benda akan terapung. Pada kenyataannya, batang besi tenggelam di air. Berarti, massa jenis besi lebih besar daripada massa jenis air. Jika kapal memang dapat mengapung di air, maka pastilah massa jenisnya lebih kecil daripada massa jenis air.

Apa yang membuat kapal bisa mengapung?

Lambung kapal bisa berbentuk balok ataupun cekung dengan isi kosong yang memberikan ruang udara untuk masuk membuat massa jenis kapal lebih ringan dari air sehingga kapal bisa mengapung.

Mengapa kapal induk yang terbuat dari besi dan sangat berat dapat mengapung di lautan?

Benda akan melayang jika massa jenis benda dan cairannya sama. Benda akan tenggelam jika massa jenis benda lebih besar dari massa jenis cairan. Hal ini menyebabkan massa jenis kapal laut menjadi lebih kecil dari massa jenis air. Oleh sebab itu kapal laut bisa mengapung di laut.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Nilai Rupiah Melemah?

Apa yang menyebabkan kapal tidak tenggelam?

Alasan kapal tidak tenggelam. Hal ini karena kapal yang besar memindahkan air yang jumlahnya sangat besar juga. Hal ini karena batu hanya memindahkan sedikit air. Batu tenggelam karena lebih berat dibandingkan jumlah air yang dipindahkan.

Mengapa kapal laut dapat mengapung di atas air laut padahal bahan pembuat kapal adalah baja jenis campuran apa sajakah yang membentuk logam baja jelaskan?

Baja solid akan cepat tenggelam, tetapi jika massa jenis rata-rata kapal lebih kecil daripada berat air yang dipindahkan, sebuah kapal baja tentu akan terapung. Karena ada ruang udara dan bahan lainnya, massa jenis rata-rata kapal akan menjadi lebih kecil daripada baja.

Mengapa kapal bisa mengapung Jelaskan menggunakan hukum fisika?

Hukum Archimedes sejatinya merupakan prinsip fisika sederhana. Yakni, setiap benda yang tercelup baik keseluruhan maupun sebagian ke dalam air, maka benda tersebut akan menerima dorongan gaya ke atas hingga membuatnya terapung. Maka, prinsip tersebut kerap juga disebut prinsip daya apung. Kapal laut.

Mengapa kapal bisa mengapung brainly?

Jawaban: Kapal laut terbuat dari besi, tetapi terapung di air. Hal ini dapat terjadi karena volume udara di dalam lambung kapal yang besar dan massa jenis kapal keseluruhan lebih kecil dari air, menyebabkan adanya gaya angkat dari air yang lebih besar dari massa kapal dan membuat kapal terapung.

Apa yang menyebabkan kapal laut dapat terapung dipermukaan air?

Jawaban terverifikasi ahli Kapal laut dapat di terapung dipermukaan air, hal ini disebabkan karena massa jenis kapal laut (ingat, bukan massa jenis besi ya,) lebih kecil dari massa jenis air.

Mengapa kayu bisa mengapung di atas air?

Semakin besar massa jenis suatu benda dibandingkan air, maka ia akan tenggelam ketika dicelupkan ke dalamnya. Sedangkan semakin kecil massa jenisnya dibandingkan dengan air, benda itu akan mengapung diatasnya. Massa jenis kayu yang berkisar 0,8 akan membuatnya berada diatas air dan tidak akan pernah bisa tenggelam.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Kita Harus Selalu Bersyukur?

Mengapa kapal selam dan kapal laut yang terbuat dari besi baja tidak tenggelam di lautan?

karna kapal yang terbuat dari besi itu ada volume udara jady menahan air agar kaapal tidak tenggelam ke laut..

Mengapa kapal laut tidak tenggelam padahal sangat berat?

kapal laut tidak tenggelam karena massa jenisnya lebih kecil daripada cairan. Kapal laut memang berat tapi memiliki ruangan-ruangan luas berisi rongga udara yang menjadikan volume kapal laut semakin besar.

Kenapa kapal bisa terapung sedangkan paku yang kecil tenggelam?

Jawaban. Bagian Paku itu tidak dilengkapi lambung kosong, sedangkan kapal dilengkapi dengan lambung kosong yang berisi udara sehingga massa jenis total kapal lebih kecil, dengan demikian paku tidak bisa terapung dan kapal besi bisa terapung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *